Sabtu, Juni 13, 2009

KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2008/2009

KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL SMP/MTs TAHUN PELAJARAN 2008/2009
A. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTs.
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.
  2. Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi,pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan
  3. menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan isi dan bagian suatu paragraf
  2. Menentukan kritik terhadap isi bacaan
  3. Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk
  4. Menentukan kalimat fakta/pendapat
  5. Menyimpulkan isi paragraf
  6. Menentukan isi tajuk
  7. Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah
  8. Menentukan unsur intrinsik puisi
  9. Menentukan unsur intrinsik cerpen
  10. Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel
  11. Menentukan unsur intrinsik drama
  12. Menulis catatan pengalaman pada buku harian
  13. Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks
  14. Menulis/menentukan paragraf laporan
  15. Menulis/melengkapi surat pribadi
  16. Menulis/melengkapi surat resmi
  17. Menulis/menentukan rangkuman
  18. Menulis/menentukan slogan
  19. Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu
  20. Menulis/melengkapi kutipan pidato
  21. Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)
  22. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata
  23. Menulis/melengkapi pantun
  24. Menulis/melengkapi puisi
  25. Menulis/melengkapi drama
2.BAHASA INGGRIS SMP/MTs
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. READING (Membaca)
    Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  2. WRITING (Menulis)
    Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive,procedure,maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “caution
  2. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card)
  3. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukankata, makna kata/frasa/kalim pendek (short message)
  4. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata,makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk undangan (invitation )
  5. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk
    pengumuman (announcement)
  6. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dari teks deskriptif descriptive
  7. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk recount
  8. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk procedure
  9. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk narrative
  10. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk label
  11. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan (report)
  12. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (advertisement)
  13. Menentukan gambaran umum, pikiran utama,informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat(letter)
  14. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks laporan (report) yang pendek.
  15. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph
3.MATEMATIKA SMP/MTs
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Menggunakan konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
    aritmetika sosial, barisan bilangan, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
  2. Memahami operasi bentuk aljabar, konsep persamaan dan pertidaksamaan linear, persamaan garis, himpunan, relasi, fungsi,sistem persamaan linear, serta
    menggunakannya dalam pemecahan masalah.
  3. Memahami bangun datar, bangun ruang,garis sejajar, dan sudut, serta
    menggunakannya dalam pemecahan masalah.
  4. Memahami konsep dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat
  2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan
  3. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan
  4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jual-beli
  5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi
  6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan
  7. Mengalikan bentuk aljabar
  8. Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar
  9. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan
  10. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu Variable
  11. Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan
  12. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
  13. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya
  14. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variable
  15. Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras
  16. Menghitung luas bangun datar
  17. Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari
  18. Menghitung besar sudut pada bidang datar
  19. Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
  20. Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran
  21. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan
  22. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi
  23. Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar
  24. Menentukan jaring-jaring bangun ruang
  25. Menghitung volume bangun rua lengkung
  26. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
  27. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari
  28. Menyajikan dan menafsirkan data
4.ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
I.STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN
  1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
  5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
  7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta
    interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan,pentingnya pelestarian
    makhluk hidup dalam kehidupan.
  8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan /organ-organ pada tumbuhan dan manusia.
  9. Mengaplikasikan konsep ertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
  10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.
II.KEMAMPUAN YANG DIUJI
  1. Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai Membaca alat ukur
  2. Menentukan salah satu variabel dari rumus = v/m
  3. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
  4. Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor
  5. Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari
  6. Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat
  7. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari
  8. Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
  9. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  10. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
  11. Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
  12. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin
  13. Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
  14. Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan
  15. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik
  16. Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari
  17. Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan
  18. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya
  19. Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan
  20. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
  21. Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup
  22. Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem
  23. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
  24. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup
  25. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan
  26. Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya
  27. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
  28. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya stem ekskresi (ginjal)
  29. Menjelaskan sistem saraf pada manusia
  30. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
  31. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
  32. Menjelaskan proses foto sintesis dan percobaan-percobaan tentang proses tersebut
  33. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya
  34. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
  35. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
  36. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
  37. Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan
  38. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita
Akan lebih siip lagi jika   DOWNLOAD DISINI   karena lebih mudah rapih dan jelas


Tidak ada komentar:

Posting Komentar