I. SILABUS B. INDONESIA SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
- Standar Kompetensi
Mendengarkan
Memahami informasi dari berbagai laporan - Kompetensi Dasar
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 (satu)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
- Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
- Aspek Pembelajaran
Membaca - Standar Kompetensi
Memahami artikel dan teks pidato - Kompetensi Dasar
Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif - Indikator
Menemukan ide pokok tiap paragraf
Menemukan kalimat pendukung ide pokok
Menemukan masalah dalam artikel
Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
Selengkapnya Silahkan AMBIL DISINI - Tujuan
Siswa mampu menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif - Materi Pokok Pembelajaran
Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
Ide pokok
Masalah dalam artikel
Rangkuman artikel
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
- Aspek Pembelajaran
Mendengarkan - Standar Kompetensi
Memahami informasi dari berbagai laporan - Kompetensi Dasar
Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan - Indikator
Mencatat pokok-pokok isi laporan
Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
Menentukan kalimat yang berupa fakta
Menentukan kalimat yang berupa opini - Tujuan
Siswa mampu membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan - Materi Pokok Pembelajaran
Laporan laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan
Ciri-ciri kalimat fakta
Ciri-ciri kalimat pendapat
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
- Aspek Pembelajaran
Mendengarkan - Standar Kompetensi
Memahami informasi dari berbagai laporan - Kompetensi Dasar
Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran - Indikator
Mengemukakan kritik isi laporan
Memberikan saran untuk perbaikan laporan - Tujuan
Siswa mampu mendengarkan laporan dan mampu memberikan kritik serta saran - Materi Pokok Pembelajaran
Laporan
Laporan kegiatan OSIS
Laporan kegiatan ekstrakurikuler
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 (satu)
- Aspek Pembelajaran
Berbicara - Standar Kompetensi
Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi - Kompetensi Dasar
Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi - Indikator
Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara - Tujuan
Siswa mampu menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi - Materi Pokok Pembelajaran
Buku nonfiksi
intisari buku
penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
hal-hal yang menarik dalam buku
memberikan komentar
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
- Aspek Pembelajaran
Membaca - Standar Kompetensi
Memahami artikel dan teks pidato - Kompetensi Dasar
Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat - Indikator
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
Menanggapi pembacaan teks pidato - Tujuan
Siswa mampu membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat - Materi Pokok Pembelajaran
Naskah pidato
Macam-macam metode berpidato
Cara membacakan naskah pidato
Cara menanggapi pembacaan teks pidato - Tujuan
Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen - Materi Pokok Pembelajaran
Cerpen
Unsur-unsur intrinsik cerpen : tema, latar, alur, penokohan/pesan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
- Aspek Pembelajaran
Membaca - Standar Kompetensi
Memahami wacana sastra puisi dan cerpen - Kompetensi Dasar
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen - Indikator
Menceritakan kembali isi cerpen
Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
- Aspek Pembelajaran
Membaca - Standar Kompetensi
Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif - Kompetensi Dasar
Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit - Indikator
Menemukan ide pokok
Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia - Tujuan
Siswa mampu menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit - Materi Pokok Pembelajaran
Teks 900 – 1050 kata
Teknik membaca cepat
Kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat
Rumus menghitung kemampuan membaca cepat
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
- Standar Kompetensi
Mendengarkan - Kompetensi Dasar
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yg disampaikan secara langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yg disampaikan mll radio/televisi
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
- Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
- Standar Kompetensi
Memahami pembacaan teks drama - Kompetensi Dasar
Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama - Aspek Pembelajaran
Mendengarkan - Indikator
Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama
Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan - Materi Pokok Pembelajaran
Teks drama
Simpulan isi drama - Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola - Kompetensi Dasar
Menulis esai berdasarkan topik tertentu dgn pola pengembangan,isi,dan penutup - Aspek Pembelajaran
Menulis - Indikator
Mampu menentukan topik untuk menulis esai
Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
Mampu menyusun paragraf pembukaan
Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
Mampu menyusun paragraf penutup
Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca) - Materi Pokok Pembelajaran
Esai
Teknik menyusun kerangka karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan
Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
Teknik menyunting/memperbaiki karangan
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama - Kompetensi Dasar
Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari - Aspek Pembelajaran
Berbicara - Indikator
Mampu menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Mampu menjelaskan keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini - Materi Pokok Pembelajaran
Teks gurindam
Kesimpulan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
- Standar Kompetensi
Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode - Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer - Aspek Pembelajaran
Membaca - Indikator
Mampu mengidentifikasi tema puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer - Materi Pokok Pembelajaran
Kumpulan puisi kontemporer
Ciri-ciri puisi kontemporer
Tema dan maksud puisi kontemporer
Bentuk puisi kontemporer
Diksi pada puisi kontemporer
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk WORD(doc)
Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI File Bentuk PDF
Tidak ada komentar:
Posting Komentar