Senin, Juli 20, 2009

SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. II SD/MI


SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. II SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : II / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
    2. Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman)
    3. Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
    4. Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
    5. Mengidentifikasi ciri–ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar 
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Bagian-Bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
  2. Indikator
    Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan.
    Menggambar secara sederhana dan menamai bagian-bagian utama tubuh hewan.
    Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitarnya.
    1. Materi Essensial
      Bagian-bagian utama tubuh hewan (hlm. 4).
    2. Media Belajar
      Gambar atau photo hewan
    3. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
      1. Pendahuluan
        Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
      2. Kegiatan Inti
        Membacakan bagian-bagian utama tubuh hewan
        Siswa menyebutkan bagian tubuh
        Membuat daftar bagian-bagian tubuh burung, ayam, sapi, kambing, kucing.
        Melakukan kegiatan 1.1
        Siswa diminta membuat kesimpulan tentang setiap kegiatan yang dilakukan.
      3. Penutup
        Mengulang kembali kesimpulan tentang kegiatan yang telah dilakukan
        Membagi kelompok untuk membawa seekor ikan yang hidup
        Pekerjaan Rumah
        Mengambar secara sederhana dan menamai bagian tubuh ayam.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : II / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang ada di lingkungan sekitar.
    2. Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
    3. Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
    4. Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Perubahan benda
Pertemuan/waktu : pertama / 2 x 30 menit
Metode : ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu.
  2. Indikator
    Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin/ tanah liat ketika dibentuk.
    Mencari contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya yaitu benda cair menjadi padat.
    1. Materi Essensial
      Perubahan benda. (hlm. 41)
    2. Media Belajar
      Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas II
      Plastisin, es batu
    3. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
      1. Pendahuluan
        Mengulang materi pertemuan sebelumnya
        Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
      2. Kegiatan Inti
        Siswa melakukan kegiatan 2.3
        Membacakan materi tentang benda-benda yang dapat berubah bentuk seperti plastisin, lilin, dan tanah liat.
        Menyebutkan benda padat yang dapat beruah menjadi benda cair dan sebaliknya. Contoh Es krim dan es batu
        Siswa menceritakan kembali tentang perubahan benda dan kegiatan 2.3
        Pekerjaan Rumah
      3. Penutup
        Membuat kesimpulan bahwa
        Bentuk benda padat berubah bila kita melakukan sesuatu padanya
        Benda padat dapat berubah wujud menjadi benda cair, dan sebaliknya.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar