Sabtu, Juni 13, 2009

KISI-KISI SOAL (UASBN) IPA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2008/2009



KISI-KISI SOAL (UASBN) IPA SD/MI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

A.Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI
3.ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI
1.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

  1. Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi Manusia serta upaya pelestariannya.
  2. Memahami saling ketergantungan antar makhluk hidup serta cara-cara makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.
  3. Memahami bagian tubuh manusia dan tumbuhan, menjelaskan fungsinya, serta
    mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.
  4. Memahami perubahan wujud benda dan egunaan, pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Memahami berbagai bentuk energi, gaya serta perubahan, manfaat dan pengaruhnya
  6. Memahami berbagai jenis sumber daya alam,kegunaannya, dampaknya bagi kehidupan.
  7. Memahami sistem tata surya.


2.KEMAMPUAN YANG DIUJI

  1. Menentukan ciri-ciri makhluk hidup tertentu
  2. Menentukan cara menggolongkan makhluk hidup hewan/tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya
  3. Menentukan cara perkembangbiakan hewan/tumbuhan
  4. Menjelaskan manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan/lingkungan
  5. Menjelaskan tujuan pelestarian Hewan /tumbuhan langka
  6. Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan
    lingkungannya (rantai makanan, komunitas, dan simbiosis)
  7. Menjelaskan bentuk dan fungsi alat tubuh mahluk hidup untuk penyesuaian diri terhadap ingkungannya
  8. Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh manusia/ tumbuhan
  9. Menjelaskan proses dan fungsi pada alat indra, pernapasan, pencernaan dan
    peredaran darah pada manusia
  10. Menjelaskan fungsi organ pada manusia
  11. Menjelaskan manfaat zat makanan bagi kesehatan tubuh manusia
  12. Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit pada manusia dan cara pencegahannya
  13. Menjelaskan berbagai jenis perubahan wujud benda
  14. Menjelaskan kegunaan /manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan
  15. Menjelaskan pengaruh perubahan suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari (pemuaian, pembakaran,pengeringan dll)
  16. Mengidentifikasi macam-macam perpindahan kalor
  17. Menjelaskan konduktor dan isolator panas
  18. Mengidentifikasi bentuk /perubahan/manfaat /pengaruh energi dalam kehidupan sehari-hari
  19. Menjelaskan macam-macam energi alternatif
  20. Menjelaskan macam-macam sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui
  21. Mengidentifikasi bentuk/perubahan/manfaat/perubahan gaya dalam kehidupan sehari-hari
  22. Menjelaskan cara-cara/manfaat penghematan energi bagi kehidupan sehari-hari
  23. Menjelaskan berbagai jenis/kegunaan/pelestarian sumber daya alam
  24. Menjelaskan berbagai macam/dampak gejala alam
  25. Mengidentifikasi susunan tata surya
  26. Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan
  27. Menjelaskan akibat/manfaat gerakan bumi/bulan

3.INDIKATOR

  1. Disajikan dua gambar hewan/tumbuhan tertentu yang umum dikenal di suatu daerah, siswa dapat menentukan ciri khusus yang sama pada hewan/tumbuhan tersebut
  2. Disajikan nama beberapa tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhan/hewan tersebut
  3. Melalui gambar tumbuhan/hewan siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
  4. Siswa dapat menentukan cara perkembangbiakan yang cocok dari hewan/tumbuhan yang umum dikenal, siswa
  5. Siswa dapat menentukan manfaat hewan /tumbuhan tertentu yang umum dikenal bagi manusia/lingkungan
  6. Siswa dapat menjelaskan akibat penggunaan bahan tertentu dari hewan/tumbuhan yang berlebihan
  7. Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewan/tumbuhan langka di suatu daerah
  8. Disajikan pernyataan tentang hewan /tumbuhan untuk memperoleh kebutuhan hidup dari hewan/tumbuhan lain, siswa dapat menentukan bentuk hubungan diantara mereka (simbiosis)
  9. Siswa dapat menentukan rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
  10. Siswa dapat menentukan hewan yng hidupnya sangat bergantung pada hewan/tumbuhan lain
  11. Siswa dapat menjelaskan fungsi bentuk / keadaan tubuh hewan atau tumbuhan tertentu bagi kelangsungan hidupnya
  12. Disajikan empat bentuk cakar burung (elang, bebek, ayam, kakaktua dll), siswa dapat menentukan bentuk cakar sesuai fungsinya
  13. Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
  14. Disajikan gambar alat indra, siswa dapat menentukan fungsi bagian alat indra yang ditandai
  15. Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan
  16. Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menentukan fungsi zat yang dihasilkan pada bagian yang ditandai untuk proses pencernaan
  17. Siswa dapat menentukan urutan aliran peredaran darah manusia berdasarkan gambar
  18. Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pada tumbuhan
  19. Siswa dapat menjelaskan manfaat zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
  20. Siswa dapat menjelaskan gejala/cara pencegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
  21. Siswa dapat menyebutkan contoh benda yang dapat mengalami perubahan wujud tertentu (mencair, membeku, menguap, mengembun,menyublim)
  22. Siswa dapat menjelaskan contoh pemanfaatan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari (mencair, membeku, menguap,mengembun, menyublim)
  23. Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap kegiatan tersebut
  24. Siswa dapat menjelaskan jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan /peristiwa
  25. Disajikan gambar suatu alat, siswa dapat menentukan bagian alat yang termasuk konduktor/isolator
  26. Disajikan gambar alat/pernyataan yang berkaitan dengan energi, siswa dapat mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan/dihasilkan
  27. Disajikan gambar percobaan/pernyataan yang berkaitan dengan cahaya, siswa dapat menyebutkan sifat cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
  28. Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh energi alternative
  29. Disajikan macam-macam sumber energi, siswa dapat mengelompokkan sumber energi yang dapat diperbarui dan yang tidak
  30. Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan
  31. Disajikan gambar salah satu pesawat sederhana, siswa dapat menentukan tenaga terbesar/terkecil pada kegiatan tersebut
  32. Disajikan gambar/ilustrasi suatu kegiatan siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan
  33. Disajikan suatu kasus, siswa dapat menjelaskan cara-cara/manfaat penghematan energi tertentu
  34. Disajikan pernyataan tentang pemanfaatan salah satu jenis sumber daya alam, siswa dapat menentukan jenis sumber daya alam yang digunakan
  35. Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan yang dapat merusak kelestarian sumber daya alam
  36. Disajikan suatu kasus, siswa dapat menentukan cara melestarikan sumber daya alam tersebut
  37. Disajikan suatu peristiwa/gejala alam, siswa dapat menjelaskan dampak yang ditimbulkan
  38. Menentukan urutan tata letak/ciri-ciri planet dalam tata surya
  39. Menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap kehidupan di bumi
  40. Menentukan gambar saat terjadi gerhana matahari/bulan
  41. Menentukan jumlah hari berdasarkan penanggalan Masehi/Komariah

Untuk lebih memperjelas uraian di atas silahkan  DOWNLOAD DISINI


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar