I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 10 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya - Kompetensi Dasar
- Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
- Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
- Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
- Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Perubahan Pada Benda
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
- Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya - Indikator
- Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
- Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
- Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2 - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
Buku atau majalah - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
Memancarkan bunyi dari mulutnya,
bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya, selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut - Penutup
Memberikan kesimpulan
Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
- Standar Kompetensi
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi - Kompetensi Dasar
- Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
- Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
- Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
- Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Perubahan Pada Benda
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
- Kompetensi Dasar
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan - Indikator
- Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
- Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda misalnya: suhu, kelembaban,ada tidaknya kuman dan waktu.
- Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
- Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.
- Materi Essensial
Faktor penyebab perubahan benda. - Media Belajar
Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI - Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
- Pendahuluan
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan - Kegiatan Inti
Memahami peta konsep tentang perubahan benda
Memahami faktor yang menyebabkan perubahan benda
Pelapukan
Perkaratan
Pembusukan
Memahami proses pelapukan
Pelapukan biologi : pelapukan yang disebabkan oleh pohon, lumut dan rayap
Pelapukan fisika : penyebabnya angin dan air
Menyebutkan cara mencegah proses pelapukan
Memahami proses perkaratan - Penutup
Memberikan kesimpulan bahwa :
Pelapukan biologi disebabkan oleh pohon, lumut dan rayap
Pelapukan fisika disebabkan oleh faktor alam yaitu angin dan air
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF - Pendahuluan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar