Rabu, Juli 01, 2009

SILABUS DAN RPP SEJARAH Kls.XII SMA

SILABUS DAN RPP SEJARAH Kls.XII SMA

I. SILABUS SEJARAH SEMESTER I
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
  1. Standar Kompetensi
    1.Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
  2. Kompetensi Dasar
    1.1.Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
    1.2.Menganalisis Perkembangan Ekonomi-Keuangan dan Politik pada Masa Awal Kemerdekaan sampai Tahun 1950
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/1
  1. Standar Kompetensi
    1.Menganalisis Perjuangan Bangsa Indonesia sejak Proklamasi hingga Lahirnya Orde Baru
  2. Kompetensi Dasar
    1.1.Menganalisis Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan Pembentukan Pemerintah Indonesia
  3. Indikator
    Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
    Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  4. Alokasi Waktu : 3x45 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik mampu untuk:
    Mendeskripsikan upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dari pembentukan BPUPKI hingga PPKI
    Mendeskripsikan peristiwa seputar Proklamasi dari Rengasdengklok hingga Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
  6. Materi Pembelajaran
    Upaya mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
    Peristiwa seputar Proklamasi 17 Agustus 1945
  7. Metode Pembelajaran
    Diskusi jigsaw dan pemberian tugas
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai posisi Jepang dalam Perang Dunia II yang berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah kolonial Jepang di Indonesia.
      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Kegiatan Inti
      Guru membagi peserta didik dalam dua kelompok dan materi dibagi dalam dua bagian, yaitu BPUPKI dan PPKI. Setiap kelompok menganalisis satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu dua puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain.
      Guru menjelaskan peristiwa Rengasdengklok, penyusunan naskah Proklamasi, dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia diselingi tanya jawab dengan peserta didik.
      Peserta didik membuat sebuah kronologi singkat dari peristiwa-peristiwa politik di seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Aktivitas hal 14).
    3. Kegiatan Penutup
      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
      Menarik kesimpulan materi.
  9. Sumber Belajar
    Kurikulum KTSP dan perangkatnya
    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
    Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 1 – 30)
    Peta konsep , Power point,OHP
    Buku-buku penunjang yang relevan,Internet
  10. Penilaian
    Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai BPUPKI dan PPKI.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS SEJARAH SEMESTER II
Nama Sekolah : SMA
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
  2. Kompetensi Dasar
    3.1. Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin
  3. Materi Pokok
    Dunia Pada Akhir Perang Dunia II
    Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
    Ekonomi dan politik Indonesia pasca Perang Dunia II
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA.
Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : XII/2
  1. Standar Kompetensi
    3.Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan Perkembangan Nuklir
  2. Kompetensi Dasar
    3.1.Menganalisis Perkembangan Sejarah Dunia dan Posisi Indonesia di Tengah Perubahan Politik dan Ekonomi Internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan
    berakhirnya Perang Dingin
  3. Indikator
    Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
  4. Alokasi Waktu : 6x45 menit
  5. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik mampu untuk:
    Mendeskripsikan nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
  6. Materi Pembelajaran
    Nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika
  7. Metode Pembelajaran
    Pendekatan model ICT dan life skill dan diskusi jigsaw
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan penjelasan secara garis besar mengenai situasi di Asia dan Afrika pada masa kolonisasi bangsa Barat.
      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
    2. Kegiatan Inti
      Peserta didik mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai nasionalisasi dan dekolonisasi di Asia dan Afrika.
      Guru membagi peserta didik dalam tujuh kelompok dan materi dibagi dalam tujuh bagian, yaitu nasionalisasi Turki, India, Cina, Filipina, Mesir, Lybia, dan Afrika Selatan. Setiap kelompok menganalisis satu materi yang berbeda dan mempresentasikannya di depan kelas. Setiap kelompok diberi waktu tiga puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab serta memberikan hasil kesimpulan diskusi untuk dipelajari oleh kelompok lain.
    3. Kegiatan Penutup
      Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
      Menarik kesimpulan materi.
  9. Sumber Belajar
    Kurikulum KTSP dan perangkatnya
    Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XII IPS - ESIS
    Buku sumber Sejarah SMA XII IPS – ESIS (hal 169 – 184)
    Peta konsep,Power point,OHP
    Buku-buku penunjang yang relevan,Internet
  10. Penilaian
    Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai nasionalisasi Turki, India, Cina, Filipina, Mesir, Lybia, dan Afrika Selatan.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar