Minggu, Juni 28, 2009

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. XI SMA

I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
    Nama Sekolah
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/Jurusan /Semester : XI (sebelas)/IPS/ 1 (satu)
    Alokasi Waktu : 19x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
    1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
    1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
  2. Standar Kompetensi
    2. Memahami sumber daya alam
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Satuan Pendidikan
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
  3. Indikator
    Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu
    Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer
  5. Materi Pembelajaran
    Pengertian biosfer
    Fenomena biosfer
  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
  8. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
    Memberi salam dan mengabsen
    Apersepsi materi
  9. Kegiatan Inti: 30 menit
    Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 3-4).
    Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet.
    Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
    Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4).
  10. Kegiatan Penutup: 10 menit
    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
    Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya.
  11. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    Buku sumber Geografi SMA – ESIS
    Buku-buku penunjang yang relevan
    Gambar mengenai fenomena biosfer,OHP / Slide Proyektor ,Internet
  12. Penilaian
    Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
    Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
III. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER II
    Nama Sekolah
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/ Jurusan/Semester : XI (sepuluh)/ IPS/ 2 (dua)
    Alokasi Waktu : 9x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
  2. Kompetensi Dasar
    3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
VI. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    SMA
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
  2. Kompetensi Dasar
    3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
  3. Indikator
    Merumuskan pengertian lingkungan hidup
    Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu
    Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
    Menguraikan komponen-komponen ekosistem
  5. Materi Pembelajaran
    Lingkungan
    Lingkungan Hidup
    Ekosistem
  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanya jawab, penugasan
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
  8. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
    Memberi salam dan mengabsen.
    Apersepsi materi.
  9. Kegiatan Inti: 30 menit
    Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 87-90).
    Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
    Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
    Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian lingkungan hidup di buku sumber (hal 87).
  10. Kegiatan Penutup: 10 menit
    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
    Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
  11. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    Buku sumber Geografi SMA – ESIS
    Buku-buku penunjang yang relevan
    Gambar atau foto lingkungan hidup,OHP / Slide Proyektor,Internet
  12. Penilaian
    Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
    Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar