I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
- Nama Sekolah
- Standar Kompetensi
1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna - Standar Kompetensi
2. Memahami sumber daya alam
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI Bentuk File PDF
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Jurusan /Semester : XI (sebelas)/IPS/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 19x45 menit
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
- Satuan Pendidikan
- Standar Kompetensi
1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer - Kompetensi Dasar
1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer - Indikator
Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer - Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer - Materi Pembelajaran
Pengertian biosfer
Fenomena biosfer - Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama - Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
Memberi salam dan mengabsen
Apersepsi materi - Kegiatan Inti: 30 menit
Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 3-4).
Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet.
Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4). - Kegiatan Penutup: 10 menit
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya. - Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Buku sumber Geografi SMA – ESIS
Buku-buku penunjang yang relevan
Gambar mengenai fenomena biosfer,OHP / Slide Proyektor ,Internet - Penilaian
Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI Bentuk File PDF
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
- Nama Sekolah
- Standar Kompetensi
3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup - Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI Bentuk File PDF
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Jurusan/Semester : XI (sepuluh)/ IPS/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 9x45 menit
- SMA
- Standar Kompetensi
3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup - Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan - Indikator
Merumuskan pengertian lingkungan hidup
Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem - Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
Menguraikan komponen-komponen ekosistem - Materi Pembelajaran
Lingkungan
Lingkungan Hidup
Ekosistem - Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, penugasan - Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama - Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
Memberi salam dan mengabsen.
Apersepsi materi. - Kegiatan Inti: 30 menit
Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 87-90).
Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian lingkungan hidup di buku sumber (hal 87). - Kegiatan Penutup: 10 menit
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. - Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
Buku sumber Geografi SMA – ESIS
Buku-buku penunjang yang relevan
Gambar atau foto lingkungan hidup,OHP / Slide Proyektor,Internet - Penilaian
Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya silahkan DOWNLOAD DISINI Bentuk File PDF
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar