SILABUS DAN RPP KIMIA Kls. X SMA
I. SILABUS SEMESTER I DAN II
- Nama Sekolah :
- Standar Kompetensi
1.Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia - Kompetensi Dasar
1.1Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsure dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron
Alokasi Waktu :8 jam pelajaran (untuk ulangan harian 2 jam pelajaran)... lanjutan ambil dibawah - Standar Kompetensi
1.Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia - Kompetensi Dasar
1.2Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk
Alokasi Waktu :12 jam pelajaran (untuk ulangan harian 2 jam pelajaran)...lanjutan ambil dibawah - Standar Kompetensi
2.Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri) - Kompetensi Dasar
2.1Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.
2.2Membuktikan dan mengomunikasikan berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
Alokasi Waktu :16 jam pelajaran (untuk ulangan harian 2 jam pelajaran)...lanjutan ambil dibawah
Mata Pelajaran :Kimia
Kelas/Semester :X/1
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEMESTER I DAN II
- Nama Sekolah :
- Standar Kompetensi:
1.Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur,dan ikatan kimia - Kompetensi Dasar:
1.1 Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik sertamenyadari keteraturannya, melalui pemahamankonfigurasi elektron - Indikator
Membandingkan perkembangan teori atom, mulai dari teori atom Dalton hingga teori atom Niels Bohr. - I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
Menjelaskan perkembangan model atom, dari model atom Dalton hingga
teori atom modern. - II.Uraian Materi Pembelajaran
Perkembangan model atom sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Orang pertama yang membuat model atom adalah John Dalton sehingga disebut model atom Dalton.
Model atom disempurnakan oleh Thomson, Rutherford, Bohr, dan Schrodinger. - III.Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas - IV.Langkah-Langkah Pembelajaran
a.Kegiatan Awal (Apersepsi)
Dengan menggunakan peristiwa yang ada dalam kehidupan sehari-hari, guru memberikan contoh bahwa ilmu pengetahuan selalu mengalami penyempurnaan.
b.Kegiatan Inti
Menjelaskan model atom Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr.
Selengkapnya Silahkan DI AMBIL DISINI file berformat PDF
Mata Pelajaran :Kimia
Kelas/Semester :X/1
Pertemuan Ke- :1
Alokasi Waktu :2 jam pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar