Senin, Juli 27, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. IX B SMP/MTs


SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. IX B SMP/MTs
I. SILABUS BAHASA SUNDA SEMESTER II
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan Pendidikan: SMP/MTs
Kelas/Semester : IX/ 2(dua)

  1. Standar Kompetensi

    1. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam berdiskusi.
    2. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana berupa bahasan karangan sendiri.
    3. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis hasil wawancara.
    4. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bermain peran berdasarkan naskah drama
    5. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana berupa Pusi karangan sendiri.
    6. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai tulisan dam bentuk membaca berita
    7. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam menceritakan isi novel.
    8. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis karangan ilmiah.

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pembelajaran: SMP / MTs
Materi Pembelajaran: Bahasa dan Sastra Sunda
Materi Pokok : Diskusi (10)
Kelas/Semester : IX/2(dua)
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

  1. STANDAR KOMPETESI
    Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam berdiskusi.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Berdiskusi di kelas.
  3. INDIKATOR
    - Dapat menyajikan pokok-pokok peramasalahan yang akan didiskusikan.
    - Dapat memandu diskusi dengan baik.
    - Dapat mengajukan pertanyaan. Dapat menyampaikan pendapat dengan bahasa yang
    sopan dan halus.
    - Dapat menyanggah pendapat orang lain dengan bahasa yang baik.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
    Siswa dapat berdiskusi dengan baik.
  5. KEGIATAN PEMBELAJARAN

    1. Persiapan
      - Tegur sapa, mengabsen
      - Apersepsi
      - Pretes
      - Memotivasi siswa
    2. Kegiatan Inti (Pembelajaran)
      - Membaca dan menelaah bahasan dan contoh kalimat-kalimat yang digunakan
      dalam diskusi.
      - Memilih pokok-pokok pemasalahan yang akan didiskusikan.
      - Memandu diskusi dengan baik. Mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan,
      dan menyanggah pendapat orang lain dengan sopan.
    3. Penutup
      - Menegaskan bahan pembelajaran.
      - Postes.
      - Menjelaskan kegiatan lanjutan termasuk penugasan.
      - Menutup pembelajaran.

  6. DESAIN PEMBELAJARAN
    Pendekatan Pembelajaran:
    - Pendekatan kompetensi komunikatif.
    - Pendekatan kontekstual.
  7. MEDIA PEMBELAJARAN
    Bahasan tentang diskusi (lihat buku Lancar Basa Sunda IXB, hal 3-5).
  8. EVALUASI
    - Cing pék pilih jejer sawala anu rék dipadungdengkeun di hareup!
    Tangtukeun heula kelompok mana anu rék ngajejeran sawala. Alusna mah dikoclok!

Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
Yang Lainya Download Juga Di Bawah Ini
1. Program Tahunan File Bentuk PDF
2. Program Tahunan File Bentuk DOC
3. Program Semester File Bentuk PDF
4. Program Semester File Bentuk DOC
5. Pemetaan Materi File Bentuk PDF
6. Pemetaan Materi File Bentuk DOC
7. KKM File Bentuk PDF
8. KKM File Bentuk DOC

Minggu, Juli 26, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls.VIII SMP/MTs


SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls.VIII SMP/MTs
I. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan Pendidikan: SMP/MTs
Kelas/Semester : VIII/2(dua)

  1. STANDAR KOMPETENSI

    1. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam berbalas pantun (témpas sindir).
    2. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai wacana sajak.
    3. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis esai.
    4. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan laporan perjalanan.
    5. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi berbagai tabel dan diagram.
    6. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis laporan kegiatan.
    7. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan untuk menjadi penata acara.
    8. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam mengarang guguritan.
    9. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan untuk menjadi pemandu diskusi (moderator).
      Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF



II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pembelajaran: SMP / MTs
Materi Pembelajaran: Bahasa dan Sastra Sunda
Materi Pokok : Laporan Perjalanan (10)
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam
    menyampaikan laporan perjalanan.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Menyampaikan laporan perjalanan.
  3. INDIKATOR
    Dapat menyusun kerangka laporan.
    Dapat menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa yang komunikatif dan santun.
    Dapat menyampaikan laporan dengan penampilan yang baik.
    Dapat memperbaiki laporan perjalannya.

    1. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
      Siswa dapat menyampaikan laporan perjalanan dengan baik.
    2. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. Persiapan
        Tegur sapa, mengabsen
        Apersepsi
        Pretes
        Memotivasi Siswa
      2. Kegiatan Inti (dapat dibagi menjadi 2 pertemuan)
        Menyusun kerangka laporan.
        Menyampaikan laporan perjalanan dengan bahasa yang komunikatif dan santun.
        Menyampaikan laporan dengan penampilan yang baik.
        Memperbaiki atau menyempurnakan laporan perjalanannya.
      3. Penutup
        Menegaskan bahan pelajaran.
        Postes.
        Menjelaskan kegiatan lanjutan, termasuk penugasan.
        Menutup pembelajaran.

    3. DESAIN PEMBELAJARAN
      Pendekatan Pembelajaran
      Pendekatan kompetensi komunikatif
      Pendekatan konstektual
      Metode Pembelajaran
      Metode langsung
      Teknik Pembelajaran
      Latihan, tugas
    4. MEDIA PEMBELAJARAN
      Contoh wacana laporan perjalanan (lihat buku Lancar Basa Sunda VIII-B hal. 3-4)
    5. EVALUASI
      Cing pék jieun raraga laporan lalampahan!
      Caritakeun éta lalampahan téh maké basa anu komunikatif, merenah, tur sopan!
      Caritakeun éta lalampahan téh maké réngkak jeung riuk anu hadé!

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Yang lain DOWNLOAD Di Bawah Ini
    1. Program Tahunan File Bentuk Pdf
    2. Program Tahunan File Bentuk Doc
    3. Program Semester File Bentuk Pdf
    4. Program Semester File Bentuk Doc
    5. Pemetaan Materi File Bentuk Pdf
    6. Pemetaan Materi File Bentuk Doc

SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. VII B SMP/MTs


SILABUS DAN RPP BAHASA SUNDA Kls. VII B SMP/MTs
I. SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan Pendidikan : SMP/MTs.
Kelas/Semester : VII(tujuh)/ 2 (dua)

  1. STANDAR KOMPETENSI

    1. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
      berbicara melalui telepon.
    2. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi dongéng.
    3. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk sajak.
    4. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam menyampaikan bahasan.
    5. Mampu membaca, memahami, dan menanggapi wacana carita pondok.
    6. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis karangan eksposisi (bahasan).
    7. Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam bentuk menulis berita.

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC


II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pembelajaran : SMP/MTs
Materi Pembelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Materi Pokok : Bertelepon (10)
Kelas/Semester : VII(tujuh)/2 (dua)
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

  1. STANDAR KOMPETESI
    Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara lisan dalam bentuk
    berbicara melalui telepon.
  2. KOMPETENSI DASAR
    Berbicara melalui telepon.
  3. INDIKATOR
    Dapat memilih dan mengucapkan salam pembuka atau membalas salam pembuka
    dengan baik.
    Dapat berbicara dengan volume sura dan intonasi yang baik.
    Dapat mengungkapkan maksud dengan singkat dan jelas.
    Dapat menggunakan bahasa dengan efektif dan santun.
  4. TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
    Berbicara melalui telepon.

    1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

      1. PERSIAPAN
        Tegur sapa, mengabsen
        Apersepsi
        Pretes
        Memotivasi siswa
      2. KEGIATAN IINTI (dibagi dalam 2 pertemuan)
        Mengamati contoh bertelepon yang baik pada wacana.
        Latihan bertelepon dengan teman sebangkunya.
        Memilih topik pembicaraan.
        Bergiliran bertele-pon di depan kelas.
      3. PENUTUP
        Menegaskan bahan pembelajaran.
        Postes.
        Menjelaskan kegiatan lanjutan termasuk penugasan.
        Menutup pembelajaran.

    2. DESAIN PEMBELAJARAN
      Pendekatan Pembelajaran:
      Pendekatan kompetensi komunikatif.
      Pendekatan kontekstual.
    3. MEDIA PEMBELAJARAN
      Wacana cara bertelepon (lihat buku Lancar Basa Sunda VII-B, hal. 3-4)
    4. EVALUASI
      Cing pék baca heula ku hidep wacana conto paguneman nu aya dina buku!
      Pék tuluy diajar nelepon jeung batur sabangu!
      Pilih jejer nu rék dicaritakeun dina telepon!
      Ayeuna pék bagilir ka hareup duan-duaan jeung babaturan!

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
    Yang Lainya : Silahkan DOWNLOAD di bawah .
    1. Program Tahunan File Bentuk PDF
    2. Program Tahunan File Bentuk DOC
    3. Program Semester File Bentuk PDF
    4. Program Semester File Bentuk DOC
    5. Pemetaan Program File Bentuk PDF
    6. Pemetaan Program File Bentuk DOC

SILABUS PENJASKES Kls. III SD/MI


SILABUS PENJASKES Kls. III SD/MI

  1. I. SILABUS PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
    Sekolah : SD / MI
    Kelas : 3 ( tiga )
    Mapel : Penjasorkes
    Semester : I ( satu )
    Alokasi Waktu: 9x35 menit(3 x pertemuan)

    1. STANDAR KOMPETENSI
      Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
    2. KOMPETENSI DASAR

      1. Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
      2. Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama
      3. Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dg koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama
      4. Uji Kompetensi / evaluasi SK.1

    3. MATERI POKOK / PEMBELAJARAN

      1. Latihan Jalan
      2. Latihan Lari
      3. Mengayun lengan
      4. Membungkuk
      5. Permainan bola






    1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

        Melakukan gerakan jalan di tempat
        Melakukan jalan dengan permainan mengajak teman
        Melakukan jalan dengan berteman
        Melakukan jalan di atas balok datar
        Melakukan lari estafet
        Melakukan lari sambil mendorong balon dengan koran
        Melakukan gerakan mengayun ke dua lengan
        Melakukan gerakan membungkuk permainan bola beranting
        Melakukan membungkuk sambil bernyanyi
        Melakukan gerakan lempar tangkap bola
        Melakukan menendang bola dan menahan bola

    2. INDIKATOR

        Jalan ditempat
        Permainan mengajak teman
        Berjalan bergandengan tangan
        Berjalan di atas balok
        Berlari melingkar
        Berlari dengan balon
        Permainan bandul jam
        Bola beranting / terowongan
        Bernyanyi Kepala, pundak, lutut, kaki
        Melempar dan menangkap dari arah samping
        Menendang bola plastik dengan kaki kanan / kiri
        Menahan bola plastik dengan kaki kanan / kiri

    3. PENILAIAN

        Teknik
        Tes pemberian tugas (kelompok)
        Tes pemberian tugas (perorangan)
        Bentuk Instrumen
        Tes/ Praktik

    4. CONTOH INSTRUMEN

        Lakukan jalan ditempat dengan benar
        Lakukan jalan sambil berteman dengan benar
        Lakukanlah berjalan di atas balok
        Lakukan lari estafet dengan regumu
        Lakukan lari dengan mendorong balon menempuh jarak 10 meter
        Lakukanlah mengayun kedua tangan dari depan melingkar ke belakang
        Lakukanlah mengayun kedua tangan ke samping kanan dan kiri
        Lakukanalah membungkukkan badan lalu gelindingkan bola ke teman yang berdiri dibelakangmu
        Secara beregu nyanyia “ kepala, pundak, lutut kaki
        Lakukanlah lempar tangkap bola dari arah samping dengan jarak 3mt
        Lakukanlah gerakan menendang dan benahan bola dengan benar.

    5. SUMBER BELAJAR

        Buku Penjasorkes kls. 3 penerbit Erlangga Halaman: 2 dan 5
        Buku Penjasorkes kls. 3 penerbit Erlangga Halaman: 6 dan 7


    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC
  1. II. SILABUS PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
    Sekolah : SD / MI
    Kelas : 3 ( tiga )
    Mapel : Penjasorkes
    Semester : 2 ( dua )
    Alokasi Waktu : 12 x 35 menit ( 4 X pertemuan)

    1. STANDAR KOMPETENSI
      Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
    2. KOMPETENSI DASAR
      Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordina-si yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan meng-hargai lawan atau diri sendiri
    3. MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
      Gerak dasar Jalan.
      Gerak Dasar Melompat

      1. KEGIATAN PEMBELAJARAN

          Melakukan gerak jalan menyilang
          Melakukan gerak jalan jinjit silang
          Melakukan permainan tongkat estafet.
          Melakukan Permainan di taman harta karun
          Melakukan permainan mencapai titik sasaran
          Melakukan lompat sambil berputar
          Melakukan meloncat dan Melompat dengan satu kaki
          Melakukan Permaina Lompat tali

      2. INDIKATOR

          Gerak jalan menyilang
          Jalan jinjit silang
          Permainan tongkat estafet
          Bermaian di taman harta karun
          Permainan titik sasaran beregu
          Melompat dan berputar
          Melompat dan meloncat satu kaki
          Lompat tali

      3. PENILAIAN

          Teknik / Tes
          Pemberian tugas (kelompok)
          Bentuk Instrumen
          Tes / praktik

      4. CONTOH INSTRUMEN

          Lakukan jalan menyilang dengan benar.
          Lakukan berjalan sambil jinjit silang
          Praktikkan permainan menghindar bencana
          Lakukanlah permainan di taman harta karun
          Lakukanlah secara beregu permainan titik sasaran
          Lakukanlah loncat – loncat dan berputar 180 derajat
          Lakukanlah Melompat dan meloncat dengan satu kaki bergantian dengan benar.
          Lakukanlah Permainan lompat tali dengan benar.

      5. SUMBER BELAJAR

          Buku Penjasorkes kls.3 Penerbit Erlangga Halaman: 46
          Buku Penjasorkes kls.3 Penerbit Erlangga Halaman: 47



    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

RPP PENJASKES Kls. I SD/MI


RPP PENJASKES Kls. I SD/MI
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SD / MI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PENJASKES)
Kelas / Semester: 1 (satu)/ I (satu)
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit ( x pertemuan )

  1. Standar Kompetensi
    1.Mempraktikkan gerak dasar ke dalam permainan sederhanan / aktivitas jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya
  2. Kompetensi Dasar
    1.1.Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana,serta
    nilai sportivitas, kejujuran, toleransi dan percaya diri.
  3. Indikator

    1. Gerak dasar berjalan berjalan ke depan dengan langkah pendek berjalan dengan langkah panjang lomba balap sendok
    2. Gerak dasar lari lari ke depan lari ke belakang bermain kejar – kejaran.
    3. Gerak dasar lompat dan loncat.melompat ke depan loncat – loncat lompat ke samping dan berputar lompat ke samping lomba melompat dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.




  1. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat berjalan berbagai variasi yang dikemas dalam bentuk permainan atau modufikasi.
  2. Materi Pembelajaran

    1. Berjalan
    2. Berlari
    3. Melompat

  3. Metode Pembelajaran

    1. Ceramah
    2. Demontrasi
    3. Penugasan
    4. Latihan tanya jawab

  4. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

    1. Pertemuan pertama

      1. Pendahuluan
        Menyiapkan lapangan, berbaris, berdo’a, presensi, apersepsi dan pemanasan dengan permainan menjala ikan.
      2. Inti ;
        Gerak dasar berjalan
        Berjalan ke depan dengan langkah pendek
        Berjalan dengan langkah panjang
        Lomba balap sendok
      3. Penutup
        Pendinginan dengan bernyanyi, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.


    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PENJASKES)
Kelas / Semester: 1(satu) / 2 (dua)
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit ( 2 x pertemuan )

  1. Standar Kompetensi
    6. Mempraktikkan latihan dasar ke dalam aktivitas Jasmani dan nilai yang terkandung di dalamnya.
  2. Kompetensi Dasar
    6.3 Mempraktikkan gerak dasar menangkap obyek berbagai ukuran dalam permainan sederhana, dan kerjasama, toleransi, kejujuran dan tanggung jawab.
  3. Indikator

    1. Melakukan gerakan :
    2. Lempar dan menangkap balon
    3. Lempar bola besar dari plistik
    4. Lempar tangkap bola dari bawah
    5. Lempar tangkap bola dari atas
    6. Dengan berbagai variasi arah dan gerak serta melakukan gerakan secara individu, berpasangan maupun beregu.


    1. Tujuan Pembelajaran
      Siswa dapat menangkap bola / benda lain dari berbagai ukuran dengan berbagai fariasi arah dan gerak serta melakukan gerakan individu, berpasangan maupun beregu, sedangkan alat bisa disesuaikan.
    2. Materi Pembelajaran
      Menangkap obyek / benda ringan dari beberapa ukuran
    3. Metode Pembelajaran

      1. Ceramah
      2. Demontrasi
      3. Penugasan

    4. Langkah – langkah kegiatan pembelajaran

      1. Pertemuan Pertama

        1. Pendahuluan
          Berbaris
          Berdo’a
          Presensi
          Apersepsi
          Pemanasan
        2. Inti ;
          Melakukan gerakan :
          Lempar dan menangkap balon
          Lempar bola besar dari plistik
        3. Penutup
          pendinginan, berbaris, tugas – tugas, evaluasi proses pembelajaran, berdo’a dan bubar.



    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

Sabtu, Juli 25, 2009

SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. VI SD/MI


SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. VI SD/MI
I. SILABUS SEMESTER I
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : VI (enam)
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran

  1. Standar Kompetensi

    1. Menyimak (ngaregepkeun)
      Mampu menyimak, memahami, serta menanggapi berbagai jenis wacana lisan
      tentang berita radio/televisi, cerita rakyat, dan nasihat.
    2. Berbicara (Nyarita)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, serta keinginan secara lisan dalam menceritakan hasil pengamatan, membahas isi buku, mengkritik sesuatu disertai alasan, biantara (pidato), berdiskusi, memerankan drama anak-anak

  2. Kompetensi Dasar

    1. Menyimak Nasihat
    2. Menceritakan hasil pengamatan




  1. Materi Pokok

    1. Nasihat
    2. Hasil Pengamatan(Nitenan)

  2. Pengalaman Belajar

    1. Murid menyimak wacana ”Piwuruk Ibu Hani” dengan sikap yang baik.
    2. Murid menceritakan kembali isi cerita nasihat ”Piwuruk Ibu Hani”.
    3. Murid menyimpulkan isi nasihat.
    4. Murid menanggapi berbagai aspek nasihat
    5. Murid menentukan kalimat nasihat (piwuruk)
    6. Murid mendeskripsikan kembali aspek- aspek nasihat.
    7. Murid menyimak dengan sikap yang baik wacana hasil pengamatan ”Kaayaan SD Sukasari I”.
    8. Murid menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
    9. Murid menjawab pertanyaan dari wacana ”Kaayaan SD Sukasari I”.
    10. Murid menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif

  3. Indikator

    1. Dapat menyimak wacana ”Piwuruk Ibu Hani” dengan sikap yang baik.
    2. Dapat menceritakan kembali isi cerita nasihat ”Piwuruk Ibu Hani”.
    3. Dapat menyimpulkan isi nasihat.
    4. Dapat menanggapi berbagai aspek nasihat.
    5. Dapat menentukan kalimat nasihat (piwuruk)
    6. Dapat mendeskripsikan kembali aspek-aspek nasihat.Dapat menyimak dengan sikap baik wacana hasil pengamatan ”Kaayaan SD Sukari I”.
    7. Dapat menjelaskan pokok-pokok hal yang diamati
    8. Dapat menjawab pertanyaan dari wacana ”Kaayaan SD Sukasari I”.
      D
    9. apat menjelaskan secara rinci hasil pengamatan dengan bahasa yang runtut dan komunikatif.

  4. Jenis Penilaian

    1. Responsi
    2. Pertanyaan lisan/ tulisan
    3. Ulangan Harian

  5. Sumber Belajar

    1. Buku Paket Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 6
    2. Kamus Umum Basa Sunda
    3. Contoh kalimat-kalimat yang berisi nasihat

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. SILABUS SEMESTER II
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : VI (enam)
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran

  1. Standar Kompetensi

    1. Menulis (Nulis)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, serta keinginan secara tertulis dalam mengisi formulir, menulis kejadian, melengkapi karangan, menulis pidato,menulis berita,
      dan menulis riwayat hidup.
    2. Berbicara (Nyarita)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, serta keinginan secara lisan dalam menceritakan hasil pengamatan, membahas isi buku, mengkritik sesuatu disertai alasan, biantara (pidato), berdiskusi, memerankan drama anak-anak.

  2. Kompetensi Dasar

    1. Menulis pidato (biantara).
    2. Mengisi isian/ formulir
    3. Memerankan drama anak-anak.

  3. Materi Pokok

    1. Pidato
    2. Formulir/Isian
    3. Drama anak

  4. Pengalaman Belajar

    1. Murid menyebutkan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dalam biantara.
    2. Murid menjawab pertanyaan dari isi
    3. Murid menyusun pokok-pokok pikiran dalam pidato (pembuka, isi, dan penutup).
    4. Murid menulis pidato pendek dengan bahasa yang santun
    5. Murid menyebutkan petunjuk pengisian formulir tanpa bantuan.
    6. Murid mengisi formulir dengan benar.
    7. Siswa menghafalkan dialog drama anak-anak.
    8. Siswa bermain peran drama anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi gerak-gerik dan mimik yang sesuai dengan karakter tokoh.
    9. Dapat menjawab pertanyaan dari drama tang diragakan

  5. Indikator

    1. Dapat menyebutkan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dalam biantara.
    2. Dapat menjawab perta- nyaan dari isi drama
    3. Dapat menyusun pokok-pokok pikiran dalam pidato (pembuka, isi, dan penutup).
    4. Dapat menulis pidato pendek dengan bahasa yang santun.
    5. Dapat menyebutkan petunjuk pengisian formulir tanpa bantuan.
    6. Dapat mengisi formulir dengan benar.
    7. Dapat menghafalkan dialog drama anak-anak.
    8. Dapat bermain peran drama anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi gerak-gerik dan mimik yang sesuai dengan karakter tokoh.
    9. Dapat menjawab pertanyaan dari drama yang diragakan

  6. Jenis Penilaian

    1. Responsi(praktik)
    2. Pertanyaan lisan/tulisan
    3. Ulangan Harian

  7. Sumber Belajar

    1. Buku Paket Pangrumat Basa Sunda SD Kelas 6
    2. Kamus Umum Basa Sunda
    3. Contoh teks pidato

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. V SD/MI


SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. V SD/MI
I. SILABUS SEMESTER I
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : V (lima)
Alokasi Waktu : jam pelajaran

  1. Standar Kompetensi
    Menyimak (ngaregepkeun)
    Mampu menyinak, memahami dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan yang berupa penjelasan dari nara sumber, pesan melalui telepon dan pembacaan cerita pendek
  2. Kompetensi Dasar

    1. Menyimak penjelasan dari Narasumber
    2. Materi Pokok
    3. Penjelasan narasumber
    4. Pengalaman Belajar
    5. Murid mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”
    6. Murid mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan dengan narasumber ”Usaha Kantong”.
    7. Murid menanggapi isi penjelasan dari narasumber ”Usaha Kantong”.




  1. Indikator

    1. Dapat mencatat pokok-pokok pembicaraan dari narasumber “Usaha Kantong”.
    2. Dapat mengajukan pertanyaan sesuai dengan pokok-pokok pembicaraan dengan nara sumber ”Usaha Kantong”.
    3. Dapat menanggapi isi penjelasan dari narasumber ”Usaha Kantong”.

  2. Jenis Penilaian

    1. Responsi (praktik)
    2. Pertanyaan lisan/ tulian
    3. Ulangan Harian
    4. Tugas individu/ Kelompok

  3. Sumber Belajar

    1. Buku Paket
    2. Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 5

  4. Kamus Umum

    1. Basa Sunda
    2. Contoh teks
    3. Wawancara

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

II. SILABUS SEMESTER II
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : V (lima)
Alokasi Waktu : jam pelajaran

  1. Standar Kompetensi

    1. Menulis (Nulis)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam menulis cerita, menyusun pragraf, menulis surat, meringkas bacaan menulis deskripsi
      dan menulis eksposisi
    2. Membaca (Maca)
      Mampu membaca memahami dan menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana
      tulis (teks) dengan membaca intensif, membacakan puisi dan membacakan dongeng



  1. Kompetensi Dasar

    1. Menulis surat
    2. Membacakan puisi pilihan sendiri
    3. Membacakan Dongeng

  2. Materi Pokok

    1. Surat pribadi
    2. Puisi
    3. Dongeng

  3. Pengalaman Belajar

    1. Murid menyebutkan bagian-bagian surat.
    2. Murid menyebutkan pokok-pokok isi surat.
    3. Murid menyampaikan informasi untuk orang lain dalam bentuk surat dengan memperhatikan tatacara penulisan surat konteks, dan sopan santun berbahasa.
    4. Murid mengidentifikasi dan membedakan isi setiap teks.
    5. Murid memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.pembacaan
      ”Dongeng Sakadang Bango jeung Ajag.”
    6. Murid menyimak
    7. Murid menceritakan kembali isi ”Dongeng Bango jeung Ajag”
    8. Murid menyimpulkan hasil dari menyimak dongengnya.
    9. Murid memberikan tanggapan pada dongeng yang disimaknya

  4. Indikator

    1. Dapat menyebutkan bagian-bagian surat.
    2. Dapat menyebutkan pokok-pokok isi surat.
    3. Dapat menyampaikan informasi untuk orang lain dalam bentuk surat dengan memperhatikan tatacara penulisan surat konteks, dan sopan santun berbahasa.
    4. Dapat mengidentifikasi dan membedakan isi setiap teks
    5. Dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang isi teks.
    6. Dapat menyimak pembacaan ”Dongeng Sakadang Bango jeung Ajag.”
    7. Dapat menceritakan kembali isi ”Dongeng Bango jeung Ajag”
    8. Dapat menyimpulkan hasil dari menyimak dongengnya.
    9. Dapat memberikan tanggapan pada dongeng yang disimaknya

  5. Jenis Penilaian

    1. Responsi (praktik)
    2. Pertanyaan lisan/ tulian
    3. Ulangan Harian
    4. Tugas individu/ kelompok
    5. Responsi (praktik)
    6. Pertanyaan lisan/tulian
    7. Ulangan Harian
    8. Tugas individu/kelompok

  6. Sumber Belajar

    1. Buku Paket
    2. Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 5

  7. Kamus Umum

    1. Basa Sunda
    2. Contoh surat

    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk DOC

SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. IV SD/MI


SILABUS BAHASA DAN SASTRA SUNDA Kls. IV SD/MI
NAMA SEKOLAH : SD (Sekolah Dasar)
MATA PELAJARAN : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas : IV (empat)
Semester : 1- 2 (satu – dua)
Alokasi Waktu : Jam Pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
    Mampu menyimak, memahami, dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan berupa carita pondok, guguritan, dan pengumuman (bewara).
  2. KOMPETENSI DASAR
    1. Menyimak (Ngaregepkeun)
    4.1.1 Menyimak carita pondok
    4.1.2 Menyimak pembacaan puisi guguritan
    4.1.3 Menyimak pengumuman (wawaran)
  1. INDIKATOR
    1. Dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas pemahaman.
    2. Dapat menceritakan hal-hal yang menarik dari cerita.
    3. Dapat menanggapi cerita teman dengan bertanya.
    4. Dapat menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
    5. Dapat menyimak dengan sikap yang baik.
    6. Dapat menceritakan isi guguritan dengan parafrase.
    7. Dapat menanggapi isi guguritan.
    8. Dapat menembangkan guguritan.
    9. Dapat menyimak dengan sikap yang baik.
    10. Dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas isi bewara.
    11. Dapat menceritakan hal-hal yang menarik dari bewara.
    12. Dapat menanggapi isi bewara dengan bertanya kepada teman.
    13. Dapat menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
  2. MATERI POKOK
    1. Carita pondok.
    2. Guguritan – pupuh sederhana
    3. Wawaran
  3. PENGALAMAN BELAJAR
    1. Murid mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas pemahaman.
    2. Murid menceritakan hal-hal yang menarik dari cerita.
    3. Murid menanggapi cerita teman dengan bertanya.
    4. Murid menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
    5. Murid menyimak dengan sikap yang baik.
    6. Murid menceritakan isi guguritan dengan parafrase.
    7. Murid menanggapi isi guguritan.
    8. Murid menembangkan guguritan.
    9. Murid menyimak dengan sikap yang baik.
    10. Murid mengajukan dan menjawab pertanyaan untuk memperjelas isi bewara.
    11. Murid menceritakan hal-hal yang menarik dari bewara.
    12. Murid menanggapi isi bewara dengan bertanya kepada teman.
    13. Murid menghubungkan pengalaman sendiri dengan memperhatikan penggunaan kalimat dan pilihan kata.
  4. JENIS PENILAIAN
    1. Responsi
    2. Pertanyaan lisan
    3. Ulangan Harian
  5. SUMBER BELAJAR
    1. Pangrumat Basa Sunda,Tim Karya Guru.Jakarta: Erlangga
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

SILABUS BAHASA SUNDA Kls. III SD/MI


SILABUS BAHASA SUNDA Kls. III SD/MI
SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA
SILABUS 1
SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
KELAS : III (tiga)
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
  1. STANDAR KOMPETENSI
    1. 3.1 Membaca (Maca)
      Mampu membaca, memahami serta menanggapi berbagai bentuk dan jenis wacana tulis (teks) dengan membaca nyaring, membaca puisi.
    2. 3.2 Menulis(Nulis)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dengan menulis kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat luas, dan
      menulis paragraf dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca
    3. 3.3 Berbicara (Nyarita)
      Mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan dalam menyapa, menceritakan gambar berseri, bercakap-cakap (guneman) dan meyakinkan teman.
    4. 3.4 Menyimak (Ngaregepkeun)
      Mampu menyimak, memahami, serta menanggapi, beragai jenis wacana lisan tentang bahasan kesehatan dan kebersihan,cerita binatang (dongeng sato)dan kakawihan
  1. KOMPETENSI DASAR
    1. Membaca dalam hati (intensif)
    2. Menulis kalimat tanya (kalimah parentah)
    3. Menceritakan gambar berseri
    4. Menyimak kakawihan dinyanyikan
  2. MATERI POKOK
  3. Bahasan kesehatan dan makanan
  4. Kalimat perintah
  5. Gambar berseri
  6. Kakawihan


  • PENGALAMAN BELAJAR
    1. Murid menyimak dengan sikap baik.
    2. Murid menyebutkan bermacam-macam penyakit yang disebabkan oleh salah makan.
    3. Murid menyebutkan jenis-jenis makanan sehat dan bergizi.
    4. Murid menyimpulkan isi bahasan “Lembur Kuring”.
    5. Murid menanggapi isi bahasan “Lembur Kuring”.
    6. Murid menulis kalimat dengan kata tanya sebab.
    7. Murid menulis bermacam-macam kalimat dengan kata tanya yang menayakan waktu.
    8. Murid menulis bermacam-macam kalimat dengan kata tanya yang menanyakan tempat.
    9. Murid menyusun gambar seri secara berurutan.
    10. Murid menerangkan gambar satu per satu.
    11. Murid menerangkan isi gambar seri seutuhnya.
  • INDIKATOR
    1. Dapat menyimak dengan sikap baik.
    2. Dapat menyebutkan bermacam-macam penyakit yang disebabkan oleh salah makan.
    3. Dapat menyebutkan jenis-jenis makanan sehat dan bergizi.
    4. Dapat menyimpulkan isi bahasan “Lembur Kuring”.
    5. Dapat menanggapi isi bahasan “Lembur Kuring”.
    6. Murid menulis kalimat dengan kata tanya sebab.
    7. Murid menulis bermacam-macam kalimat dengan kata tanya yang menayakan waktu.
    8. Murid menulis bermacam-macam kalimat dengan kata tanya yang menanyakan tempat.
    9. Dapat menyusun gambar seri secara berurutan.
    10. Dapat menerangkan gambar satu per satu.
    11. Dapat menerangkan isi gambar seri seutuhnya.
  • JENIS PENILAIAN
    1. Responsi
    2. Pertanyaan lisan/ tulisan
    3. Ulangan Harian
  • SUMBER BELAJAR
    1. Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 3
    2. Kamus Umum Basa Sunda
    3. Wacana
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
  • SILABUS BAHASA SUNDA Kls. II SD/MI


    SILABUS BAHASA SUNDA Kls. II SD/MI
    SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA
    SILABUS 1
    SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
    KELAS : II (dua)
    Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran
    1. STANDAR KOMPETENSI
      1. 2.1 Menyimak (Ngaregepkeun)
        Mampu menyimak, menyebutkan, dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan tentang tata tertib belajar, cara hidup sehat, dongeng serta kakawihan.
      2. 2.2 Berbicara (Nyarita)
        Mampu mengungkap- kan pikiran, perasaan dan keinginan secara lisan tentang bertamu ke rumah teman, mengajak teman, berjanji dengan teman, memperkenalkan orang lain, serta mengundang teman.
      3. 2.4 Menulis (Nulis)
        Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis ke dalam berbagai bentuk dan jenis karangan (tulisan) dengan menulis kalimat berhuruf kapital (akasara gede), wacana pendek, kalimat sederhana dan menyempurnakan kalimat dengan menggunakan tanda koma dan tanda titik.
    2. KOMPETENSI DASAR
      1. 2.1.1 Menyimak tata cara atau tata tertib belajar
      2. 2.2.4 Memperkenalkan teman
      3. 2.4.1 Menulis kalimat berhuruf kapital (besar)
    1. MATERI POKOK
      1. Tata tertib belajar
      2. Kalimat
      3. Perkenalan
      4. Huruf capital
    2. PENGALAMAN BELAJAR
      1. Murid menyebutkan tata cara atau tata tertib belajar di sekolah.
      2. Murid memberi contoh tata cara atau tata tertib belajar di rumah Murid menanggapi manfaat tata cara atau tata tertib belajar di sekolah dan di rumah.
      3. Dapat menyebutkan identitas teman baru.
      4. Dapat menyebutkan nama saudara dan orang tua serta pekerjaannya teman baru.
      5. Dapat menyebutkan alamat teman baru dengan jelas.
      6. Dapat memperkenalkan teman dengan kalimat
      7. Dapat menguasai pasangan huruf biasa (kecil) dengan huruf kapital dalam bentuk huruf tegak bersambung (aksara tulis).
      8. Dapat menulis/menyalin kalimat berhuruf kapital dengan bentuk huruf tegak bersambung.
      9. Dapat memperbaiki salah tulis.
    3. INDIKATOR
      1. Dapat menyebutkan tata cara atau tata tertib belajar di sekolah.
      2. Dapat memberi contoh tata cara atau tata tertib belajar di rumah
      3. Dapat menanggapi manfaat tata cara atau tata tertib belajar di sekolah dan di rumah
      4. Dapat menyebutkan identitas teman baru
      5. Dapat menyebutkan nama saudara dan orang tua serta pekerjaannya teman baru.
      6. Dapat menyebutkan alamat teman baru dengan jelas.
      7. Dapat memperkenalkan teman dengan kalimat
      8. Dapat menguasai pasangan huruf biasa (kecil) dengan huruf kapital dalam bentuk huruf tegak bersambung (aksara tulis). salah tulis.
      9. Dapat memperbaiki
      10. Dapat menulis/menyalin kalimat berhuruf kapital dengan bentuk huruf tegak bersambung.
    4. JENIS PENILAIAN
      1. Responsi
      2. Pertanyaan lisan/ tulisan
      3. Ulangan Harian
    5. SUMBER BELAJAR
      1. Pangrumat Basa Sunda pikeun Murid SD Kelas 2
      2. Kamus Umum Basa Sunda
      3. Tata tertib
      4. Contoh kalimat perkenalan
      5. Contoh kalimat yang berhuruf kapital atau yang tidak menggunakan huruf capital
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    SILABUS BAHASA SUNDA Kls. I SD/MI

    SILABUS BAHASA SUNDA Kls. I SD/MI

    SILABUS PANGRUMAT BASA SUNDA
    SILABUS 1
    SATUAN PENDIDIKAN : SD (sekolah Dasar)
    KELAS : 1 (satu)
    Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
    1. STANDAR KOMPETENSI
      1. 1. Menyimak (Ngaregepkeun)
        1.1 Mampu menyimak (ngaregepkeun, memahami, serta menanggapi berbagai jenis bunyi bahasa (sora basa), dongeng dan perintah (parentah) sederhana.
      2. 4. Menulis (Nulis)
        1.4 Mampu menulis, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis tulisan huruf lepas, suku kata (engang), dan kalimat sederhana
    2. KOMPETENSI DASAR
      1. 1.1.3 Menyimak dan menanggapi dengan perbuatan
      2. 1.4.1 Menulis atau menyalin huruf lepas
    1. MATERI POKOK
      1. Memahami gambar
      2. Nulis hurup (aksara)
    2. PENGALAMAN BELAJAR
      1. Murid menyimak wacana “Diri Sorangan” dengan sikap yang baik
      2. Murid menyebutkan kegiatan yang dilakukan seseorang di dalam gambar-gambar
      3. Murid menunjukkan nama-nama bagian tubuh manusia
      4. Murid menyebutkan fungsi nama-nama bagian tubuh manusia yang terdapat di dalam gambar
      5. Murid dapat menyebutkan cara membaca yang benar yang terdapat di dalam gambarMurid meragakan cara memegang pensil yang benar sewaktu menulis
      6. Murid menyalin huruf-huruf a, i, u, é, e, o dan eu 
    3. INDIKATOR
      1. Dapat menyimak wacana “Diri Sorangan” dengan sikap yang baik
      2. Dapat menyebutkan kegiatan yang terdapat dalam gambar
      3. Dapat menunjukkan gambar nama-nama bagian tubuh
      4. Dapat menyebutkan kegunaan nama-nama bagian tubuh
      5. Dapat menyebutkan gambar cara membaca yang baik
      6. Dapat meragakan cara memegang pensil yang benar sewaktu menulis
      7. Dapat menulis huruf-huruf a, i, u, é, e, o dan eu
    4. JENIS PENILAIAN
      1. Pertanyaan lisan
      2. Ulangan harian
      3. Praktik menulis
    5. SUMBER BELAJAR
      1. Buku Paket Pangrumat Basa Sunda Pikeun Murid SD Kelas 1 
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    Jumat, Juli 24, 2009

    SILABUS BAHASA JAWA Kls. VI SD/MI


    SILABUS BAHASA JAWA Kls. VI SD/MI
    MATA PELAJARAN : BAHASA JAWA
    SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
    KELAS : VI (ENAM)
    WAKTU : 8 jam pelajaran
    1. STANDAR KOMPETENSI 
      1. Mendengarkan
        Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana,cakapan,dongeng/geguritan/tembang dalam berbagai ragam bahasa.
      2. Berbicara
        Mampu mengungkapkan pikiran pendapat gagasan dan perasaan secara lisan dengan memperhataikan berbagai ragam bahasa dan unggah ungguh basa yang sesuai.
      3. Membaca
        Mampu membaca dan memahami berbaagai ragam teks bacaan dengan menggunakan teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, dan membaca huruf Jawa.
      4. Menulis
        Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan kaidah penulisan dan unggah-ungguh yang sesuai.
      5. Apresiasi Sastra
        Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
    PELAJARAN
    1. LINGKUNGAN
    1. KOMPETENSI DASAR
      1. Mendengarkan/Nyemak
      2. Mendengarkan dan memahami percakapan tentang kegiatan di lingkungan keluarga
      3. Berbicara/Micara
      4. Mementaskan drama pendek atau bagian drama yag sesuai untuk anak
      5. Membaca/Maca
      6. Membaca huruf jawa
      7. Menulis/Nulis
      8. Meringkas bacaan
      9. Apresiasi Sastra
      10. Mengapresiasi tembang macapat atau geguritan
      1. INDIKATOR
        1. Mengungkapkan isi percakapan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa (basa ngoko, basa krama)
        2. Memerankan tokoh dalam naskah drama
        3. Menceritakan isi naskah
        4. Membaca lancar huruf Jawa dengan lafal dan intonasi yang tepat
        5. Mencatat pokok pokok isi bacaan
        6. Menyanyikan tembang macapat
        7. Menceritakan dan menuliskan isi tembang macapat
      2. PENGALAMAN BELAJAR
        1. Siswa mendengarkan percakapan “Kerjabakti” yang dibacakan guru
        2. Siswa mengungkapkan isi percakapan dengan bahasa ngoko dan krama
        3. Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
        4. Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama
        5. Secara kelompok, siswa menceritakan isi drama
        6. Antar kelompok, saling memberi masukan terhadap pementasan drama
        7. Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
        8. Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf Jawa
        9. Secara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru
        10. Siswa mencermati teks” Lakon Arya Penangsang”
        11. Siswa menuliskan kata-kata sukar yang tidak diketahui
        12. Siswa berdiskusi mengartikan kata-kata sukar bergantian
        13. Siswa mencatat pokok-pokok isi bacaan
        14. Siswa berlatih meringkas bacaan “Lakok Arya Penangsang” dengan bahasa sehari-hari
        15. Siswa mencermat tembang macapat “Durma” dengan bimbingan guru
        16. Siswa berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
        17. Siswa terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma
        18. Siswa menceritakan isi tembang macapat “Durma” dengan bahasa sehari-hari
      3. MATERI,SUMBER,MEDIA
        1. Teks percakapan
        2. Buku Remen Basa Jawa hal 1-3
        3. Buku Teks drama
        4. Buku Remen Basa Jawa hal 3-5
        5. Buku Huruf Jawa
        6. Buku Remen Basa Jawa hal 5-6
        7. Buku, kartu huruf Teks Cerita
        8. Buku Remen Basa Jawa hal 6-7
        9. Buku, chart Tembang macapat
        10. Buku Remen Basa Jawa hal 8-9
        11. Buku, chart
      4. PENILAIAN
        1. Tes tertulis
        2. Tes perbuatan
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    SILABUS BAHASA JAWA Kls. V SD/MI


    SILABUS BAHASA JAWA Kls. V SD/MI
    SILABUS BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR
    Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
    Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
    Kelas : V (Lima)
    Alokasi waktu : 4 Minggu(8 Jam)
    1. STANDAR KOMPETENSI
      1. 1. Mendengarkan
        Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegembiraan.
      2. 2. Berbicara
        Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan ragam bahasa tertentu.
      3. 3. Membaca
        Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah, membaca huruf jawa.
      4. 4. Menulis
        Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah bahasa
      5. 5. Apresiasi sastra
        Mampu mengapresiasi susastra jawa
    WULANGAN
    TEMA
    RASA SENANG
    1. KOMPETENSI DASAR
      1. Mendengarkan ungkapan teman tentang suatu peristiwa
      2. Menanggapi persoalan faktual
      3. Membaca bersuara
      4. Menulis laporan hasil pelaksanaan tugas tertentu (eksposisi)
      5. Mengapresiasi tembang Macapat 
    2. INDIKATOR
      1. Mengungkapkan kembali cerita atau ungkapan teman dalam ragam bahasa tertentu
      2. Menyampaikan pertanyaan / tanggapan
      3. Mengidentifikasi pokok persoalan yang dikemukakan teman
      4. Mengajukan pertanyaan sesuai topik
      5. Membaca bersuara dengan menggunakan lafal dan intonasi yang tepatmenyimpulkan isi bacaan
      6. Menulis laporan pengamatan
      7. Menembangkan tembang Macapat
      1. PENGALAMAN BELAJAR
        1. Mendengarkan cerita teman tentang suatu peristiwa
        2. Menceritakan kembali cerita yang didengar dalam ragam bahasa yang digunakan
        3. Memberi tanggapan tentang cerita yang didengarnya
        4. Meringkas cerita yang didengarnya dalam bentuk tulis.
        5. Mendengarkan teman yang mengungkapkan persoalan factual
        6. Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman
        7. Menanggapi beberapa pokok persoalan yang dikemukakan teman
        8. Membaca teks pidato dengan menggunakan lafal dan intonasi yang benar
        9. Menilai teman dalam membacakan teks pidato
        10. Menulis pidato dalam bentuk sederhana
        11. Menunjukkan beberapa contoh laporan yang sudah dipahami
        12. Mengamati sesuatu yang akan dibuat untuk laporan
        13. Merevisi laporan berdasarkan masukan, saran, dan kritik teman dan guru.
        14. Menembangkan tembang Macapat yang sudah di dihafalkannya
        15. Menembangkan tembang Macapat bersama-sama dengan bimbingan guru
      2. MATERI POKOK
        1. Teks ungkapan / cerita teman tentang suatu peristiwa
        2. Berita faktual
        3. Teks bacaan / pidato
        4. Laporan
        5. Tembang Macapat
      3. PENILAIAN
        1. Alternatrif penilaian:
          - Tertulis
          - Performa
          - Kinerja
          - Portofolio
          - Produk/ Hasil
      4. SARANA DAN SUMBER BELAJAR
        1. Buku Remen Basa
        2. Penerbit : Erlangga
        3. Teks cerita dari Majalah anak-anak
        4. Buku Cerita anak
        5. Buku cerita wayang
        6. Kaset (tape rekorder)
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    SILABUS BAHASA JAWA Kls. IV SD/MI


    SILABUS BAHASA JAWA Kls. IV SD/MI
    MATA PELAJARAN BAHASA JAWA
    SATUAN PENDIDIKAN : SD (Sekolah Dasar)
    KELAS : IV (empat)
    WAKTU : 8 jam pelajaran
    1. STANDAR KOMPETENSI DASAR 
      1. Mendengarkan
        Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan dalam berbagai ragam bahasa ( ngoko, krama, dialek)
      2. Berbicara
        Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan dan dapat mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan
      3. Membaca
        Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca bersuara, membaca cepat, membaca indah, dan membaca huruf Jawa
      4. Menulis
        Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa
        Mampu mengapresiasi susastra Jawa (Apresiasi Sastra) 
    PELAJARAN
    KEGIATAN SEKOLAH
    1. KOMPETENSI DASAR
      1. Mendengarkan/Nyemak
      2. Mendengarkan cerita tentang tokoh-tokoh wayang
      3. Berbicara/Micara
      4. Mengajukan dan menjawab pertanyaan
      5. Membaca/Maca
      6. Membaca pemahaman membaca huruf jawa
      7. Menulis/Nulis
      8. Menulis dialog/percakapan
      9. Apresiasi Sastra
      10. Mengapresiasi tembang macapat 
    2. INDIKATOR
      1. Menceritakan sifat-sifat tokoh sastria dalam wayang
      2. Mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan konteks bacaan secara lisan
      3. Menjawab pertanyaan bacaan
      4. Membaca huruf jawa dengan menggunakan sandhangan sederhana
      5. Melengkapi percakapan yang belum selesai sesuai dengan isinya
      6. Menyimpulakan isi tembang
      7. Menembangkan tembang macapat
    3. PENGALAMAN BELAJAR
      1. Siswa mendengarkan cerita pewayangan “Raden Werkudara” yang dibacakan guru
      2. Siswa menyebutkan sifat-sifat dalam tokoh bacaan tersebut
      3. Siswa membentuk kelompok sesuai dengan naskah drama
      4. Siswa berlatih memerankan tokoh dalam naskah drama antar kelompok, siswa mengajukan pertanyaan dan saling menjawab
      5. Siswa berlatih membaca huruf jawa dengan bimbingan guru
      6. Siswa terlibat aktif dalam diskusi tentang cara membaca huruf JawaSecara berpasangan, siswa berlatih membaca huruf Jawa. Jika ada hal-hal yang belum jelas, dikomunikasikan dengan guru
      7. Siswa membentuk dalam kelompok dan setiap kelompok berdiskusi menyelesaikan teks drama
      8. Siswa mennyimpulkan isinya dengan bimbingan guru.
      9. Siswa mencermati tembang macapat “Murid Tumemen” dengan bimbingan guru
      10. Siswa berlatih menyanyikan tembang macapat dengan bimbingan guru
      11. Siswa terlibat aktif dalam diskusi yang membahas isi tembang macapat Durma
    4. MATERI, SUMBER, MEDIA
      1. Teks cerita
      2. Buku Remen Basa Jawa hal 2-3
      3. Buku Teks drama
      4. Buku Remen Basa Jawa hal 3-4
      5. Buku huruf Jawa
      6. Buku Remen Basa Jawa hal 5-7
      7. Buku, kartu huruf Teks percakapan
      8. Buku Remen Basa Jawa hal 7-9
      9. Buku Tembang macapat
      10. Buku Remen Basa Jawa hal 9-11
      11. Buku, chart
    5. PENILAIAN
      1. Tes tertulis
      2. Tes perbuatan
      3. Tes Gladhi Kompetensi hal 11-14
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    SILABUS BAHASA JAWA Kls. III SD/MI


    SILABUS BAHASA JAWA Kls. III SD/MI
    SILABUS BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR
    Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar (SD)
    Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
    Kelas : III (Tiga)
    1. Standar Kompetensi:
      1. 1. Mendengarkan
        Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan melalui mendengarkan cerita teman, cerita rakyat, cerita wayang, drama, dan ungkapan teman tentang kegemaran.
      2. 2. Berbicara
        Mampu memahami cerita, puisi dan drama serta dapat memberikan kesan mengemukakan perasaan dan gagasan untuk berbagai keperluan dalam berbagai situasi
        dengan tata cara yang sopan dan santun secara lisan.
      3. 3. Membaca
        Mampu membaca dan memahami berbagai ragam teks bacaan dengan teknik membaca bersuara, membaca indah, membaca cepat, dan membaca huruf Jawa.
      4. 4. Menulis
        Mampu menulis karangan dengan pikiran sendiri dalam berbagai ragam bahasa dan jenis karangan sesuai kaidah bahasa.
      5. 5. Apresiasi sastra
        Mampu mengapresiasi Susastra Jawa: cerita rakyat, dongeng, cerita wayang, geguritan dan tembang macapat.
    1. Kompetensi Dasar
      1. Membaca bersuara
      2. Membaca huruf Jawa.
      3. Menjelaskan urutan
      4. Membuat atau melakukan sesuatu.
      5. Mendengarkan cerita teman.
      6. Menulis karangan sederhana
      7. Mengapresiasi cerita wayang
    2. Indikator
      1. Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat.
      2. Menjawab pertanyaan bacaan.
      3. Membaca huruf Jawa nglegena / tanpa sandangan.
      4. Menjelaskan cara-cara membuat mainan.
      5. Menjelaskan cara memainkan mainan.
      6. Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
      7. Mengajukan pertanyaan tentang cerita yang didengar.
      8. Menceritakan kembali cerita yang didengar dengan bahasa sendiri.
      9. Menulis kalimat sesuai dengan kaidah penulisan (kalimat tanya).
      10. Menyusun karangan berdasarkan gambar seri.
      11. Menulis cerita secara singkat dengan ragam bahasa tertentu.
      12. Menjelaskan watak tokoh.
      13. Memerankan tokoh wayang.
    3. Pengalaman Belajar
      1. Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang benar.
      2. Memperbaiki membaca dengan cara mengulang membaca atas saran guru dan teman.
      3. Mencari dan mengartikan kata-kata baru dalam teks bacaan.
      4. Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan.
      5. Membaca tulisan Jawa nglegena/tanpa sandhangan.
      6. Menyalin aksara Jawa.
      7. Berdiskusi tentang cara membuat layang-layang dan cara memainkannya.
      8. Menyebutkan tempat-tempat yang tepat untuk bermain laying-layang.
      9. Praktik membuat layang-layang berdasarkan hasil diskusi.
      10. Bercerita pengalaman waktu bermain layang-layang.
      11. Mendengarkan cerita tentang pengalaman.
      12. Menjawab pertaanyaan yang berkaitan dengan cerita yang didengarnya.
      13. Membuat/menyusun kalimat pertanyaan dengan menggunakan kata-kata tertentu.
      14. Menceritakan kembali cerita yang didengar dalam ragam bahasa yang digunakan sehari-hari.
      15. Mengidentifikasi kesalahan penulisan kalimat tanya yang disajikan guru.
      16. Mebuat kalimat tanya dari jawaban kalimat yang sudah disediakan.
      17. Mengurutkan gambar seri yang disusun secara acak.
      18. Menyusun karangan dari gambar seri yang sudah tersusun dengan menggunakan ragam bahasa sehari-hari.
      19. Membaca cerita singkat tentang tokoh wayang.
      20. Menjelaskan watak tokoh wayang sesuai dengan cerita yang dibacanya.
      21. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang dibaca.
      22. Memarnkan tokoh wayang berdasarkan deskripsi tokoh.
    4. Materi Pokok
      1. Cerita wayang / dongeng.
      2. Huruf jawa nglegena / tanpa sandhangan.
      3. Gambar tentang urutan cara membuat / menggunakan mainan / permainan.
      4. Taks cerita tentang suatu peristiwa.
      5. Gambar seri.
      6. Wayang tokoh Pandhawa
    5. Penilaian
      1. Alternatrif penilaian:
        - Tertulis
        - Performa
        - Kinerja
        - Portofolio
        - Produk/ Hasil
    6. Alokasi waktu
    7. 4 Minggu (8 Jam)

  • Sarana dan Sumber Belajar
    1. Buku Remen BasaJawa 3
    2. Penerbit : Erlangga Halaman : 1 - 12
    3. Teks cerita dari Majalah anak-anak
    4. Buku Cerita anak
    5. Buku cerita wayang
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
  • SILABUS BAHASA JAWA Kls. II SD/MI

    SILABUS BAHASA JAWA Kls. II SD/MI

    SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA JAWA
    KELAS II SD (Sekolah Dasar)
    1. Standar Kompetensi :
      1. (Mendengarkan)
        Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan pesan, ungkapan, cerita, dongeng, atau percakapan sederhana
      2. (Berbicara).
        Mampu mengungkpkan gagasan pikiran, pendapat, dan perasaan, secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan unggah-ungguh yang berlaku.
      3. (Membaca).
        Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik mambaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa wayang, dongeng, dan geguritan.
      4. (Menulis).
        Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat dan perasaan secara tertulis dalam berbagai ragam bahasa Jawa dengan ”unggah-ungguh” yang berlaku.
      5. (Apresiasi Sastra).
        Mampu mengapresiasi susastra Jawa.
    PELAJARAN 1
    KELUARGA
    1. KOMPETENSI DASAR
        Membaca bersuara
        Mendengarkan dan memahami pesan lisan yang bertema keluarga (hubungan kekerabatan)
        Mendeskrepsikan tumbuhan dan binatang di sekitarnya
        Menulis kalimat sederhana
        Mengapresiasi susastra Jawa, misalnya cerita wayang
    2. INDIKATOR
        Membaca teks pendek bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat
        Menjawab atau mengajukan pertanyaan dari teks yang dibaca
        Mencocokkan gambar yang sesuai dengan pesan yang didengar
        Memberi tanda sesuai dengan pesan pada gambar
        Menebak benda/tumbuhan yang ciri-cirinya telah disebutkan
        Menulis kalimat sederhana yang didiktekan dengan huruf sambung
        Menyebutkan nama tokoh wayang
    3. PENGALAMAN BELAJAR
        Memilih bacaan
        Memahami bacaan
        Membacakan bacaan dengan bersuara
        Membuat pertanyaan
        Menjawab pertanyaan
        Mendiskusikan jawaban
        Mendengarkan pesan
        Melakukan perintah seperti isi pesan
        Mendiskusikan hasil tindakan
        Mendengarkan deskripsi tentang suatu benda
        Menebak benda yang dideskripsikan
        Mendiskusikan jawaban
        Mendengarkan kalimat yg didiktekan guru.
        Menuliskan kalimat yang didengar.
        Mendiskusikan kelengkapan dan kebenaran tulisan.
        Melihat wayang.
        Mendengarkan cerita wayang tertentu.
        Tanya jawab tentang tokoh wayang.
        Menyebutkan nama tokoh wayang.
    4. MATERI POKOK
        Teks Bacaan
        Pesan lisan
        Deskripsi tentang benda
        tertentu.
        Kalimat dan dan bentuk tulisan.
        Wayang Punakawan 
    5. SUMBER & MEDIA
        Bk. Remen Basa Jawa Kl 2. Erlangga halm. 2
        Kartu kata (kata Tanya)
    6. ALOKASI WAKTU
        2 jam pelajaran
    7. EVALUASI
        Tes lisan
        Portofolio 
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    Kamis, Juli 23, 2009

    SILABUS BAHASA JAWA Kls. I SD/MI


    SILABUS BAHASA JAWA Kls. I SD/MI
    KELAS I SEKOLAH DASAR

    1. Standar Kompetensi :

      1. Mendengarkan
        Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan berbagai bunyi/suara dan bunyi bahasa, : pesan, ungkapan, cerita, dongeng, percakapan sederhana dan melakukan sesuatu sesuai dengan perintah.
      2. Berbicara
        Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan dan perasaan, secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
      3. Menulis
        Mampu menulis kata dengan huruf lepas dan huruf sambung.
      4. Membaca
        Mampu membaca dan memahami teks pendek dengan cara membaca lancer bersuara beberapa kalimat sederhana.).
      5. Apresiasi Sastra
        Mampu mengapresiasi susastra Jawa.)
    1. UNIT PELAJARAN
      PELAJARAN 1
      Sesrawungan
    2. KOMPETENSI DASAR
      1. Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara dan bunyi bahasa
      2. Memperkenalkan diri menggunakan kalimat sederhana
      3. Membaca bersuara/membaca nyaring
      4. Nulis kata sederhana dengan huruf lepas
      5. Mengapresiasi lagu/tembang
      6. Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara dan bunyi bahasa
      7. Menyapa dengan kalimat yang benar
      8. Membaca indah
      9. Menulis kata sederhana dengan huruf lepas
      10. Mengapresiasi cerita atau dongeng 
    3. INDIKATOR
      1. Membedakan berbagai suara tertentu
      2. Menirukan bunyi
      3. Menyebutkan data diri (nama, kelas, sekolah, dan tempat tinggal) dengan kalimat sederhana.
      4. Memperkenalkan nama orang tua dan sauadara kandung.
      5. Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata, dan kalimat sederhan
      6. Menulis kata sederhana yang sudah dikenalkan
      7. Menyanyikan lagu dolanan 
    4. PENGALAMAN BELAJAR
      1. Mendengarkan suara.
      2. Menebak suara yang didengar.
      3. Menirukan suara yang didengar..
      4. Bertanya jawab degan guru dan teman.
      5. Memperkenalkan diri di depan kelas.
      6. Menirukan guru membaca.
      7. Mengenal kata, suku kata, huruf yang dibaca.
      8. Membaca kata, suku kata, huruf.
      9. Menirukan guru membaca kata.
      10. Mengenal kata yang dibaca.
      11. Menuliskan kata yang sudah dikenal.
      12. Menirukan guru membaca teks lagu.
      13. Menirukan menyanyi.
      14. Menyanyikan tembang dolanan.
    5. MATERI POKOK
      1. Suara / bunyi tertentu
      2. Data pribadi
      3. Kalimat/kata sederhana
      4. Kalimat/kata sederhana
      5. Tembang dolanan
      6. SUMBER & MEDIA
      7. Buku Remen Basa Jawa Hal.
      8. Kaset, Keyboard
      9. Buku Remen Basa Jawa Hal.
      10. Kaset rekaman : berkenalan
      11. Buku Remen Basa Jawa Hal.
      12. Komputer, LCD, kartu huruf
      13. Buku Remen Basa Jawa Hal.
      14. Kartu huruf
      15. Buku Remen Basa Jawa Hal.
      16. Kaset tembang
    6. ALOKASI WAKTU
      1. 8 Jam Pelajaran
    7. EVALUASI
      1. Tes lisan
      2. Portofolio 
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC

    Rabu, Juli 22, 2009

    SILABUS PENJASKES Kls. III SD/MI


    SILABUS PENJASKES Kls. III SD/MI
    I. SILABUS PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
    Sekolah : SD / MI
    Kelas : 3 ( tiga )
    Mapel : Penjasorkes
    Semester: I ( satu )
    1. Standar Kompetensi
      1.Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
    2. Kompetensi Dasar
      1. 1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
      2. 1.2 Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama
      3. 1.3.Mempraktikkan kombinasi gerak dasar melempar, menangkap dan menendang dg koordinasi yang baik dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerjasama
      4. Uji Kompetensi / evaluasi SK.1
    3. Standar Kompetensi : 
      1. 2. Mempraktikkan aktivitas kebugaran jasmani secara sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
        1. 2.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot-otot bahu dan dada secara sederhana serta nilai disiplin
        2. 2.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan daya tahan secara sederhana serta nilai disiplin
      2. Uji Kompetensi / Evaluasi
    4. Standar Kompetensi
      1. 3. Mempraktikkan gerakan senam lantai, senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
      2. 3.1 Mempraktikkan keseimbangan dalam bentuk senam lantai dasar, serta nilai keselamatan, disiplin dan keberanian
      3. 3.2. Mempraktikkan gerak kombinasi senam ketangka-san dasar, serta nilai keselama-tan, disiplin dan keberanian
      4. Uji Kompetensi / Evaluasi 
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC
    II. SILABUS PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN
    Sekolah : SD / MI
    Kelas : 3 ( tiga )
    Mapel : Penjasorkes
    Semester : 2 ( dua )
    1. Standar Kompetensi
      6. Mempraktikkan berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
    2. Kompetensi Dasar
      1. 6.1 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar jalan, lari dan lompat dengan koordina-si yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, kejujur-an, tanggung jawab dan meng-hargai lawan atau diri sendiri
      2. 6.2 Mempraktikkan kombinasi gerak memutar, mene-kuk lutut, menga-yun lengan dan meliukkan badan dengan koordina-si gerak yang baik dalam per-mainan sederha-na, serta nilai kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
      3. 6.3 Mempraktikkan kombinasi gerak dasar menvoli, memantulkan, menendang, dan mengontrol bola dengan koordi-nasi yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai kerjasama, toleransi, tanggung jawab, menghargai lawan atau diri sendiri, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan dalam bermain
      4. Ui kompetensi SK. 6
    3. Standar Kompetensi
      7. Mempraktikkan latihan dasar kebugaran jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
    4. Kompetensi Dasar
      1. 7.1 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan kelentukan dan kelenturan, serta nilai disiplin dan keselamatan
      2. Uji kompetensi
      3. 7.2 Mempraktikkan berbagai bentuk latihan untuk meningkatkan koordinasi gerak dan nilai disiplin
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
      Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk DOC