Selasa, Juni 30, 2009

SILABUS DAN RPP FISIKA Kls. XII IPA SMA

SILABUS DAN RPP FISIKA Kls. XII IPA SMA

I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / I (Satu)
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
    1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.
    1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
  3. Indikator
    1. Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
    2. Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
    3. Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner. 
    A. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat:
    1. Menjelaskan definisi gelombang dan besaran-besaran gelombang.
    2. Menjelaskan perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
    3. Memberikan contoh sumber-sumber gelombang.
    4. Menjelaskan pengaruh sifat medium terhadap kecepatan gelombang.
    5. Menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang.
    6. Menganalisis prinsip Huygens untuk memahami konsep muka gelombang.
    7. Menganalisis konsep pemantulan dan pembiasan melalui hukum Snellius.
    8. Menganalisis fenomena superposisi dua gelombang atau lebih.
    9. Memberikan contoh aplikasi penerapan gelombang pada dawai.
    10. Menjelaskan fenomena interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi pada gelombang.
    11. Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner. 
    B. Materi Pembelajaran
    Gejala dan Ciri-ciri Gelombang
    C. Metode Pembelajaran
    1.Model : Direct Instruction , Cooperative Learning
    2.Metode : Diskusi kelompok , Ceramah , Observasi
  4. Langkah-langkah Kegiatan
    a.Kegiatan Pendahuluan
    Motivasi dan Apersepsi:
    Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
    Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang menerangkan gejala gelombang?
    Prasyarat pengetahuan:
    Apakah ciri-ciri gelombang longitudinal?
    Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
III. SILABUS FISIKA SEMESTER II
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / II (Dua)
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
  2. Kompetensi Dasar
    3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.
    3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
    3.3. Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
  2. Kompetensi Dasar
    3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.
  3. Indikator
    1. Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam.
    2. Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya.
    3. Menerapkan karakteristik radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global.
    A.Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat:
    1. Menjelaskan pengertian benda hitam.
    2. Menjelaskan karakteristik radiasi pada benda hitam.
    3. Menjelaskan hubungan antara intensitas radiasi benda hitam terhadap panjang gelombang pada berbagai suhu.
    4. Menjelaskan aplikasi hukum pergeseran Wien.
    5. Menjelaskan aplikasi hukum Stefan-Boltzmann.
    6. Menjelaskan aplikasi hukum Rayleigh-Jeans.
    7. Menganalisis fenomena pergeseran Wien melalui teori Planck.
    8. Membedakan pandangan Rayleigh-Jeans dan Planck mengenai radiasi benda hitam.
    9. Menjelaskan aplikasi dari sifat radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari.
    10. Menjelaskan pengertian efek fotolistrik.
    11. Membedakan teori efek fotolistrik menurut teori elektrodinamika klasik dan Enstein.
    12. Menjelaskan eksperimen mengukur energi kinetik maksimum.
    B. Materi Pembelajaran
    Pendahuluan Teori Kuantum
    C. Metode Pembelajaran
    1. Model : Direct Instruction (DI) , Cooperative Learning
    2. Metode : Diskusi kelompok , Ceramah , Observasi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar