SILABUS DAN RPP T I K Kls. XII SMA
I. SILABUS T I K SEMESTER I
NAMA SEKOLAH
MATA PELAJARAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KELAS/SEMESTER : XII / 1 (SATU) dan 2 (dua)
Alokasi Waktu : 225 menit 5 jam pelajaran
- Standar Kompetensi
Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik. - Kompetensi Dasar
- Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
- Fungsi menu dan ikon aplikasi pembuat grafis
- Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH
MATA PELAJARAN : Teknologi Informasi dan Komunikasi
KELAS : XII
SEMESTER : I
Kelas / Semester: XII - Semester 2
Alokasi Waktu : 225 menit 5 jam pelajaran
MATA PELAJARAN : Teknolosi Infomasi dan Komunikasi
KELAS : XII
SEMESTER : II/2
SEKOLAH
MATA PELAJARAN : Teknologi Informasi dan Komunikasi
KELAS : XII
SEMESTER : I
- STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan perangkat lunak pembuat grafik - KOMPETENSI DASAR
Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis - MATERI PEMBELAJARAN
Menu dan ikon aplikasi pembuat grafis - INDIKATOR
- Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
- Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat dan mampu :- Menjelaskan pengertian grafiss vector dan bitmap serta perbedaannya, serta memberi contoh aplikasi softwarenya
- Menjelaskan dan menerangkan menu dan icon beserta fungsinya secara teori atau tutorial software
- METODE PEMBELAJARAN
- Penjelasan materi (teori Ceramah)
- Tutorial LCD Proyektor
- Praktikum Lab Komputer
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
- Mencari informasi tentang pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menjelaskan aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
- Menyimak penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
- Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
- Menunjukkan menu dan ikon
- Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
- ALOKASI WAKTU
225 menit 5 jam pelajaran - SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
Buku panduan, internet, buku digital, Software - PENILAIAN
Penugasan individu, Praktik
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester: XII - Semester 2
Alokasi Waktu : 225 menit 5 jam pelajaran
- Standar Kompetensi
Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi - Kompetensi Dasar
- Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi
- Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi
- Fungsi menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi
- Membuat slide untuk presentasi
- Membuat presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar, dan diagram
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
MATA PELAJARAN : Teknolosi Infomasi dan Komunikasi
KELAS : XII
SEMESTER : II/2
- STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan perangkat lunak pembuat presentasi - KOMPETENSI DASAR
Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat presentasi - MATERI PEMBELAJARAN
Menu dan ikon dalam aplikasi pembuat presentasi - INDIKATOR
- Menjelaskan manfaat program presentasi
- Mengidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam programpesentasi
- Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menjelaskan manfaat program presentasi, fungsi menu, tools serta icon dalam program tersebut secara teori maupun tutorial software - METODE PEMBELAJARAN
- Penjelasan materi (teori Ceramah)
- Tutorial LCD Proyektor
- Praktikum Lab Komputer
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBALAJARAN
- Menggali informasi manfaat program presentasi
- Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
- Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
- ALOKASI WAKTU
225 menit 5 jam pelajaran - SUMBER BELAJAR/ALAT/BAHAN
Buku panduan, internet, buku digital, Software - PENILAIAN
Penugasan individu, Praktik
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar