Sabtu, Juni 27, 2009

SILABUS DAN RPP SEJARAH II Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP SEJARAH II Kls. XI SMA


I. SILABUS SEJARAH SEMESTER I
    Nama Sekolah : SMA
    Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Mata Pelajaran : Sejarah
    Kelas/Semester : X1/1

  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
    2. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia
    3. Menganalisis Perkembangan Kehidupan Negara-negara Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    SMA/MA. :
    Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Mata Pelajaran : Sejarah
    Kelas/Semester : XI/1
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa Negara-negara Tradisional
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di Berbagai Daerah di Indonesia
  3. Indikator
    Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
    Alokasi Waktu : 3x45 menit
  4. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik mampu untuk
    Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India
  5. Materi Pembelajaran
    Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha
  6. Metode Pembelajaran
    Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas
    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  7. Kegiatan Pendahuluan
    Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah mana mayoritas penganut agama Hindu di Indonesia ?”.
    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  8. Kegiatan Inti
    Penugasan mencari artikel di internet tentang lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India.
    Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan peserta didik dari internet dan menugaskan peserta didik membuat karangan analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).
  9. Kegiatan Penutup
    Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS SEJARAH SEMESTER I
    Nama Sekolah : SMA
    Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Mata Pelajaran : Sejarah
    Kelas/Semester : X1/2
  1. Standar Kompetensi
    2.Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
  2. Kompetensi Dasar
    1.Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
    2.Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    SMA/MA. :
    Program : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Mata Pelajaran : Sejarah
    Kelas/Semester : XI/2
  1. Standar Kompetensi
    2.Menganalisis Perkembangan Bangsa Indonesia sejak Masuknya Pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
  2. Kompetensi Dasar
    2.1.Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
  3. Indikator
    Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia
    Alokasi Waktu : 3x45 menit
  4. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik mampu untuk
    Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia
  5. Materi Pembelajaran
    Merkantilisme dan kapitalisme
  6. Metode Pembelajaran
    Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas
    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  7. Kegiatan Pendahuluan
    Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan memberikan pertanyaan “Apa yang dimaksud dengan merkantilisme?”.
    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
  8. Kegiatan Inti
    Peserta didik mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia.
    Peserta didik membuat rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan hubungannya dengan kolonalisme dan imperialisme Barat berdasarkan informasi yang didapat dari perpustakaan dan internet.
  9. Kegiatan Penutup
    Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar