SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. I SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS(IPA)
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya - Kompetensi Dasar
- Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
- Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
- Membiasakan hidup sehat
- Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat
- Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
- Perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Tubuh
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Benda beraneka ragam
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan demonstrasi
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Tubuh
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya - Indikator
Menerangkan bagian-bagian tubuh misalnya mata, telinga, hidung, lidah, kulit dan gigi.
Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.- Materi Essensial
Bagian tubuhku (hlm 3) - Media Belajar
Gambar atau photo bagian tubuh
Sapu tangan
Bunga, buah - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
Membacakan bagian-bagian tubuh serta cara perawatan dengan peragaan langsung hlm 1 dan 2. - Kegiatan Inti
Siswa menyebutkan mengenai bagian tubuh yang tampak pada gambar, tapi belum diberikan keterangan serta keguanaannya.
Melakukan kegiatan belajar
Siswa diminta membuat kesimpulan tentang setiap kegiatan yang dilakukan. - Penutup
Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
Membuat kelompok dan mengingatkan siswa untuk membawa alat untuk kegiatan 1.6 hlm 7.
- Pendahuluan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File bentuk DOC - Materi Essensial
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : I / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Mengenal berbagai bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. - Kompetensi Dasar
- Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan yang sulit bergerak melalui percobaan.
- Mengidentifikasi penyebab benda bergerak (batere, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
- Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
- Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File bentuk DOC
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Benda beraneka ragam
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan demonstrasi
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi benda yang ada di lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan. - Indikator
Menceritakan bentuk, ukuran, warna, bau, kasar/halus dan rasa benda/objek.
Menentukan persamaan dari benda yang berbeda.- Materi Essensial
Benda beraneka ragam (hlm 39) - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas I
Gambar atau benda sesungguhnya. - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
Menceritakan ciri-ciri benda - Kegiatan Inti
Membacakan materi untuk menuntun siswa atau siswa membaca secara bersama.
Siswa dapat menunjukkan bahwa benda-benda dapat
berbeda bentuk.
Ada rasa manis, asin, asam, pahit
Ada yang lembut dan keras
Ada yang halus dan kasar
Berwarna warni
Ada benda yang harum dan berbau busuk
Ada benda yang sama bentuknya - Penutup
Menyebutkan kesimpulan bahwa benda itu beraneka ragam
- Pendahuluan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File bentuk DOC - Materi Essensial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar