Senin, Juni 22, 2009

SILABUS DAN RPP SOSIOLOGI Kls. X SMA


SILABUS DAN RPP SOSIOLOGI Kls. X SMA
I. SILABUS SEMESTER I
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/Program : X/Ilmu Sosial
    Semester : 1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama sekolah :
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/semester : X/ 1
  1. Standar Kompetensi
    1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan.
  3. Indikator
    Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
    Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
    Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat
    Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 X Pertemuan)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
III. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama sekolah :
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/semester : X/ 1
  1. Standar Kompetensi
    1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Kompetensi Dasar
    1.2. Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
  3. Indikator
    Menjelaskan nilai dan norma.
    Membedakan nilai dan norma.
    Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
    Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
    Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (2 X Pertemuan)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama sekolah :
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/semester : X/ 1
  1. Standar Kompetensi
    1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
  2. Kompetensi Dasar
    1.3. Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial
  3. Indikator
    Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
    Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
    Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.
    Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 X Pertemuan)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
V. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama sekolah :
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/semester : X/ 1
  1. Standar Kompetensi :
    2 . Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
  2. Kompetensi Dasar
    2.1. Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.
  3. Indikator
    Mendefenisikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian
    Mendeskripsikan peran nilai dasn norma daslam sosialisasi
    Menjelaskan tahapan perkembangan diri manusia.
    Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
    Menjelaskan hubungan antara pembentukan kepribadian dengan kebudayaan.
    Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
    Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian
    Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
VI. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama sekolah :
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/semester : X/ 1
  1. Standar Kompetensi
    2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
  2. Kompetensi Dasar
    2.2. Mendeskripsikan terjadikanya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
  3. Indikator
    Mengidentifkasikan terjadinya perilaku menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
    Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku menyimpang
    Mengidentifikasikan sifat dan macam perilaku menyimpang.
    Memberikan opini tentang berbagai perilaku menyimpang dalam masyarakat
    Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
VII. SILABUS SEMESTER II
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/Program : X/Ilmu Sosial
    Semester : 2 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian
  2. KompetensI Dasar
    Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF
VII. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Nama sekolah :
    Mata Pelajaran : Sosiologi
    Kelas/semester : X/ 2
  1. Standar Kompetensi
    2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.
  2. Kompetensi Dasar
    2.3. Menerapkan aturan-aturan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Indikator
    Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga pengendalian sosial
    Mendeskripsikan berbagai cara pengendalian sosial
    Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya lembaga social
    Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam kehidupan masyarakat
    Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 4 x Pertemuan)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File bentuknya PDF

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar