Senin, Juli 20, 2009

SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. I SD/MI


SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. I SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS(IPA)
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
    2. Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
    3. Membiasakan hidup sehat
    4. Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
    5. Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
    6. Perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Tubuh
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
  2. Indikator
    Menerangkan bagian-bagian tubuh misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi.
    Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
    1. Materi Essensial
      Bagian tubuhku (hlm 3)
    2. Media Belajar
      Gambar atau photo bagian tubuh
      Sapu tangan
      Bunga, buah
    3. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
      1. Pendahuluan
        Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
        Membacakan bagian-bagian tubuh serta cara perawatan dengan peragaan langsung hlm 1 dan 2.
      2. Kegiatan Inti
        Siswa menyebutkan mengenai bagian tubuh yang tampak pada gambar, tapi belum diberikan keterangan serta keguanaannya.
        Melakukan kegiatan belajar
        Siswa diminta membuat kesimpulan tentang setiap kegiatan yang dilakukan.
      3. Penutup
        Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
        Membuat kelompok dan mengingatkan siswa untuk membawa alat untuk kegiatan 1.6 hlm 7.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk DOC
III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan.
    2. Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
    3. Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
    4. Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk DOC
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Benda beraneka ragam
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan demonstrasi
  1. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan.
  2. Indikator
    Menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus dan rasa benda/objek.
    Menentukan persamaan dari benda yang berbeda.
    1. Materi Essensial
      Benda beraneka ragam (hlm 39)
    2. Media Belajar
      Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
      Gambar atau benda sesungguhnya.
    3. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
      1. Pendahuluan
        Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
        Menceritakan ciri-ciri benda
      2. Kegiatan Inti
        Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
        Siswa dapat menunjukkan bahwa benda-benda dapat
        berbeda bentuk.
        Ada rasa manis, asin, asam, pahit
        Ada yang lembut dan keras
        Ada yang halus dan kasar
        Berwarna warni
        Ada benda yang harum dan berbau busuk
        Ada benda yang sama bentuknya
      3. Penutup
        Menyebutkan kesimpulan bahwa benda itu beraneka ragam
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar