Kamis, Juli 02, 2009

SILABUS DAN RPP T I K Kls. XII SMA


SILABUS DAN RPP T I K Kls. XII SMA
I. SILABUS T I K SEMESTER I
NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KELAS/SEMESTER : XII / 1 (SATU) dan 2 (dua)
Alokasi Waktu : 225 menit 5 jam pelajaran
  1. Standar Kompetensi
    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik.
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
    2. Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
    3. Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
    4. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
MATA PELAJARAN : Teknologi Informasi dan Komunikasi
KELAS : XII
SEMESTER : I
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
  4. INDIKATOR
    1. Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
    2. Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
    3. Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
    4. Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
    5. Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
    6. Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan 
  5. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat dan mampu :
    1. Menjelaskan pengertian grafiss vector dan bitmap serta perbedaannya, serta memberi contoh aplikasi softwarenya
    2. Menjelaskan dan menerangkan menu dan icon beserta fungsinya secara teori atau tutorial software
  6. METODE PEMBELAJARAN 
    1. Penjelasan materi (teori Ceramah)
    2. Tutorial LCD Proyektor
    3. Praktikum Lab Komputer
  7. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
    1. Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
    2. Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
    3. Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
    4. Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
    5. Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
    6. Menunjukkan menu dan ikon
    7. Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
  8. ALOKASI WAKTU
    225 menit 5 jam pelajaran
  9. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
    Buku panduan, internet, buku digital, Software
  10. PENILAIAN
    Penugasan individu, Praktik
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS T I K SEMESTER II
Kelas / Semester: XII - Semester 2
Alokasi Waktu : 225 menit 5 jam pelajaran
  1. Standar Kompetensi
    Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
  2. Kompetensi Dasar
    1. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
    2. Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi
    3. Fungsi menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi
    4. Membuat slide untuk presentasi
    5. Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN : Teknolosi Infomasi dan Komunikasi
KELAS : XII
SEMESTER : II/2
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
  3. MATERI PEMBELAJARAN
    Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi
  4. INDIKATOR
    1. Menjelaskan manfaat program presentasi
    2. Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
    3. Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan 
  5. TUJUAN PEMBELAJARAN
    Siswa dapat menjelaskan manfaat program presentasi, fungsi menu, tools serta icon dalam program tersebut secara teori maupun tutorial software
  6. METODE PEMBELAJARAN 
    1. Penjelasan materi (teori Ceramah)
    2. Tutorial LCD Proyektor
    3. Praktikum Lab Komputer
  7. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
    1. Menggali informasi manfaat program presentasi
    2. Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
    3. Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
  8. ALOKASI WAKTU
    225 menit 5 jam pelajaran
  9. SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
    Buku panduan, internet, buku digital, Software
  10. PENILAIAN
    Penugasan individu, Praktik
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar