I. SILABUS BIOLOGI SEMESTER I
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / I
Alokasi waktu : 10 × 45 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan - Kompetensi Dasar
Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / II
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
- Standar Kompetensi
Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan - Kompetensi Dasar
Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan. - Tujuan
Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan - Indikator
- Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
- Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
- Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
- Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
- Menyusun unit-unit penelitian
- Membuat tabel pengamatan
- Menyusun rencana penelitian tertulis
- Materi Ajar
Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
faktor internal
faktor eksternal
Menyusun rencana penelitian - Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi - Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
Kegiatan awal (10 menit)
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
Kegiatan inti (60 menit)
Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Kegiatan akhir (20 menit)
Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah. - Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
Kegiatan awal (20 menit)
Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan
Kegiatan inti (60 menit)
Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
Kegiatan akhir (10 menit)
Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya. - Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
Kegiatan awal (10 menit)
Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
Kegiatan inti (70 menit)
Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.
Kegiatan akhir (10 menit)
Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.
- Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
- Alat/ Bahan/ Sumber
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
Alat bantu presentasi - Penilaian
Tugas kelompok penyusunan proposal
Presentasi proposal penelitian
Uji kompetensi tertulis
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / II
- Standar Kompetensi
Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas - Kompetensi Dasar
Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
- Standar Kompetensi
Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas - Kompetensi Dasar
Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi - Tujuan
Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi - Indikator
Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin - Materi Ajar
Hipotesis asal usul kehidupan
Teori evolusi Darwin
Metode Pembelajaran
Diskusi - Langkah-langkah Pembelajaran
- Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
Kegiatan awal (10 menit)
Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
Kegiatan inti (70 menit)
Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
Siswa mendiskusikan mekanisme evolusi menurut Darwin.
Kegiatan akhir (10 menit)
Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin. - Alat/ Bahan/ Sumber
Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis - Penilaian
Uji kompetensi tertulis
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar