KISI-KISI SOAL (UASBN) IPA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2008/2009
A.Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI
3.ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
1.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
- Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi Manusia serta upaya pelestariannya.
- Memahami saling ketergantungan antar makhluk hidup serta cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
- Memahami bagian tubuh manusia dan tumbuhan, menjelaskan fungsinya, serta
mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat. - Memahami perubahan wujud benda dan egunaan, pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari.
- Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan, manfaat dan pengaruhnya
- Memahami berbagai jenis sumber daya alam,kegunaannya, dampaknya bagi kehidupan.
- Memahami sistem tata surya.
2.KEMAMPUAN YANG DIUJI
- Menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu
- Menentukan cara menggolongkan makhluk hidup hewan/tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya
- Menentukan cara perkembangbiakan hewan/tumbuhan
- Menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan/lingkungan
- Menjelaskan tujuan pelestarian Hewan /tumbuhan langka
- Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan
lingkungannya (rantai makanan, komunitas, dan simbiosis) - Menjelaskan bentuk dan fungsi alat tubuh mahluk hidup untuk penyesuaian diri terhadap ingkungannya
- Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh manusia/ tumbuhan
- Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan
peredaran darah pada manusia - Menjelaskan fungsi organ pada manusia
- Menjelaskan manfaat zat makanan bagi kesehatan tubuh manusia
- Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia dan cara pencegahannya
- Menjelaskan berbagai jenis perubahan wujud benda
- Menjelaskan kegunaan /manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan
- Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari (pemuaian, pembakaran,pengeringan dll)
- Mengidentifikasi macam-macam perpindahan kalor
- Menjelaskan konduktor dan isolator panas
- Mengidentifikasi bentuk /perubahan/manfaat /pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari
- Menjelaskan macam-macam energi alternatif
- Menjelaskan macam-macam sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui
- Mengidentifikasi bentuk/perubahan/manfaat/perubahan gaya dalam kehidupan sehari-hari
- Menjelaskan cara-cara/manfaat penghematan energi bagi kehidupan sehari-hari
- Menjelaskan berbagai jenis/kegunaan/pelestarian sumber daya alam
- Menjelaskan berbagai macam/dampak gejala alam
- Mengidentifikasi susunan tata surya
- Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
- Menjelaskan akibat/manfaat gerakan bumi/bulan
3.INDIKATOR
- Disajikan dua gambar hewan/tumbuhan tertentu yang umum dikenal di suatu daerah, siswa dapat menentukan ciri khusus yang sama pada hewan/tumbuhan tersebut
- Disajikan nama beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
- Melalui gambar tumbuhan/hewan siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
- Siswa dapat menentukan cara perkembangbiakan yang cocok dari hewan/tumbuhan yang umum dikenal, siswa
- Siswa dapat menentukan manfaat hewan /tumbuhan tertentu yang umum dikenal bagi manusia/lingkungan
- Siswa dapat menjelaskan akibat penggunaan bahan tertentu dari hewan/tumbuhan yang berlebihan
- Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan langka di suatu daerah
- Disajikan pernyataan tentang hewan /tumbuhan untuk memperoleh kebutuhan hidup dari hewan/tumbuhan lain, siswa dapat menentukan bentuk hubungan diantara mereka (simbiosis)
- Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
- Siswa dapat menentukan hewan yng hidupnya sangat bergantung pada hewan/tumbuhan lain
- Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk / keadaan tubuh hewan atau tumbuhan tertentu bagi kelangsungan hidupnya
- Disajikan empat bentuk cakar burung (elang, bebek, ayam, kakaktua dll), siswa dapat menentukan bentuk cakar sesuai fungsinya
- Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
- Disajikan gambar alat indra, siswa dapat menentukan fungsi bagian alat indra yang ditandai
- Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan
- Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi zat yang dihasilkan pada bagian yang ditandai untuk proses pencernaan
- Siswa dapat menentukan urutan aliran peredaran darah manusia berdasarkan gambar
- Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
- Siswa dapat menjelaskan manfaat zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
- Siswa dapat menjelaskan gejala/cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
- Siswa dapat menyebutkan contoh benda yang dapat mengalami perubahan wujud tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun,menyublim)
- Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap,mengembun, menyublim)
- Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap kegiatan tersebut
- Siswa dapat menjelaskan jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan /peristiwa
- Disajikan gambar suatu alat, siswa dapat menentukan bagian alat yang termasuk konduktor/isolator
- Disajikan gambar alat/pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan/dihasilkan
- Disajikan gambar percobaan/pernyataan yang berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
- Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternative
- Disajikan macam-macam sumber energi, siswa dapat mengelompokkan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak
- Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
- Disajikan gambar salah satu pesawat sederhana, siswa dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil pada kegiatan tersebut
- Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan
- Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara/manfaat penghematan energi tertentu
- Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan
- Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam
- Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan cara melestarikan sumber daya alam tersebut
- Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan
- Menentukan urutan tata letak/ciri-ciri planet dalam tata surya
- Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
- Menentukan gambar saat terjadi gerhana matahari/bulan
- Menentukan jumlah hari berdasarkan penanggalan Masehi/Komariah
Untuk lebih memperjelas uraian di atas silahkan DOWNLOAD DISINI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar