Jumat, Juni 12, 2009

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) 2008/2009



KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) TAHUN PELAJARAN 2008/2009
A.Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI
BAHASA INDONESIA SD/MI

  1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
    1. Membaca
    Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana,laporan, dan rubrik khusus, serta
    berbagai karya sastra berupa puisi anak, dongeng, cerita anak-anak, dan drama anak-anak.
    2. Menulis
    Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana,
    kosakata yang bervariasi dan kalimat efektif dalam kehidupan sehari-hari, petunjuk surat,
    pengumuman dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita anak, puisi, dan pantun, secara terpadu, struktur kalimat yang tepat, ejaan, dan pilihan katanya.



  1. KEMAMPUAN YANG DIUJI

    1. Menentukan isi bacaan
    2. Menentukan unsur intrinsik dongeng
    3. Menentukan isi laporan
    4. Menentukan isi tersurat/ tersirat dari rubrik yang dibaca
    5. Memahami unsur instrinsik puisi
    6. Menentukan unsur instrinsik drama anak-anak
    7. Menentukan unsur instrinsik dan makna kalimat cerita anak-anak
    8. Menentukan makna denah
    9. Menulis dialog
    10. Menggunakan EYD
    11. Menyusun kalimat majemuk
    12. Menulis petunjuk pemakaian
    13. Menggunakan sinonim dan antonim
    14. Menggunakan imbuhan
    15. Menyusun paragraph
    16. Menggunakan EYD
    17. Menulis/ melengkapi pantun
    18. Menyusun kalimat
    19. Menulis pengumuman
    20. Menggunakan/ menyunting kata depan
    21. Menulis iklan
    22. Menulis teks pidato
    23. Menulis surat
    24. Menulis petunjuk pemakaian
    25. Menuliskan imbuhan
    26. Mendeskripsikan gambar dengan kalimat yang tepat
    27. Menyusun laporan
    28. Menulis ringkasan
    29. Mengurutkan gambar seri
  2. INDIKATOR

    1. Disajikan teks nonsastra 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
      - menjawab pertanyaan apa
      - menjawab pertanyaan bagaimana
      - menjawab pertanyaan di mana
      - menjawab pertanyaan mengapa
      - menyimpulkan isi bacaan
    2. Disajikan cuplikan cerita rakyat, siswa dapat menentukan:
      - Latar cerita
      - Watak salah satu tokoh dalam cerita
      - Amanat dalam cerita
    3. Disajikan cuplikan dongeng, siswa dapat menentukan perbedaan watak dua tokoh dalam dongeng
    4. Disajikan laporan, siswa dapat menentukan topiknya
    5. Disajikan cuplikan rubrik khusus dari media cetak, siswa dapat menentukan isi/pesannya
    6. Disajikan puisi anak-anak, siswa dapat menentukan:
      - Amanatnya
      - Makna salah satu kata dalam puisi
    7. Disajikan cuplikan teks drama anak-anak, siswa dapat menentukan amanatnya
    8. Disajikan cerita anak satu paragraf, siswa dapat:
      - Menentukan temanya
      - Menentukan maksud salah satu kalimat dalam cerita
    9. Disajikan denah lokasi tertentu, siswa dapat menunjukkan tempat tertentu dengan arah perjalanan yang tepat
    10. Disajikan teks dialog yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
    11. Siswa dapat mengesi formulir berdasarkan ilustrasi yang disajikan
    12. Siswa dapat menentukan penulisan kata depan dalam kalimat dengan tepat
    13. Disajikan 2 kalimat tunggal, siswa dapat menyusunnya menjadi kalimat majemuk dengan tepat
    14. Disajikan petunjuk pemakaian sesuatu yang acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah petunjuk yang logis
    15. Disajikan kalimat, siswa dapat menuliskan sinonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
    16. Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan antonim dari salah satu kata dalam kalimat tersebut dengan tepat
    17. Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan menentukan kata berimbuhan yang tepat
    18. Disajikan empat kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah paragraf yang padu
    19. Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
    20. Menentukan penggunaan huruf kapital yang tepat dalam kalimat
    21. Disajikan kalimat tanpa tanda baca, siswa dapat menentukan tanda baca yang tepat
    22. Disajikan pantun yang belum lengkap bagian isinya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat
    23. Disajikan pantun yang belum lengkap bagian sampirannya, siswa dapat melengkapinya dengan baris yang tepat
    24. Disajikan kalimat, siswa dapat menentukan kalimat lain yang maknanya sama
    25. Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat membuat kalimat sesuai dengan gambar tersebut
    26. Disajikan kalimat tidak efektif, siswa dapat menentukan perbaikannya menjadi kalimat efektif
    27. Siswa dapat menentukan kalimat yang mengungkapkan rasa kagum/kecewa berdasarkan ilustrasi atau gambar yang disajikan
    28. Disajikan ilustrasi suatu kegiatan , siswa dapat menentukan kalimat tanya yang tepat
    29. Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat utamanya
    30. Disajikan ilustrasi tentang isi pengumuman, siswa dapat menentukan kalimat pertama pengumuman tersebut dengan tepat
    31. Disajikan cuplikan pengumuman yang di dalamnya terdapat kalimat tidak efektif,
    32. siswa dapat memperbaikinya dengan kalimat efektif yang tepat ntukan penulisan kata depan yang tepat dalam kalimat
    33. Disajikan gambar suatu produk, siswa dapat menentukan kalimat iklan yang tepat
    34. Disajikan ilustrasi isi pidato, siswa dapat:
      - Menentukan kalimat pembukaan pidato dengan tepat
      - Menentukan kalimat penutup pidato dengan tepat
    35. Siswa dapat menentukan kalimat pembuka surat dengan tepat
    36. Disajikan gambar sebuah produk, siswa dapat menuliskan petunjuk pemakaiannya dengan jelas
    37. Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapinya dengan kata berawalan yang tepat kalimat yang berisi deskripsi sesuai dengan gambar
    38. Disajikan laporan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat
    39. Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat menentukan kalimat ringkasan yang tepat
    40. Disajikan empat gambar seri secara acak, siswa dapat mengurutkannya menjadi sebuah cerita yang runtut

Jika dari uraian tersebut kebingungan untuk membaca silahkan   DOWNLOAD DISINI   barangkali lebih mudah dipahami.

1 komentar: