Selasa, Juli 14, 2009

SILABUS DAN RPP SAINS(IPA) Kls. V SD/MI


SILABUS DAN RPP SAINS(IPA) Kls. V SD/MI
I. SILABUS SAINS SEMESTER I
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia
    2. Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
    3. Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
    4. Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.
    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah.
  2. Indikator
    1. Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan
    2. Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.*)
    3. Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
    4. Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan
  3. Materi Essensial
    Alat Pernapasan Pada Manusia Dan Hewan (hlm.3)
    Alat pernapasan manusia
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
    Stoples plastik bening besar Pipa kecil bercabang tiga, Plastisin, Karet gelang, Sedotan, Tiga balon kecil, Lakban, Gunting, Silet.
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang alat pernapasan
      Menyebutkan bagian tubuh yang berperan sebagai pernapasan
      Paru-paru
      Hidung
      Tenggorokan
      Memahami istilah dari
      Memahami pernapasan dada dan pernapasan perut
      Memahami proses pernapasan
    3. Penutup
      Mengulang proses pernapasan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS SAINS SEMESTER II
Nama Sekolah : SD
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Kelas/Program : V / SEKOLAH DASAR
Semester : 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)
    2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
    3. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
    4. Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.
    5. Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : SAINS (IPA)
Materi Pokok : Cahaya dan Sifat-Sifatnya
Pertemuan/waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan praktek
  1. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
  2. Indikator
    Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
  3. Materi Essensial
    Sifat Cahaya
    Cahaya merambat lurus (Hlm.141)
    Cahaya menembus benda bening (Hlm.143)
  4. Media Belajar
    Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas V
    Karton tebal, tiga potong kayu penjepit yang seragam, gunting, pelubang, lampu senter, gelas bening, gelas berwarna, kaleng, batu, karton, potongan triplek, plastik bening, dua botol bening, air jernih, air berlumpur/keruh.
  5. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
    1. Pendahuluan
      Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
    2. Kegiatan Inti
      Memahami peta konsep tentang cahaya
      Memahami bahwa cahaya merambat lurus dari kegiatan 6.1 (Hlm.142)
      Memahami bahwa cahaya menembus benda bening kegiatan 6.2 (Hlm.143)
      Memahami definisi benda bening dari kegiatan 6.3 (Hlm.144)
    3. Penutup
      Memberikan kesimpulan bahwa
      Berkas cahaya merambat lurus
      Cahaya dapat menembus benda-benda bening
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentu WORD (doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar