Selasa, Juli 07, 2009

SILABUS DAN RPP T I K Kls. VIII SMP/MTs

SILABUS DAN RPP T I K Kls. VIII SMP/MTs
I. SILABUS T I K SEMESTER I
Sekolah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 1 (satu)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  1. Standar Kompetensi
    Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
    2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
    3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah kata
    4. Membuat dokumen pengolah kata sederhana
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/MTs
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VIII (delapan) / 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Menggunakan perangkat lunak pengolah kata untuk menyajikan informasi
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah kata
  3. Indikator
    1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada menu bar
    2. Mengidentifikasi menu dan ikon pada standar menu
    3. Mengidentifikasi menu dan ikon pada formatting menu
    4. Mengindentifikasi menu dan ikon pada drawing menu
  4. Alokasi Waktu : 1 x 40
  5. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu:
    1. Menunjukkan letak deret menu bar yang terdapat dalam tampilan ms.word dengan benar
    2. Menyebutkan nama menu yang terdapat dalam deret menu bar dengan benar
    3. Menunjukkan letak deret menu standar toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
    4. Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam deret standar toolbar dengan benar
    5. Menunjukkan letak deret menu formatting toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
    6. Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam deret formatting toolbar dengan benar
    7. Menunjukkan letak deret menu drawing toolbar pada tampilan ms.word dengan benar
    8. Menyebutkan nama menu sesuai dengan lambang ikon yang terdapat dalam deret drawing toolbar dengan benar
  6. Materi Pembelajaran
    1. Tampilan menu dan ikon
    2. Tampilan menu dan ikon pada menu bar
    3. Tampilan menu dan ikon pada standar menu
    4. Tampilan menu dan ikon pada formating menu
    5. Tampilan menu dan ikon pada menu drawing
  7. Metode Pembelajaran
    Pendekatan CTL
    Metode Direct Instruction (DI)
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS T I K SEMESTER II
Sekolah
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
  1. Standar Kompetensi
    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
  2. Kompetensi Dasar
    1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
    2. Menjelaskan fungsi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
    3. Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangka lunak pengolah angka
    4. Membuat dokumen pengolah angka sederhana
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMP/ MTs
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester : VIII (delapan)/ 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
  2. Kompetensi Dasar
    Menggunakan menu dan ikon pokok pada perangkat lunak pengolah angka
  3. Indikator
    1. Mengidentifikasi menu dan ikon pada Menu Bar
      a. Menu File
      b. Menu Edit
      c. Menu View
      d. Menu Insert
      e. Menu Format
      f. Menu Tools
      g. Menu Data
      h. Menu Windows
      i. Menu Help
    2. Mengidentifikasi menu dan ikon pada Toolbar
      a. Standard
      b. Formating
      c. Drawing
  4. Alokasi Waktu: 4 x 40
  5. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa mengamati lembar kerja program pengolah angka dengan menggunakan komputer yang sudah disediakan.
    2. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang ada di lembar kerja program pengolah angka
    3. Siswa mengenal menu dan icon pada menu bar, dan toolbar
    4. Siswa mampu menggunakan menu dan icon pada menu bar, dan toolbar
  6. Materi Pembelajaran
    Cara menggunakan menu dan Ikon pada menu bar
    Cara menggunakan menu dan Ikon pada Toolbar
  7. Metode Pembelajaran
    Pendekatan Model CTL dan life skill
  8. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan pertama ( 4 x 40 menit)
    1. Kegiatan Pendahuluan
      Bertanya kepada siswa tentang lembar kerja program pengolah angka
      Menyampaikan tujuan pembelajaran
    2. Kegiatan Inti
      Siswa mengamati tampilan menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka
      Siswa menemukan nama menu dan icon pada menu bar, menu dan icon-icon pada Toolbar
      Siswa melakukan simulasi mencocokkan menu dan ikon sesuai dengan toolbarnya
    3. Kegiatan Penutup
      Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
      Menarik kesimpulan tentang penggunaan menu dan ikon pada program pengolah angka
  9. Sumber Belajar
    Komputer, buku paket, lembar kerja
  10. Penilaian
    Tehnik
    Tes unjuk kerja
    Bentuk Instrumen
    Uji prosedur
  11. Soal/Instrumen
    1. Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada menu bar!
    2. Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada Toolbar Standard
    3. Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada Toolbar Formating
    4. Tunjukkanlah dan sebutkan nama perintah menu dan ikon pada Toolbar Drawing
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar