Jumat, Juni 19, 2009

SILABUS DAN RPP BIOLOGI Kls X SMA


SILABUS DAN RPP BIOLOGI Kls X SMA
I. SILABUS BIOLOGI SEMESTER I
    SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
    MATA PELAJARAN : BIOLOGI
    KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH) / I
    STANDAR KOMPETENSI: 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
    ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
  1. KOMPETENSI DASAR
    Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
    Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
  2. KOMPETENSI DASAR HASIL BELAJAR
    Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi
    Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
    Mengamati ciri-ciri makhluk hidup
    Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup
    Menyebutkan objek biologi
    Menyebutkan permasalahan biologi
    Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi
    Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya.
    Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
    Membuat makalah
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF
II.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
    Mata Pelajaran : Biologi
    Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
    Pertemuan : 1
    Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
    Standar Kompetensi: 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
    Kompetensi Dasar: 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
    Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
  1. Indikator
    Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
    Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
  2. Materi Ajar
    Pengertian Biologi sebagai ilmu
    Ciri-ciri makhluk hidup
  3. Metode Pembelajaran
    Pengamatan-diskusi
  4. Langkah-Langkah Pembelajaran
    Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
  5. Kegiatan awal (5 menit)
    Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
    Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
  6. Kegiatan inti (30 menit)
    Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
    Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
    Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
  7. Kegiatan akhir (10 menit)
    Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi
  8. Alat/Bahan/Sumber
    Buku Kerja Biologi IA, Esis
    Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
    Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
    Penilaian
    Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar