Selasa, Juni 30, 2009

SILABUS DAN RPP BIOLOGI Kls. XII IPA SMA

SILABUS DAN RPP BIOLOGI Kls. XII IPA SMA

I. SILABUS BIOLOGI SEMESTER I
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / I
Alokasi waktu : 10 × 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  2. Kompetensi Dasar
    Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
    Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
    Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  2. Kompetensi Dasar
    Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
  3. Tujuan
    Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
    Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan
  4. Indikator
    1. Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
    2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
    3. Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
    4. Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
    5. Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
    6. Menyusun unit-unit penelitian
    7. Membuat tabel pengamatan
    8. Menyusun rencana penelitian tertulis
  5. Materi Ajar
    Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
    Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
    faktor internal
    faktor eksternal
    Menyusun rencana penelitian
  6. Metode Pembelajaran
    Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi
  7. Langkah-Langkah Pembelajaran
    1. Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
      Kegiatan awal (10 menit)
      Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
      Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
      Kegiatan inti (60 menit)
      Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
      Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
      Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
      Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
      Kegiatan akhir (20 menit)
      Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
      Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.
    2. Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
      Kegiatan awal (20 menit)
      Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
      Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan
      Kegiatan inti (60 menit)
      Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
      Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
      Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
      Kegiatan akhir (10 menit)
      Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
      Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.
    3. Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
      Kegiatan awal (10 menit)
      Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
      Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
      Kegiatan inti (70 menit)
      Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
      Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
      Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.
      Kegiatan akhir (10 menit)
      Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.
  8. Alat/ Bahan/ Sumber
    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
    Alat bantu presentasi
  9. Penilaian
    Tugas kelompok penyusunan proposal
    Presentasi proposal penelitian
    Uji kompetensi tertulis
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS BIOLOGI SEMESTER II
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / II
  1. Standar Kompetensi
    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
    Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
    Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
  3. Tujuan
    Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi
  4. Indikator
    Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
    Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
  5. Materi Ajar
    Hipotesis asal usul kehidupan
    Teori evolusi Darwin
    Metode Pembelajaran
    Diskusi
  6. Langkah-langkah Pembelajaran
  7. Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
    Kegiatan awal (10 menit)
    Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
    Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
    Kegiatan inti (70 menit)
    Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
    Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
    Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
    Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
    Siswa mendiskusikan mekanisme evolusi menurut Darwin.
    Kegiatan akhir (10 menit)
    Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
    Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
  8. Alat/ Bahan/ Sumber
    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
    Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
  9. Penilaian
    Uji kompetensi tertulis
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar