Selasa, Juni 30, 2009

SILABUS DAN RPP EKONOMI Kls. XII SMA

SILABUS DAN RPP EKONOMI Kls. XII SMA

I. SILABUS EKONOMI SEMESTER I
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XII
Semester : 1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
  2. Kompetensi Dasar
    Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
    Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar
    Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
    Menghitung harga pokok penjualan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester: XII (dua belas) / 1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
  2. Kompetensi Dasar
    Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
  3. Indikator 
    1. Membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
    2. Memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
    3. Menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
    4. Menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
    5. Menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
    6. Membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
    7. Mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
    8. Membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
    9. Mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
  4. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
    2. Siswa dapat memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
    3. Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
    4. Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
    5. Siswa dapat menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
    6. Siswa dapat membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
    7. Siswa dapat mencatat persediaan barang dagang dgn metode FIFO,LIFO,dan biaya rata-rata.
    8. Siswa dapat membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
    9. Siswa dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
  5. Materi Pokok
    Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus
  6. Uraian Materi
    Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
    Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
    Bukti transaksi
    Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
    Persediaan barang dagang
    Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus
    Pendekatan
    Kontekstual
  7. Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
    Skenario Pembelajaran
  8. Kegiatan Awal
    Apersepsi
    Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang perusahaan dagang. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai.
    Motivasi
    Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
  9. Kegiatan Inti
    Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
    Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang perusahaan dagang.
    Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata serta mencatat persediaan barang dagang dengan ketiga metode tersebut.
    Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
    Kelompok keempat diberi tugas untuk mendiskusikan pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus.
    Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
    Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
  10. Kegiatan Akhir
    Guru dan siswa melakukan refleksi
  11. Penilaian
    Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
    Lembar pengamatan (afektif)
    Lembar pengamatan (psiko motorik)
    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi
  12. Bahan dan Alat
    Buku teks dan spidol
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF
III. SILABUS EKONOMI SEMESTER II
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XII
Semester : 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan unsur-unsur manajemen
    Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha
    Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Semester : XII (dua belas) / 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan unsur-unsur manajemen
  3. Indikator
    Menjelaskan pengertian manajemen.
    Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen.
    Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
  5. Materi Pokok
    Manajemen
  6. Uraian Materi
    Pengertian manajemen
    Jenjang manajemen
    Prinsip-prinsip manajemen
    Pendekatan
    Kontekstual
  7. Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
    Skenario Pembelajaran
  8. Kegiatan Awal
    Apersepsi
    Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
    Motivasi
    Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
  9. Kegiatan Inti
    Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
    Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.
    Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang manajemen.
    Kelompok ketiga diberi tugas utk mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.
    Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
    Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
  10. Kegiatan Akhir
    Guru dan siswa melakukan refleksi
    Penilaian
    Hasil kerja kelompok (kognitif)
    Lembar pengamatan (afektif)
    Lembar pengamatan (psiko motorik)
    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi
  11. Sumber dan Alat
    Buku teks dan spidol
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar