Rabu, Juli 15, 2009

SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. III SD/MI


SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. III SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 24 x 30 menit

  1. Standar Kompetensi
    Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
  2. Kompetensi Dasar

    1. Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
    2. Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
    3. Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga)
    4. Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF


II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Ciri-Ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
  2. Indikator
    Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
    Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengamatan ciri-cirinya.
  3. Materi Essensial
    Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup
    Makhluk hidup memerlukan makan (Hlm.4)
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
    Kebun sekolah,
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang manusia hidup
      Melakukan kegiatan 1.1 dan tugas 1.1 hlm 3.
      Menjelaskan fungsi makan bagi makhluk hidup
      Menjelaskan makanan yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup
      Memahami cara tumbuhan membuat makanan
      Tumbuhan membuat makanan sendiri
      Tumbuhan menyerap air
      Tumbuhan mengambil gas karbondioksida dari udara
    3. Penutup
      Memberikan kesimpulan bahwa makhluk hidup memerlukan makan
    4. Pekerjaan Rumah
      Mengamati makhluk hidup dan tak hidup di lingkungan rumah

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : III / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18 x 30 menit

  1. Standar Kompetensi
    Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
    2. Mendeskripsikan hasil pengamatan
      tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
    3. Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
    4. Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
    5. Menerapkan cara menghemat energi dalam
      kehidupan sehari-hari
    6. Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek

  1. Kompetensi Dasar
    Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
  2. Indikator
    Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan, misalnya: menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar.
    Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat-ringan, bentuk dan permukaan benda (kasar-halus).
  3. Materi Essensial
    Gerak Benda
    Jenis-jenis gerak (hlm.96)
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas III
    Kelereng, bola kasti, kotak kardus, papan halus, meja datar, penggaris.
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang gerak benda
      Melakukan kegiatan 4.1 hlm 97.
      Memahami bahwa :
      Benda bulat dapat melakukan gerakan berputar
      Pada lintasan miring benda bulat menggelinding (berputar dan berpindah)
      Benda bulat, benda lembaran, akan jatuh ke bawah jika tidak ada yang menahannya.
      Benda dapat bergerak berbalik arah.
      Benda cair dapat mengalir
    3. Penutup
      Memberikan kesimpulan bahwa jenis gerak benda antara lain berputar, menggelinding, jatuh, memantul, dan mengalir
    4. Pekerjaan Rumah

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar