I.SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas/Semester: XII/1
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
- Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
- Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari - Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative - Indikator
Memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
Menentukan pesan dalam cerita - Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
Siswa dapat menentukan pesan dalam cerita. - Materi Pokok
Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya
The Goose with the Golden Eggs
One day a countryman was going to the nest and found there was an egg all yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a second thought, and soon found to his delight that it was an egg of pure gold. Every morning the same thing occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich, he grew greedy and thought to get at once all the gold the goose could give. He killed the ggose and opened it: only to find nothing. - Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique - Langkah-Langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (5’)
Siswa bertanya jawab mengenai gambar dalam buku teks.
Kegiatan Inti (35’)
Buku Look Ahead 3
Kaset/CD
Tape
Script dari buku Look Ahead 3
Siswa mendengarkan teks lisan narrative secara klasikal sambil melengkapinya.
Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosa kata.
Secara berpasangan siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang teks narrative yang baru saja mereka dengarkan, termasuk menentukan pesan dalam cerita dan action verbs yang digunakan dalam teks.
Siswa mengemukakan pendapat berkaitan dengan teks tersebut. - Kegiatan Akhir (5’)
Siswa membuat kesimpulan tentang pesan dalam cerita. - Sumber/Alat/Bahan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas/Semester : XII/1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks interaksional dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas/Semester: XII/2
- Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
- Standar Kompetensi
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari. - Kompetensi Dasar
Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap. - Indikator
Merespons dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka)
Melakukan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka) - Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat merespons dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka).
Siswa dapat melakukan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka) - Materi Pokok
Pernyataan yang memuat ungkapan sikap suka dan tidak suka, misalnya:
I like people who are sociable.
I hate people who are always late. - Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique - Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Awal (5’)
Siswa bertanya jawab tentang ungkapan yang digunakan untuk menyatakan sikap suka dan tidak suka. - Kegiatan Inti (35’)
Siswa mendengarkan berbagai ungkapan untuk menyatakan sikap melalui tape secara klasikal.
Siswa mendiskusikan berbagai ungkapan yang mereka dengar.
Siswa mempelajari cara penggunaan ungkapan-ungkapan tersebut dalam cerita bergambar.
Siswa membuat daftar hal-hal yang mereka sukai atau tidak sukai dari orang yang mereka kenal.
Siswa mempraktikkan ungkapan suka dan tidak suka terhadap berbagai hal dari orang yang mereka kenal. - Kegiatan Akhir (5’)
Siswa membuat kesimpulan tentang cara menyatakan sikap suka dan tidak suka. - Sumber/Bahan/Alat
Buku Look Ahead 3
Kaset/CD
Tape
Script dari Look Ahead 3
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan ke : 35
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar