SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. V SD/MI
I. SILABUS SEMESTER I
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : V (lima)
Alokasi Waktu : jam pelajaran
- Standar Kompetensi
Menyimak (ngaregepkeun)
Mampu menyinak, memahami dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan dari nara sumber, pesan melalui telepon dan pembacaan cerita pendek - Kompetensi Dasar
- Menyimak penjelasan dari Narasumber
- Materi Pokok
- Penjelasan narasumber
- Pengalaman Belajar
- Murid mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”
- Murid mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan dengan narasumber ”Usaha Kantong”.
- Murid menanggapi isi penjelasan dari narasumber ”Usaha Kantong”.
- Menyimak penjelasan dari Narasumber
- Indikator
- Dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”.
- Dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan dengan nara sumber ”Usaha Kantong”.
- Dapat menanggapi isi penjelasan dari narasumber ”Usaha Kantong”.
- Dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”.
- Jenis Penilaian
- Responsi (praktik)
- Pertanyaan lisan/ tulian
- Ulangan Harian
- Tugas individu/ Kelompok
- Responsi (praktik)
- Sumber Belajar
- Buku Paket
- Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 5
- Buku Paket
- Kamus Umum
- Basa Sunda
- Contoh teks
- Wawancara
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Basa Sunda
II. SILABUS SEMESTER II
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : V (lima)
Alokasi Waktu : jam pelajaran
- Standar Kompetensi
- Menulis (Nulis)
Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam menulis cerita, menyusun pragraf, menulis surat, meringkas bacaan menulis deskripsi
dan menulis eksposisi - Membaca (Maca)
Mampu membaca memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana
tulis (teks) dengan membaca intensif, membacakan puisi dan membacakan dongeng
- Menulis (Nulis)
- Kompetensi Dasar
- Menulis surat
- Membacakan puisi pilihan sendiri
- Membacakan Dongeng
- Menulis surat
- Materi Pokok
- Surat pribadi
- Puisi
- Dongeng
- Surat pribadi
- Pengalaman Belajar
- Murid menyebutkan bagian-bagian surat.
- Murid menyebutkan pokok-pokok isi surat.
- Murid menyampaikan informasi untuk orang lain dalam bentuk surat dengan memperhatikan tatacara penulisan surat konteks, dan sopan santun berbahasa.
- Murid mengidentifikasi dan membedakan isi setiap teks.
- Murid memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.pembacaan
”Dongeng Sakadang Bango jeung Ajag.” - Murid menyimak
- Murid menceritakan kembali isi ”Dongeng Bango jeung Ajag”
- Murid menyimpulkan hasil dari menyimak dongengnya.
- Murid memberikan tanggapan pada dongeng yang disimaknya
- Murid menyebutkan bagian-bagian surat.
- Indikator
- Dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
- Dapat menyebutkan pokok-pokok isi surat.
- Dapat menyampaikan informasi untuk orang lain dalam bentuk surat dengan memperhatikan tatacara penulisan surat konteks, dan sopan santun berbahasa.
- Dapat mengidentifikasi dan membedakan isi setiap teks
- Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
- Dapat menyimak pembacaan ”Dongeng Sakadang Bango jeung Ajag.”
- Dapat menceritakan kembali isi ”Dongeng Bango jeung Ajag”
- Dapat menyimpulkan hasil dari menyimak dongengnya.
- Dapat memberikan tanggapan pada dongeng yang disimaknya
- Dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
- Jenis Penilaian
- Responsi (praktik)
- Pertanyaan lisan/ tulian
- Ulangan Harian
- Tugas individu/ kelompok
- Responsi (praktik)
- Pertanyaan lisan/tulian
- Ulangan Harian
- Tugas individu/kelompok
- Responsi (praktik)
- Sumber Belajar
- Buku Paket
- Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 5
- Buku Paket
- Kamus Umum
- Basa Sunda
- Contoh surat
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC - Basa Sunda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar