I. SILABUS SEJARAH SEMESTER I
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
- Standar Kompetensi
1.Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru - Kompetensi Dasar
1.1.Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
1.2.Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
SMA/MA.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
SMA/MA.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
- Standar Kompetensi
1.Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru - Kompetensi Dasar
1.1.Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia - Indikator
Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia - Alokasi Waktu : 3x45 menit
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia - Materi Pembelajaran
Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945 - Metode Pembelajaran
Diskusi jigsaw dan pemberian tugas - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai posisi Jepang dalam Perang Dunia II yang berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah kolonial Jepang di Indonesia.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. - Kegiatan Inti
Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok dan materi dibagi dalam dua bagian, yaitu BPUPKI dan PPKI. Setiap kelompok menganalisis satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu dua puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain.
Guru menjelaskan peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah Proklamasi, dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diselingi tanya jawab dengan peserta didik.
Peserta didik membuat sebuah kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Aktivitas hal 14). - Kegiatan Penutup
Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Menarik kesimpulan materi.
- Kegiatan Pendahuluan
- Sumber Belajar
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 1 – 30)
Peta konsep , Power point,OHP
Buku-buku penunjang yang relevan,Internet - Penilaian
Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai BPUPKI dan PPKI.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
- Standar Kompetensi
3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir - Kompetensi Dasar
3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin - Materi Pokok
Dunia Pada Akhir Perang Dunia II
Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
Ekonomi dan politik Indonesia pasca Perang Dunia II
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
SMA/MA.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
- Standar Kompetensi
3.Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir - Kompetensi Dasar
3.1.Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
berakhirnya Perang Dingin - Indikator
Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika - Alokasi Waktu : 6x45 menit
- Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika - Materi Pembelajaran
Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika - Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill dan diskusi jigsaw - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan penjelasan secara garis besar mengenai situasi di Asia dan Afrika pada masa kolonisasi bangsa Barat.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. - Kegiatan Inti
Peserta didik mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika.
Guru membagi peserta didik dalam tujuh kelompok dan materi dibagi dalam tujuh bagian, yaitu nasionalisasi Turki, India, Cina, Filipina, Mesir, Lybia, dan Afrika Selatan. Setiap kelompok menganalisis satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu tiga puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain. - Kegiatan Penutup
Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Menarik kesimpulan materi.
- Kegiatan Pendahuluan
- Sumber Belajar
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 169 – 184)
Peta konsep,Power point,OHP
Buku-buku penunjang yang relevan,Internet - Penilaian
Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai nasionalisasi Turki, India, Cina, Filipina, Mesir, Lybia, dan Afrika Selatan.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar