Selasa, Juni 16, 2009

KISI-KISI UJIAN NASIONAL ILMU HADIS , KALAM dan SEJARAH SMA/MA 2008/2009


KISI-KISI UJIAN NASIONAL ILMU HADIS , KALAM dan SEJARAH SMA/MA 2008/2009
A. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMA/MA
1. ILMU HADIS MA (PROGRAM KEAGAMAAN)
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Memahami arti tarjamah, tafsir dan ta’wil serta dapat membedakan ketiga istilah tersebut.
  2. Memahami dan meyakini keaslian dan kemurnian teks al-Qur’an serta memahami proses penulisan dan pengumpulan al- Qur’an.
  3. Memahami Nuzul al-Qur’an dengan berbagai aspeknya.
  4. Memahami macam-macam tafsir dan mengenal beberapa kitab tafsir sesuai dengan macamnya.
  5. Memahami, mengetahui serta menghayati macam-macam bacaan/qiraat al Qur’an.
  6. Memahami dan menghayati kaidah-kaidah yang harus dikuasai oleh mufassir.
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menjelaskan pengertian tarjamah, tafsir, dan takwil
  2. Mengidentifikasi perbedaan tarjamah, tafsir, dan takwil
  3. Menjelaskan bukti keaslian dan kemurnian teks al-Qur’an
  4. Menjelaskan proses penulisan dan pengumpulan al-Qur’an
  5. Menerangkan kondisi masyarakat Arab saat al-Qur’an diturunkan
  6. Menjelaskan pengertian Nuzul al-Qur’an
  7. Menjelaskan berbagai cara turunnya al-Qur’an dan menjelaskan hikmah turunnya secara berangsur
  8. Menjelaskan perbedaan ayat-ayat Makkiyah dan Madaniyah
  9. Menjelaskan ayat yang pertama dan terakhir diturunkan
  10. Menjelaskan macam-macam tafsir
  11. Menjelaskan berbagai contoh kitab tafsir sesuai dengan macamnya
  12. Menjelaskan macam-macam qira’at dan imam-imamnya
  13. Menjelaskan manfaat perbedaan qira’at
  14. Menjelaskan pengertian dhamir; ta’rif dan tankir; ifrad dan a mutaradifat dalam al-Qur’an
  15. Mengidentifikasi penggunaan dhamirta’rif dan tankir; ifraddan jama’; soal dan jawab; serta mutaradifat dalam al-Qur’an
2.ILMU KALAM MA (PROGRAM KEAGAMAAN)
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Menjelaskan pengertian, objek pembahasan, nama- nama, fungsi, dan sifat Ilmu Kalam.
  2. Menjelaskan aqidah pada masa Nabi Muhammad dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya Ilmu Kalam.
  3. Menjelaskan aliran-aliran dalam Ilmu Kalam, tokoh-tokoh dan ajaran-ajarannya.
  4. Menjelaskan perkembangan aliran Kalam Mu’tazilah dan Asy’ariyah.
  5. Membandingkan persoalan-persoalan pokok Ilmu Kalam menurut aliran-aliran Kalam. 
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menjelaskan pengertian Ilmu Kalam dan objek pembahasannya
  2. Menyebutkan nama-nama lain Ilmu Kalam dan menjelaskan sebab penamaannya
  3. Menjelaskan fungsi Ilmu Kalam
  4. Menjelaskan aqidah pada masa nabi Muhammad.
  5. Menjelaskan aqidah pada masa Sahabat dan Tabi’in
  6. Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya IlmuKalam
  7. Menjelaskan faktor-faktor penyebab timbulnya aliran-aliran Kalam
  8. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Khawarij
  9. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Qadariyah dan Jabariyah
  10. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Murji’ah
  11. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Mu’tazilah
  12. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Asy’ariyah
  13. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Maturidiyah
  14. Menjelaskan tokoh dan ajaran aliran Salafiyah
  15. Mendeskripsikan kejayaan dan kemunduran aliran Mu’tazilah
  16. Mendeskripsikan kejayaan aliran Asy’ariyah
  17. Mendeskripsikan faktor penyebab kejayaan/ kemunduran aliran Mu’tazilah dan Asy’ariyah
  18. Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang kedudukan Iman dan Kufur
  19. Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang kedudukan Wahyu dan Akal
  20. Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang persoalan kehendak, kekuasaan dan perbuatan Tuhan
  21. Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang persoalan kehandak, kekuasaan dan perbuatan manusia
  22. Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam tentang persoalan Kalamullah (Firman Allah)
  23. Membandingkan pendapat aliran-aliran Kalam dalam persoalan sifat-sifat dan zat Tuhan
3.SEJARAH BUDAYA/ANTROPOLOGI SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Menjelaskan berbagai budaya lokal, budaya asing dan hubungan antarbudaya, serta dampak dari keragaman budaya.
  2. Menjelaskan proses dinamika budaya dalam kaitannya dengan integrasi nasional.
  3. Mengidentifikasi peran bahasa dan dialek dalam perkembangan budaya Indonesia.
  4. Mengidentifikasi keragaman dan perkembangan seni dalam budaya Indonesia (Seni rupa, seni sastra dan pertunjukkan).
  5. Menjelaskan keragaman agama/ religi/kepercayaan di Indonesia serta hubungannya dalam kehidupan masyarakat.
  6. Memahami peran dan peranan IPTEK serta pengaruhnya terhadap perkembangan budaya Indonesia.
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Mendeskripsikan wujud budaya lokal dan budaya asing
  2. Mendeskripsikan hubungan antarbudaya
  3. Mendeskripsikan dampak keragaman budaya
  4. Mendeskripsikan tentang dinamika budaya
  5. Mendeskripsikan pewarisan budaya
  6. Mendeskripsikan proses integrasi nasional
  7. Mendeskripsikan keragaman bahasa, dialek, dan tradisi lisan di Indonesia
  8. Mendeskripsikan keragaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia
  9. Menjelaskan keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia
  10. Menjelaskan peran dan penerapan IPTEK di Indonesia
  11. Menjelaskan pengaruh IPTEK terhadap perkembangan budaya Indonesia
Untuk dibawa pulang file PDF silahkan  DOWNLOAD DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar