SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. IV SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya - Kompetensi Dasar
- Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
- Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
- Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca
indera dengan fungsinya - Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera
- Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Gaya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
- Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya - Indikator
Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya. - Materi Essensial
Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
Bagian rangka (hlm.2)
Rangka kepala
Rangka badan - Media Belajar
Anggota tubuh siswa (tangan) - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Memahami peta konsep tentang rangka manusia
Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
Mendeskripsikan rangka manusia:
Rangka kepala
Rangka badan
Siswa menyebutkan rangka kepala - Penutup
Mengulang kembali rangka manusia, rangka kepala dan rangka badan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : IV / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda - Kompetensi Dasar
- Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
- Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
- Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar
serta sifat-sifatnya - Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Gaya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
- Kompetensi Dasar
Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda - Indikator
- Membuat daftar berbagai gerak benda.
- Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
- Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.
- Materi Essensial
Gaya Mempengaruhi Gerak
Gaya mempengaruhi benda diam (hlm.136) - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV
Bola, kelerang, berbagai benda yang berak, dinding sekolah - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
Memahami kembali peta konsep tentang gaya. - Kegiatan Inti
Memahami konsep gaya berupa dorongan atau tarikan.
Memahami perubahan yang dialami objek atau benda jika diberikan sebuah gaya.
Melakukan kegiatan 7.1 (hlm.136)
Memberikan contoh gaya yang menyebabkan benda diam bergerak - Penutup
Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengakibatkan benda diam menjadi bergerak
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar