SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. II SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : II / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup - Kompetensi Dasar
- Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
- Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
- Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
- Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
- Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Bagian-Bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : II / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Perubahan benda
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Bagian-Bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan - Indikator
Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan.
Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.
Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya.- Materi Essensial
Bagian-bagian utama tubuh hewan (hlm. 4). - Media Belajar
Gambar atau photo hewan - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Membacakan bagian-bagian utama tubuh hewan
Siswa menyebutkan bagian tubuh
Membuat daftar bagian-bagian tubuh burung, ayam, sapi, kambing, kucing.
Melakukan kegiatan 1.1
Siswa diminta membuat kesimpulan tentang setiap kegiatan yang dilakukan. - Penutup
Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
Membagi kelompok untuk membawa seekor ikan yang hidup
Pekerjaan Rumah
Mengambar secara sederhana dan menamai bagian tubuh ayam.
- Pendahuluan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Materi Essensial
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : II / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya - Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar.
- Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
- Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
- Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Perubahan benda
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu. - Indikator
Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin/ tanah liat ketika dibentuk.
Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.- Materi Essensial
Perubahan benda. (hlm. 41) - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II
Plastisin, es batu - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Siswa melakukan kegiatan 2.3
Membacakan materi tentang benda-benda yang dapat berubah bentuk seperti plastisin, lilin, dan tanah liat.
Menyebutkan benda padat yang dapat beruah menjadi benda cair dan sebaliknya. Contoh Es krim dan es batu
Siswa menceritakan kembali tentang perubahan benda dan kegiatan 2.3
Pekerjaan Rumah - Penutup
Membuat kesimpulan bahwa
Bentuk benda padat berubah bila kita melakukan sesuatu padanya
Benda padat dapat berubah wujud menjadi benda cair, dan sebaliknya.
- Pendahuluan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Materi Essensial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar