SILABUS DAN RPP T I K Kls. VII SMP/MTS
I. SILABUS T I K SEMESTER I
Sekolah : SMP
Kelas/semester: VII (tujuh)/ 1 (satu)
Mata Pelajaran: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Standar Kompetensi
Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang - Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
- Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
- Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
- Mengidentifikasi berbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Sekolah : SMP
Kelas/semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Sekolah : SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Sekolah : SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
- Standar Kompetensi
Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang - Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi - Indikator
Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi - Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :- Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang telekomunikasi dengan tepat
- Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang teknologi informasi
- Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang elektronika
melalui setudi pustaka peserta didik dapat : - Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
- Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
- Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
- Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika
- Materi Pembelajaran
- Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- Bidang telekomunikasi
- Bidang teknologi informasi
- Bidang Elektronika
- Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- Metode Pembelajaran
Pendekatan : CTL
Model : Cooperative Learning - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
- Pertemuan pertama
- Kegiatan Pendahuluan
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Memberika motivasi pentingnya meuasai TIK
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Peserta didik membentuk kelompok diskusi - Kegiatan Inti
Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Mengerjakan lembar kerja. - Kegiatan Penutup
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Kegiatan Pendahuluan
- Pertemuan Kedua:
- Kegiatan Pendahuluan
Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Memberika motivasi pentingnya meuasai TIK
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Peserta didik membentuk kelompok diskusi - Kegiatan Inti
Menjelaskan fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, sekolah dan sekitarnya
Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
Mengerjakan lembar kerja. - Kegiatan Penutup
Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
- Kegiatan Pendahuluan
- Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb. - Penilaian
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah : SMP
Kelas/semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
- Standar Kompetensi
Mempraktikan keterampilan dasar komputer - Kompetensi Dasar
- Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer
- Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi
- Memahami kegunaan dari beberapa program aplikasi
- Mempraktikan satu program aplikasi
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Sekolah : SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Mempraktikkan keterampilan dasar komputer. - Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer. - Indikator
- Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
- Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
- Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
- Tujuan Pembelajaran
- Disediakan seperangkat komputer, peserta didik dapat:
- Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input dengan tepat.
- Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses dengan tepat.
- Menunjukkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output dengan tepat.
- Materi Pembelajaran
- Perangkat keras ( Hardware )
- Alat input
- Alat proses
- Alat output
- Metode Pembelajaran
- Pendekatan CTL
- Model Cooperative Learning
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar