SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. III SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 24 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup - Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
- Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
- Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup - Indikator
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya. - Materi Essensial
Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
Makhluk hidup memerlukan makan (Hlm.4) - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
Kebun sekolah, - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Memahami peta konsep tentang manusia hidup
Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1 hlm 3.
Menjelaskan fungsi makan bagi makhluk hidup
Menjelaskan makanan yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup
Memahami cara tumbuhan membuat makanan
Tumbuhan membuat makanan sendiri
Tumbuhan menyerap air
Tumbuhan mengambil gas karbondioksida dari udara - Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa makhluk hidup memerlukan makan - Pekerjaan Rumah
Mengamati makhluk hidup dan tak hidup di lingkungan rumah
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi - Kompetensi Dasar
- Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
- Mendeskripsikan hasil pengamatan
tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari - Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
- Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
- Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari - Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran - Indikator
Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar.
Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat-ringan, bentuk dan permukaan benda (kasar-halus). - Materi Essensial
Gerak Benda
Jenis-jenis gerak (hlm.96) - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
Kelereng, bola kasti, kotak kardus, papan halus, meja datar, penggaris. - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Memahami peta konsep tentang gerak benda
Melakukan kegiatan 4.1 hlm 97.
Memahami bahwa :
Benda bulat dapat melakukan gerakan berputar
Pada lintasan miring benda bulat menggelinding (berputar dan berpindah)
Benda bulat, benda lembaran, akan jatuh ke bawah jika tidak ada yang menahannya.
Benda dapat bergerak berbalik arah.
Benda cair dapat mengalir - Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa jenis gerak benda antara lain berputar, menggelinding, jatuh, memantul, dan mengalir - Pekerjaan Rumah
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar