KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) TAHUN PELAJARAN 2008/2009
A.Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI
BAHASA INDONESIA SD/MI
- STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. Membaca
Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana,laporan, dan rubrik khusus, serta
berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan drama anak-anak.
2. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana,
kosakata yang bervariasi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari-hari, petunjuk surat,
pengumuman dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita anak, puisi, dan pantun, secara terpadu, struktur kalimat yang tepat, ejaan, dan pilihan katanya.
- KEMAMPUAN YANG DIUJI
- Menentukan isi bacaan
- Menentukan unsur intrinsik dongeng
- Menentukan isi laporan
- Menentukan isi tersurat/ tersirat dari rubrik yang dibaca
- Memahami unsur instrinsik puisi
- Menentukan unsur instrinsik drama anak-anak
- Menentukan unsur instrinsik dan makna kalimat cerita anak-anak
- Menentukan makna denah
- Menulis dialog
- Menggunakan EYD
- Menyusun kalimat majemuk
- Menulis petunjuk pemakaian
- Menggunakan sinonim dan antonim
- Menggunakan imbuhan
- Menyusun paragraph
- Menggunakan EYD
- Menulis/ melengkapi pantun
- Menyusun kalimat
- Menulis pengumuman
- Menggunakan/ menyunting kata depan
- Menulis iklan
- Menulis teks pidato
- Menulis surat
- Menulis petunjuk pemakaian
- Menuliskan imbuhan
- Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat
- Menyusun laporan
- Menulis ringkasan
- Mengurutkan gambar seri
- INDIKATOR
- Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
- menjawab pertanyaan apa
- menjawab pertanyaan bagaimana
- menjawab pertanyaan di mana
- menjawab pertanyaan mengapa
- menyimpulkan isi bacaan - Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:
- Latar cerita
- Watak salah satu tokoh dalam cerita
- Amanat dalam cerita - Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan watak dua tokoh dalam dongeng
- Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya
- Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya
- Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan:
- Amanatnya
- Makna salah satu kata dalam puisi - Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanatnya
- Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:
- Menentukan temanya
- Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita - Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat
- Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
- Siswa dapat mengesi formulir berdasarkan ilustrasi yang disajikan
- Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan tepat
- Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat
- Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang logis
- Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
- Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
- Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan menentukan kata berimbuhan yang tepat
- Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu
- Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
- Menentukan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat
- Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat
- Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat
- Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat
- Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan kalimat lain yang maknanya sama
- Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat membuat kalimat sesuai dengan gambar tersebut
- Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya menjadi kalimat efektif
- Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa kagum/kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan
- Disajikan ilustrasi suatu kegiatan , siswa dapat menentukan kalimat tanya yang tepat
- Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya
- Disajikan ilustrasi tentang isi pengumuman, siswa dapat menentukan kalimat pertama pengumuman tersebut dengan tepat
- Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif,
- siswa dapat memperbaikinya dengan kalimat efektif yang tepat ntukan penulisan kata depan yang tepat dalam kalimat
- Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat
- Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat:
- Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepat
- Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat - Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat
- Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk pemakaiannya dengan jelas
- Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata berawalan yang tepat kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar
- Disajikan laporan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
- Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan yang tepat
- Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut
- Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
Jika dari uraian tersebut kebingungan untuk membaca silahkan DOWNLOAD DISINI barangkali lebih mudah dipahami.
Silabus SD nya mana?
BalasHapus