Sabtu, Juni 20, 2009

SILABUS DAN RPP P. SENI Kls.X SMA


SILABUS DAN RPP P. SENI Kls.X SMA
I. SILABUS SEMESTER I
    Nama Sekolah : SMA
    Mata Pelajaran: Seni Rupa
    Kelas/Semester: X/1
  1. Standar Kompetensi
    1. Mengapresiasi karya seni rupa
    1.1. Meng-identifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
    2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
    2.1 Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  dalam bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    SMA/MA. : …………..
    Mata Pelajaran: Seni Rupa
    Kelas/Semester: X/1
    Alokasi Waktu: 1 x 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    1. Mengapresiasi karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Mengidentifikasi dan mengapresiasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
  3. Tujuan Pembelajaran
    siswa mampu untuk:
    mendeskripsikan pengertian seni rupa Nusantara
    mendeskripsikan seni rupa zaman prasejarah di Nusantara (gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di daerah setempat)
    mendeskripsikan generalisasi, periodisasi, dan kronologi
    mendeskripsikan seni rupa zaman Islam
    mendeskripsikan pengaruh seni rupa Cina terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, pola wastra, dan perabot atau benda-benda rumah tangga)
    mendeskripsikan pengaruh seni rupa Kolonial terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, busana, dan perabot rumah tangga)
    mendeskripsikan latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
  4. Materi Pembelajaran
    Seni rupa Nusantara; serta perkembangan, sejarah, dan latar belakang sosial budayanya
    Seni rupa zaman prasejarah
    Seni rupa zaman Hindu-Buddha
    Seni rupa zaman Islam
    Seni rupa pengaruh Cina
    Seni rupa pengaruh Kolonial
    Latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  dalam bentuk PDF
III. SILABUS SEMESTER II
    Mata Pelajaran: Seni Rupa
    Kelas/Semester: X/2
  1. Standar Kompetensi
    3. Mengapresiasi karya seni rupa
    3.1. Meng-identifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
    4. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
    4.1. Merancang dan membuat karya seni rupa terapan dengan me-manfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  dalam bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    SMA/MA.
    Mata Pelajaran: Seni rupa
    Kelas/Semester: X/2
    Alokasi Waktu: 1 x 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    3. Mengapresiasi karya seni rupa
  2. Kompetensi Dasar
    3.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara
  3. Tujuan Pembelajaran
    siswa mampu untuk:
    menyebutkan dan menjelaskan berbagai bahan yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hias.
    menyebutkan dan menjelaskan teknik yang digunakan dalam berbagai karya seni hias.
    menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai dalam berbagai karya seni hias.
    Materi Pembelajaran
    Bahan seni hias, seni patung, seni wayang, seni sesajen, seni tembikar, seni anyaman.
    Teknik seni anyaman, seni tembikar, seni sesajen, lukisan wayang.
    Nilai seni hias, seni patung, seni anyaman, seni sesajen, seni wayang.
  4. Metode Pembelajaran
    Pendekatan diskusi, latihan, praktik.
  5. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan pertama
    Siswa membaca materi tentang bahan, teknik, dan nilai karya seni Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 63—71).
    Siswa membuka internet dan mencari situs yang memuat profil pusat kerajinan Nusantara.
    Siswa membuat profil pusat kerajinan (tugas IV hlm. 82).
    Tugas dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  dalam bentuk PDF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar