Selasa, Juli 14, 2009

SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. VI SD/MI

SILABUS DAN RPP SAINS (IPA) Kls. VI SD/MI

I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu : 10 x 30 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
    2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
    3. Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
    4. Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
  1. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
  2. Indikator
    1. Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
    2. Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
  3. Materi Essensial
    Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
    Buku atau majalah
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
      Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
      Memancarkan bunyi dari mulutnya,
      bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya, selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
      Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
      Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
      Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
    3. Penutup
      Memberikan kesimpulan
      Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
      Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
      Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : VI / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
Alokasi Waktu : 16 x 30 menit
  1. Standar Kompetensi
    Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
  2. Kompetensi Dasar
    1. Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)
    2. Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
    3. Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
    4. Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik / alarm / model lampu lalu lintas / kapal terbang / mobil-mobilan / model penerangan rumah)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Perubahan Pada Benda
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi
  1. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
  2. Indikator
    1. Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
    2. Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda misalnya: suhu, kelembaban,ada tidaknya kuman dan waktu.
    3. Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
    4. Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.
  3. Materi Essensial
    Faktor penyebab perubahan benda.
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang perubahan benda
      Memahami faktor yang menyebabkan perubahan benda
      Pelapukan
      Perkaratan
      Pembusukan
      Memahami proses pelapukan
      Pelapukan biologi : pelapukan yang disebabkan oleh pohon, lumut dan rayap
      Pelapukan fisika : penyebabnya angin dan air
      Menyebutkan cara mencegah proses pelapukan
      Memahami proses perkaratan
    3. Penutup
      Memberikan kesimpulan bahwa :
      Pelapukan biologi disebabkan oleh pohon, lumut dan rayap
      Pelapukan fisika disebabkan oleh faktor alam yaitu angin dan air
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar