SILABUS DAN RPP P. SENI Kls.X SMA
I. SILABUS SEMESTER I
- Nama Sekolah : SMA
- Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
1.1. Meng-identifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
2.1 Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan AMBIL DISINI dalam bentuk PDF
Mata Pelajaran: Seni Rupa
Kelas/Semester: X/1
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
- SMA/MA. : …………..
- Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa - Kompetensi Dasar
1.1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat - Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
mendeskripsikan pengertian seni rupa Nusantara
mendeskripsikan seni rupa zaman prasejarah di Nusantara (gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di daerah setempat)
mendeskripsikan generalisasi, periodisasi, dan kronologi
mendeskripsikan seni rupa zaman Islam
mendeskripsikan pengaruh seni rupa Cina terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, pola wastra, dan perabot atau benda-benda rumah tangga)
mendeskripsikan pengaruh seni rupa Kolonial terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, busana, dan perabot rumah tangga)
mendeskripsikan latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara - Materi Pembelajaran
Seni rupa Nusantara; serta perkembangan, sejarah, dan latar belakang sosial budayanya
Seni rupa zaman prasejarah
Seni rupa zaman Hindu-Buddha
Seni rupa zaman Islam
Seni rupa pengaruh Cina
Seni rupa pengaruh Kolonial
Latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan AMBIL DISINI dalam bentuk PDF
Mata Pelajaran: Seni Rupa
Kelas/Semester: X/1
Alokasi Waktu: 1 x 45 menit
- Mata Pelajaran: Seni Rupa
- Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni rupa
3.1. Meng-identifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
4.1. Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan me-manfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan AMBIL DISINI dalam bentuk PDF
Kelas/Semester: X/2
- SMA/MA.
- Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni rupa - Kompetensi Dasar
3.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara - Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
menyebutkan dan menjelaskan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias.
menyebutkan dan menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias.
menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai dalam berbagai karya seni hias.
Materi Pembelajaran
Bahan seni hias, seni patung, seni wayang, seni sesajen, seni tembikar, seni anyaman.
Teknik seni anyaman, seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang.
Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni sesajen, seni wayang. - Metode Pembelajaran
Pendekatan diskusi, latihan, praktik. - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Siswa membaca materi tentang bahan, teknik, dan nilai karya seni Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 63—71).
Siswa membuka internet dan mencari situs yang memuat profil pusat kerajinan Nusantara.
Siswa membuat profil pusat kerajinan (tugas IV hlm. 82).
Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan AMBIL DISINI dalam bentuk PDF
Mata Pelajaran: Seni rupa
Kelas/Semester: X/2
Alokasi Waktu: 1 x 45 menit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar