Selasa, Juni 30, 2009

SILABUS DAN RPP PKN Kls . XII IPA,IPS SMA

SILABUS DAN RPP PKN Kls . XII IPA,IPS SMA

I. SILABUS PKN SEMESTER I
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 1
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
  1. Standar Kompetensi
    1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
    1.2 Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
    1.3 Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
Kelas/Program : XII
Pertemuan Minggu ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
  1. Standar Kompetensi
    1.1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagi ideologi terbuka
  3. Indikator
    1. Mengemukakan rumusan Pancasila sebagai dasar negara
    2. Menguraikan fungsi Pancasila
    3. Mengemukakan Pancasila sebagai dasar negara
    4. Membedakan ideologi terbuka dan tertutup
    5. Mendeskripsikan makna Pancasila sebagai ideologi terbuka
    6. Menganalisis Pancasila sebagai sumber nilai
    7. Mendeskripsikan Pancasila sebagai paradigma pembangunan
  4. Strategi Pembelajaran
    1. Kegiatan Belajar
    2. Pendahuluan
    3. Memberikan salam siswa
    4. Mengabsen dan mengetahui kondisi siswaKegiatan Inti
    5. Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    6. Penjelasan materi
    7. Tanya jawab
    8. LatihanPenutup
    9. Evaluasi / Tanya jawab
    10. Penenangan
  5. Perangkatan Pembelajaan
    Buku Paket PKn Kelas XII , UUD 1945 yang Telah Diamandemen
    Buku-Buku Sumber yang Relevan , Lembar Kerja Siswa
  6. Penilaian Dan Tindak Lanjut
    Penilaian Kognitif , Penilaian Afektif
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
III. SILABUS PKN SEMESTER II
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XII
Semester : 2
Program Studi : Ilmu Alam, Ilmu Sosial dan Bahasa
  1. Standar Kompetensi
    Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
  2. Kompetensi Dasar
    3.1 Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
    3.2 Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis di Indonesia
    3.3 Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Kebebasan Pers dan Dampaknya
Kelas/Program : XII
Pertemuan Minggu ke : 14 dan 15
Alokasi Waktu : 6 x 45 (6 jam pelajaran)
  1. Standar Kompetensi
    1.1. Mengevaluasi peranan pers dalam masyarakat demokrasi
  2. Kompetensi Dasar
    2.1. Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
  3. Indikator
    1. Menunjukan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa / pers
    2. Menguraikan manfaat pers dalam kehidupan masyarakat demokratis di Indonesia
  4. Strategi Pembelajaran
    1. Kegiatan Belajar
    2. Pendahuluan
    3. Memberikan salam siswa
    4. Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
    5. Kegiatan Inti
    6. Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    7. Penjelasan materi
    8. Tanya jawab
    9. Latihan
    10. Penutup
    11. Evaluasi/Tanya jawab
    12. Penenangan
  5. Perangkatan Pembelajaan
    Buku Paket PKn Kelas XII , UUD 1945 yang Telah Diamandemen
    Buku-Buku Sumber yang Relevan , Lembar Kerja Siswa
  6. Penilaian Dan Tindak Lanjut
    Penilaian Kognitif , Penilaian Afektif
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF

SILABUS DAN RPP FISIKA Kls. XII IPA SMA

SILABUS DAN RPP FISIKA Kls. XII IPA SMA

I. SILABUS FISIKA SEMESTER I
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / I (Satu)
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
    1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.
    1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah.
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum.
  3. Indikator
    1. Mengidentifikasi karakteristik gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
    2. Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
    3. Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi dan dispersi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
    4. Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner. 
    A. Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat:
    1. Menjelaskan definisi gelombang dan besaran-besaran gelombang.
    2. Menjelaskan perbedaan gelombang transversal dan gelombang longitudinal.
    3. Memberikan contoh sumber-sumber gelombang.
    4. Menjelaskan pengaruh sifat medium terhadap kecepatan gelombang.
    5. Menghitung besaran-besaran gelombang dengan menggunakan persamaan gelombang.
    6. Menganalisis prinsip Huygens untuk memahami konsep muka gelombang.
    7. Menganalisis konsep pemantulan dan pembiasan melalui hukum Snellius.
    8. Menganalisis fenomena superposisi dua gelombang atau lebih.
    9. Memberikan contoh aplikasi penerapan gelombang pada dawai.
    10. Menjelaskan fenomena interferensi, difraksi, polarisasi, dan dispersi pada gelombang.
    11. Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner. 
    B. Materi Pembelajaran
    Gejala dan Ciri-ciri Gelombang
    C. Metode Pembelajaran
    1.Model : Direct Instruction , Cooperative Learning
    2.Metode : Diskusi kelompok , Ceramah , Observasi
  4. Langkah-langkah Kegiatan
    a.Kegiatan Pendahuluan
    Motivasi dan Apersepsi:
    Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang longitudinal?
    Bagaimana persamaan-persamaan fisika yang menerangkan gejala gelombang?
    Prasyarat pengetahuan:
    Apakah ciri-ciri gelombang longitudinal?
    Bagaimana menentukan persamaan gelombang?
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
III. SILABUS FISIKA SEMESTER II
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / II (Dua)
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
  2. Kompetensi Dasar
    3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.
    3.2 Mendeskripsikan perkembangan teori atom.
    3.3. Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran : FISIKA
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.
  2. Kompetensi Dasar
    3.1 Menganalisis secara kualitatif gejala kuantum yang mencakup hakikat dan sifat-sifat radiasi benda hitam serta penerapannya.
  3. Indikator
    1. Mendeskripsikan fenomena radiasi benda hitam.
    2. Mendeskripsikan hipotesis Planck tentang kuantum cahaya.
    3. Menerapkan karakteristik radiasi benda hitam untuk menjelaskan gejala pemanasan global.
    A.Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik dapat:
    1. Menjelaskan pengertian benda hitam.
    2. Menjelaskan karakteristik radiasi pada benda hitam.
    3. Menjelaskan hubungan antara intensitas radiasi benda hitam terhadap panjang gelombang pada berbagai suhu.
    4. Menjelaskan aplikasi hukum pergeseran Wien.
    5. Menjelaskan aplikasi hukum Stefan-Boltzmann.
    6. Menjelaskan aplikasi hukum Rayleigh-Jeans.
    7. Menganalisis fenomena pergeseran Wien melalui teori Planck.
    8. Membedakan pandangan Rayleigh-Jeans dan Planck mengenai radiasi benda hitam.
    9. Menjelaskan aplikasi dari sifat radiasi benda hitam dalam kehidupan sehari-hari.
    10. Menjelaskan pengertian efek fotolistrik.
    11. Membedakan teori efek fotolistrik menurut teori elektrodinamika klasik dan Enstein.
    12. Menjelaskan eksperimen mengukur energi kinetik maksimum.
    B. Materi Pembelajaran
    Pendahuluan Teori Kuantum
    C. Metode Pembelajaran
    1. Model : Direct Instruction (DI) , Cooperative Learning
    2. Metode : Diskusi kelompok , Ceramah , Observasi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Berbentuk PDF

SILABUS DAN RPP EKONOMI Kls. XII SMA

SILABUS DAN RPP EKONOMI Kls. XII SMA

I. SILABUS EKONOMI SEMESTER I
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XII
Semester : 1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
  2. Kompetensi Dasar
    Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
    Melakukan posting dari jurnal khusus ke buku besar
    Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
    Menghitung harga pokok penjualan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester: XII (dua belas) / 1
  1. Standar Kompetensi
    Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
  2. Kompetensi Dasar
    Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus
  3. Indikator 
    1. Membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
    2. Memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
    3. Menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
    4. Menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
    5. Menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
    6. Membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
    7. Mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
    8. Membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
    9. Mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
  4. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
    2. Siswa dapat memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
    3. Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
    4. Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
    5. Siswa dapat menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
    6. Siswa dapat membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
    7. Siswa dapat mencatat persediaan barang dagang dgn metode FIFO,LIFO,dan biaya rata-rata.
    8. Siswa dapat membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
    9. Siswa dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
  5. Materi Pokok
    Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus
  6. Uraian Materi
    Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
    Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
    Bukti transaksi
    Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
    Persediaan barang dagang
    Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus
    Pendekatan
    Kontekstual
  7. Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
    Skenario Pembelajaran
  8. Kegiatan Awal
    Apersepsi
    Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang perusahaan dagang. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai.
    Motivasi
    Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.
  9. Kegiatan Inti
    Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
    Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang perusahaan dagang.
    Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata serta mencatat persediaan barang dagang dengan ketiga metode tersebut.
    Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
    Kelompok keempat diberi tugas untuk mendiskusikan pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus.
    Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
    Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
  10. Kegiatan Akhir
    Guru dan siswa melakukan refleksi
  11. Penilaian
    Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
    Lembar pengamatan (afektif)
    Lembar pengamatan (psiko motorik)
    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi
  12. Bahan dan Alat
    Buku teks dan spidol
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF
III. SILABUS EKONOMI SEMESTER II
Nama Sekolah
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XII
Semester : 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan unsur-unsur manajemen
    Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha
    Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Semester : XII (dua belas) / 2
  1. Standar Kompetensi
    Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan unsur-unsur manajemen
  3. Indikator
    Menjelaskan pengertian manajemen.
    Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen.
    Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
  5. Materi Pokok
    Manajemen
  6. Uraian Materi
    Pengertian manajemen
    Jenjang manajemen
    Prinsip-prinsip manajemen
    Pendekatan
    Kontekstual
  7. Metode Pembelajaran
    Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
    Skenario Pembelajaran
  8. Kegiatan Awal
    Apersepsi
    Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
    Motivasi
    Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
  9. Kegiatan Inti
    Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
    Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.
    Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang manajemen.
    Kelompok ketiga diberi tugas utk mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.
    Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
    Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
  10. Kegiatan Akhir
    Guru dan siswa melakukan refleksi
    Penilaian
    Hasil kerja kelompok (kognitif)
    Lembar pengamatan (afektif)
    Lembar pengamatan (psiko motorik)
    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi
  11. Sumber dan Alat
    Buku teks dan spidol
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI  Bentuk File PDF

SILABUS DAN RPP BIOLOGI Kls. XII IPA SMA

SILABUS DAN RPP BIOLOGI Kls. XII IPA SMA

I. SILABUS BIOLOGI SEMESTER I
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / I
Alokasi waktu : 10 × 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  2. Kompetensi Dasar
    Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
    Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
    Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi Waktu : 6 × 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
  2. Kompetensi Dasar
    Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
  3. Tujuan
    Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
    Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan
  4. Indikator
    1. Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
    2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
    3. Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
    4. Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
    5. Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
    6. Menyusun unit-unit penelitian
    7. Membuat tabel pengamatan
    8. Menyusun rencana penelitian tertulis
  5. Materi Ajar
    Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
    Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
    faktor internal
    faktor eksternal
    Menyusun rencana penelitian
  6. Metode Pembelajaran
    Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi
  7. Langkah-Langkah Pembelajaran
    1. Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
      Kegiatan awal (10 menit)
      Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
      Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
      Kegiatan inti (60 menit)
      Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
      Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
      Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
      Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
      Kegiatan akhir (20 menit)
      Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
      Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.
    2. Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
      Kegiatan awal (20 menit)
      Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
      Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan
      Kegiatan inti (60 menit)
      Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
      Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
      Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.
      Kegiatan akhir (10 menit)
      Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
      Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.
    3. Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
      Kegiatan awal (10 menit)
      Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
      Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
      Kegiatan inti (70 menit)
      Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
      Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
      Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.
      Kegiatan akhir (10 menit)
      Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.
  8. Alat/ Bahan/ Sumber
    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
    Alat bantu presentasi
  9. Penilaian
    Tugas kelompok penyusunan proposal
    Presentasi proposal penelitian
    Uji kompetensi tertulis
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III. SILABUS BIOLOGI SEMESTER II
Satuan Pendidikan : (SMA)
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas / Semester : XII (Duabelas) / II
  1. Standar Kompetensi
    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
    Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
    Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi Waktu : 2 × 45 Menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
  3. Tujuan
    Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi
  4. Indikator
    Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
    Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
  5. Materi Ajar
    Hipotesis asal usul kehidupan
    Teori evolusi Darwin
    Metode Pembelajaran
    Diskusi
  6. Langkah-langkah Pembelajaran
  7. Pertemuan 27 (2 × 45 menit)
    Kegiatan awal (10 menit)
    Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
    Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.
    Kegiatan inti (70 menit)
    Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
    Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
    Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
    Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
    Siswa mendiskusikan mekanisme evolusi menurut Darwin.
    Kegiatan akhir (10 menit)
    Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
    Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
  8. Alat/ Bahan/ Sumber
    Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
    Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
  9. Penilaian
    Uji kompetensi tertulis
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA Kls. XII SMA

SILABUS DAN RPP BAHASA INDONESIA Kls. XII SMA

I. SILABUS B. INDONESIA SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 1
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami informasi dari berbagai laporan
  2. Kompetensi Dasar
    1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
    1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
    Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami artikel dan teks pidato
  3. Kompetensi Dasar
    Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
  4. Indikator
    Menemukan ide pokok tiap paragraf
    Menemukan kalimat pendukung ide pokok
    Menemukan masalah dalam artikel
    Membahas ide pokok dan rangkuman isi artikel yang telah dibuat
    Selengkapnya Silahkan  AMBIL DISINI
  5. Tujuan
    Siswa mampu menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik (internet)
    Ide pokok
    Masalah dalam artikel
    Rangkuman artikel
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Mendengarkan
  2. Standar Kompetensi
    Memahami informasi dari berbagai laporan
  3. Kompetensi Dasar
    Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
  4. Indikator
    Mencatat pokok-pokok isi laporan
    Membedakan kalimat yang berupa fakta dan yang berupa opini (pendapat)
    Menentukan kalimat yang berupa fakta
    Menentukan kalimat yang berupa opini
  5. Tujuan
    Siswa mampu membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Laporan laporan kegiatan OSIS / laporan kegiatan ekstrakurikuler / laporan perjalanan
    Ciri-ciri kalimat fakta
    Ciri-ciri kalimat pendapat
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Mendengarkan
  2. Standar Kompetensi
    Memahami informasi dari berbagai laporan
  3. Kompetensi Dasar
    Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
  4. Indikator
    Mengemukakan kritik isi laporan
    Memberikan saran untuk perbaikan laporan
  5. Tujuan
    Siswa mampu mendengarkan laporan dan mampu memberikan kritik serta saran
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Laporan
    Laporan kegiatan OSIS
    Laporan kegiatan ekstrakurikuler
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Berbicara
  2. Standar Kompetensi
    Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
  3. Kompetensi Dasar
    Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
  4. Indikator
    Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis.
    Mengemukakan persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis
    Mengajukan pertanyaan dan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat
    Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara
  5. Tujuan
    Siswa mampu menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Buku nonfiksi
    intisari buku
    penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi
    hal-hal yang menarik dalam buku
    memberikan komentar
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami artikel dan teks pidato
  3. Kompetensi Dasar
    Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
  4. Indikator
    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi penting
    Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
    Membacakan teks pidato dengan intonasi dan ekspresi yang tepat
    Menanggapi pembacaan teks pidato
  5. Tujuan
    Siswa mampu membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Naskah pidato
    Macam-macam metode berpidato
    Cara membacakan naskah pidato
    Cara menanggapi pembacaan teks pidato
  7. Tujuan
    Siswa mampu menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
  8. Materi Pokok Pembelajaran
    Cerpen
    Unsur-unsur intrinsik cerpen : tema, latar, alur, penokohan/pesan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
  3. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
  4. Indikator
    Menceritakan kembali isi cerpen
    Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 1 (satu)
  1. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  2. Standar Kompetensi
    Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
  3. Kompetensi Dasar
    Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
  4. Indikator
    Menemukan ide pokok
    Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia
  5. Tujuan
    Siswa mampu menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
  6. Materi Pokok Pembelajaran
    Teks 900 – 1050 kata
    Teknik membaca cepat
    Kebiasaan-kebiasaan yang menghambat membaca cepat
    Rumus menghitung kemampuan membaca cepat
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III.SILABUS B. INDONESIA SEMESTER II
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XII
Semester : 2
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
  2. Kompetensi Dasar
    9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
    9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yg disampaikan secara langsung
    9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yg disampaikan mll radio/televisi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
    Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami pembacaan teks drama
  2. Kompetensi Dasar
    Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
  3. Aspek Pembelajaran
    Mendengarkan
  4. Indikator
    Mampu menyimpulkan isi teks drama sesuai dengan situasi dan konteks
    Mampu menyampaikan simpulan isi teks drama
    Mampu membahas simpulan isi teks drama yang telah disampaikan
  5. Materi Pokok Pembelajaran
    Teks drama
    Simpulan isi drama
  6. Standar Kompetensi
    Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
  7. Kompetensi Dasar
    Menulis esai berdasarkan topik tertentu dgn pola pengembangan,isi,dan penutup
  8. Aspek Pembelajaran
    Menulis
  9. Indikator
    Mampu menentukan topik untuk menulis esai
    Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
    Mampu menyusun paragraf pembukaan
    Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
    Mampu menyusun paragraf penutup
    Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
  10. Materi Pokok Pembelajaran
    Esai
    Teknik menyusun kerangka karangan
    Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan
    Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan
    Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan
    Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
    Teknik menyunting/memperbaiki karangan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
  2. Kompetensi Dasar
    Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
  3. Aspek Pembelajaran
    Berbicara
  4. Indikator
    Mampu menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
    Mampu menjelaskan keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini
  5. Materi Pokok Pembelajaran
    Teks gurindam
    Kesimpulan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
    Keterkaitan isi gurindam dengan realitas kehidupan masa kini
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII (dua belas) / 2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
  2. Kompetensi Dasar
    Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
  3. Aspek Pembelajaran
    Membaca
  4. Indikator
    Mampu mengidentifikasi tema puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
    Mampu mengidentifikasi ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca
    Menjelaskan maksud isi puisi kontemporer
  5. Materi Pokok Pembelajaran
    Kumpulan puisi kontemporer
    Ciri-ciri puisi kontemporer
    Tema dan maksud puisi kontemporer
    Bentuk puisi kontemporer
    Diksi pada puisi kontemporer
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Senin, Juni 29, 2009

SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. XII SMA

SILABUS DAN RPP BAHASA INGGRIS Kls. XII SMA

I.SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER I
    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    Kelas/Semester: XII/1
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
    Berbicara
    Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Kelas/Semester : XII/1
    Pertemuan ke : 1
    Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
  2. Kompetensi Dasar
    Merespons makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative
  3. Indikator
    Memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
    Menentukan pesan dalam cerita
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat memahami dan merespons wacana monolog berbentuk narrative
    Siswa dapat menentukan pesan dalam cerita.
  5. Materi Pokok
    Wacana monolog berbentuk narrative, misalnya
    The Goose with the Golden Eggs
    One day a countryman was going to the nest and found there was an egg all yellow and glittering. When he took it up, it was as heavy as lead and he was going to throw it away, because he thought a trick had been played upon him. But he took it home on a second thought, and soon found to his delight that it was an egg of pure gold. Every morning the same thing occurred and he soon became rich by selling its eggs. As he grew rich, he grew greedy and thought to get at once all the gold the goose could give. He killed the ggose and opened it: only to find nothing.
  6. Metode Pembelajaran/Teknik:
    Three-phase technique
  7. Langkah-Langkah Kegiatan
    Kegiatan Awal (5’)
    Siswa bertanya jawab mengenai gambar dalam buku teks.
    Kegiatan Inti (35’)
    Buku Look Ahead 3
    Kaset/CD
    Tape
    Script dari buku Look Ahead 3
    Siswa mendengarkan teks lisan narrative secara klasikal sambil melengkapinya.
    Siswa merespons isi teks dengan menjawab pertanyaan dan melafalkan beberapa kosa kata.
    Secara berpasangan siswa mendiskusikan beberapa pertanyaan tentang teks narrative yang baru saja mereka dengarkan, termasuk menentukan pesan dalam cerita dan action verbs yang digunakan dalam teks.
    Siswa mengemukakan pendapat berkaitan dengan teks tersebut.
  8. Kegiatan Akhir (5’)
    Siswa membuat kesimpulan tentang pesan dalam cerita.
  9. Sumber/Alat/Bahan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III.SILABUS BAHASA INGGRIS SEMESTER II
    Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    Kelas/Semester: XII/2
  1. Standar Kompetensi
    Mendengarkan
    Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
    Berbicara
    Mengungkapkan makna dalam teks interaksional dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Kelas/Semester : XII/2
    Pertemuan ke : 35
    Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
    Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari.
  2. Kompetensi Dasar
    Merespons makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap.
    Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap.
  3. Indikator
    Merespons dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka)
    Melakukan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka)
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat merespons dengan benar terhadap tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka).
    Siswa dapat melakukan tindak tutur: menyatakan berbagai sikap (suka dan tidak suka)
  5. Materi Pokok
    Pernyataan yang memuat ungkapan sikap suka dan tidak suka, misalnya:
    I like people who are sociable.
    I hate people who are always late.
  6. Metode Pembelajaran/Teknik:
    Three-phase technique
  7. Langkah-langkah Kegiatan
    Kegiatan Awal (5’)
    Siswa bertanya jawab tentang ungkapan yang digunakan untuk menyatakan sikap suka dan tidak suka.
  8. Kegiatan Inti (35’)
    Siswa mendengarkan berbagai ungkapan untuk menyatakan sikap melalui tape secara klasikal.
    Siswa mendiskusikan berbagai ungkapan yang mereka dengar.
    Siswa mempelajari cara penggunaan ungkapan-ungkapan tersebut dalam cerita bergambar.
    Siswa membuat daftar hal-hal yang mereka sukai atau tidak sukai dari orang yang mereka kenal.
    Siswa mempraktikkan ungkapan suka dan tidak suka terhadap berbagai hal dari orang yang mereka kenal.
  9. Kegiatan Akhir (5’)
    Siswa membuat kesimpulan tentang cara menyatakan sikap suka dan tidak suka.
  10. Sumber/Bahan/Alat
    Buku Look Ahead 3
    Kaset/CD
    Tape
    Script dari Look Ahead 3
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

SILABUS DAN RPP PENJASKES Kls. X SMA

SILABUS DAN RPP PENJASKES Kls. X SMA

I.SILABUS PENJASKES SEMESTER I
    Nama Sekolah : SMA
    Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    Kelas/Semester : XI / 1
  1. Standar Kompetensi
    1.Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**)
    1.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Nama Sekolah : SMA
    Mata Pelajaran: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    Kelas/Semester: XI / 1
    Pertemuan : 4 kali pertemuan
    Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
  3. Indikator
    Melakukan latihan koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat melakukan latihan koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri.
  5. Materi Pembelajaran
    Permainan Sepakbola
    Koordinasi teknik dasar (mengumpan, mengontrol dan menggiring bola) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
  6. Metode Pembelajaran
    Demontrasi
    Inclusive (cakupan)
    Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
    Permainan (game)
    Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
III.SILABUS PENJASKES SEMESTER II
    Nama Sekolah : SMA
    Mata Pelajaran: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    Kelas/Semester: XI / 2
  1. Standar Kompetensi
    7. Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
    7.2 Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola kecil serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
  2. Kompetensi Dasar
    7.1. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Nama Sekolah : SMA
    Mata Pelajaran: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
    Kelas/Semester: XI / 2
    Pertemuan : 4 kali pertemuan
    Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    7.Mempraktikkan berbagai keterampilan dasar permainan olahraga dengan teknik dan taktik serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
  2. Kompetensi Dasar
    7.1.Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan olahraga beregu bola besar serta nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri**).
  3. Indikator
    Melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, kerja keras, dan percaya diri.
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa dapat melakukan latihan variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    Siswa dapat bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama,kejujuran,kerja keras,dan percaya diri.
  5. Materi Pembelajaran
    Permainan Sepakbola
    Variasi dan kombinasi latihan teknik dasar permainan sepakbola (mengumpan, mengontrol, menggiring dan menembak) berpasangan dan berkelompok dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki dengan koordinasi yang baik.
    Bermain sepakbola dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi dengan kerjasama tim dengan baik dalam bentuk pertandingan.
  6. Metode Pembelajaran
    Demontrasi
    Inclusive (cakupan)
    Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
    Permainan (game)
    Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk PDF

Minggu, Juni 28, 2009

SILABUS DAN RPP FISIKA Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP FISIKA Kls. XI SMA

I.SILABUS FISIKA SEMESTER I
    Nama Sekolah
    Mata Pelajaran : FISIKA
    Kelas : XI
    Semester : Ganjil
    Alokasi Waktu : 88 x 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
  2. Kompetensi Dasar
    Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dgn menggunakan vector
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF
I. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    A.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Kinematika dengan Analisis Vektor
    Pertemuan /waktu: Pertama / 2 x 45 menit
    Metode : ceramah dan mengerjakan soal
  1. Kompetensi Dasar
    Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dgn menggunakan vektor
  2. Indikator
    Menentukan hubungan x – t , v – t , dan a – t melalui grafik.
    Menganalisis gerak tanpa percepatan dan gerak dengan percepatan tetap
    Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada perpaduan gerak lurus dengan menggunakan vector
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  3. B.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Gravitasi
    Pertemuan /waktu: Pertama dan kedua / 4 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  4. Kompetensi Dasar
    Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
  5. Indikator
    Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan massa benda dan jaraknya
    Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
    Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pd kedudukan yg berbeda
    Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Keppler.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  6. C.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Gerak Harmonik pada Benda Elastis
    Pertemuan /waktu: Pertama dan kedua / 2 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan demonstrasi
  7. Kompetensi Dasar
    Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
  8. Indikator
    Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elestis berdasarkan data percobaan
    Mengidentifikasi modulus elastis dan konstanta gaya
    Membandingkan tetapan gaya berdasarkan atas pengamatan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan DOWNLOAD DISINI  File PDF

  9. D.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Gerak harmonik pada benda elestis
    Pertemuan /waktu: Keempat / 2 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan Demonstrasi
  10. Kompetensi Dasar
    Menganalisis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
  11. Indikator
    Menganalisis susunan pegas seri dan paralel
    Mendeskripsikan karakteristik gerak pada getasran pegas
    Menjelaskan hubungan tara periode getaran dgn massa beban berdasarkan data pengamatan
    Menganalisis gaya, simpangan, dan kecepatan pada gerak benda
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  12. E.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Usaha dan Energi
    Pertemuan /waktu: Pertama dan kedua / 4 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan demonstrasi
  13. Kompetensi Dasar
    Menganalisis hub antara usaha,perubahan energi dgn hukum kekekalan energi mekanik
  14. Indikator
    Memformulasikan hubungan antara gaya,energi,usaha,dan daya ke dalam bentuk persamaan
    Menunjukkan kaitan usaha dengan perubahan energi kinetik
    Memformulasikan konsep daya ke dlm bentuk pers dan kaitannya dgn usaha dan energi
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  15. F.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Usaha dan Energi
    Pertemuan /waktu: Pertama dan kedua / 4 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  16. Kompetensi Dasar
    Menerapkan hukum kekekalan energi mekanik utk menganalisis gerak dlm kehidupan sehari-hari
  17. Indikator
    Merumuskan hubungan medan konservatif dengan energi potensial dan hukum kekekalan energi mekanik
    Merumuskan hukum kekekalan energi mekanik pada medan gaya konservatif.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  18. G.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Momentum dan Impuls
    Pertemuan /waktu: Pertama - kedua / 4 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  19. Kompetensi Dasar
    Menunjukkan hub antara konsep impuls dan momentum utk menyelesaikan masalah tumbukan
  20. Indikator
    Memformulasikan konsep impuls dan momentum serta keterkaitan antara keduanya.
    Merumuskan hukum kekekalan momentum untuk sistem tanpa gaya luar.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF
III.SILABUS FISIKA SEMESTER II
    Nama Sekolah
    Mata Pelajaran : FISIKA
    Kelas : XI
    Semester : Genap
    Alokasi Waktu : 48 x 45 menit
  1. Standar Kompetensi
    2.Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah
  2. Kompetensi Dasar
    Menformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    A.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Dinamika Rotasi
    Pertemuan /waktu: Pertama dan kedua / 4 x 45 menit
    Metode : Cermah dan mengerjakan soal
  1. Kompetensi Dasar
    Memformulasikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapannya dalam masalah benda tegar.
  2. Indikator
    Memformulasikan pengaruh torsi pd sebuah benda dlm kaitannya dgn gerak rotasi benda
    Mengungkap analogi hukum II Newton tentang gerak translasi dan gerak rotasi
    Menggunakan konsep momen inersia untuk berbagai bentuk benda tegar
    Memformulasikan hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi.
    Menganalisis masalah dinamika rotasi benda tegar untuk berbgai keadaan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  3. B.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Fluida Statik
    Pertemuan /waktu: Pertama dan kedua / 4 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  4. Kompetensi Dasar
    Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
  5. Indikator
    Memformulasikan konsep tekanan hidrostatika
    Memformulasikan hukum Pascal
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  6. C.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Teori Kinetik Gas
    Pertemuan /waktu: Pertama – keempat / 8 x 45 menit
    Metode : Ceramah
  7. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan sifat-sifat gas ideal monoatomik
  8. Indikator
    Mendeskripsikan persamaan umum gas ideal pada persoalan fisika sehari-hari
    Memformulasikan hukum Boyle-Gay Lussac
    Menerapkan persamaan umum gas ideal pada proses isotermal, isokhorik dan isobaric
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

  9. D.Mata Pelajaran: FISIKA
    Materi Pokok : Termodinamika
    Pertemuan /waktu: Pertama dan Ketiga / 6 x 45 menit
    Metode : Ceramah dan mengerjakan soal
  10. Kompetensi Dasar
    Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
  11. Indikator
    Menganalisis keadaan gas karena perubahan suhu, tekanan dan volume
    Mendeskripsikan usaha, kalor dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
    Menganalis perubahan gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (P – V)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File PDF

SILABUS DAN RPP PKN Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP PKN Kls. XI SMA

I. SILABUS PKN SEMESTER I
    Nama Sekolah : SMA/MA ....
    Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
    Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
    Semester : Ganjil
  1. Standar Kompetensi
    1. menganalisis budaya politik di Indonesia
    2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
    3. Menampilkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan pengertian budaya politik menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Mata Pelajaran : PKn
    Materi Pokok : BUDAYA POLITIK
    Kelas/Program : XI
    Pertemuan Minggu ke: 1
    Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis budaya politik di Indonesia
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Mendeskripsikan pengertian budaya politik
  3. Indikator
    Mendeskripsikan pengertian budaya politik
    Menjelaskan orientasi masyarakat terhadap suatu sistem politik.
  4. Strategi Pembelajaran
    Kegiatan Belajar
    Pendahuluan
    Memberikan salam siswa
    Mengabsen dan mengetahui kondisi siswaKegiatan Inti Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    Penjelasan materi
    Tanya jawab
    LatihanPenutup
    Evaluasi/Tanya jawab
    Penenangan
  5. Perangkat Pembelajaran
    1. Buku Paket PKn Kelas XI
    2. Media massa (Koran, Majalah, Internet)
    3. Buku-Buku Sumber yang Relevan
    4. Lembar Kerja Siswa
  6. Penilaian dan Tindak Lanjut
    1. Penilaian Kognitif
    2. Penilaian Afektif
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
III. SILABUS PKN SEMESTER II
    Nama Sekolah : SMA/MA ....
    Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
    Kelas/ Program : XI / IPA-IPS
    Semester : Genap
  1. Standar Kompetensi
    4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
    5. Menganalisis sistem hukum dan peradilan internasional
  2. Kompetensi Dasar
    Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara internasional yang bermanfaat bagi Indonesia
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
    Mata Pelajaran : PKn
    Materi Pokok : Hubungan Internasional
    Kelas/Program : XI
    Pertemuan Minggu ke : 14
    Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
  1. Standar Kompetensi
    Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
  2. Kompetensi Dasar
    4.1.Mendeskripsikan pengertian, pentingnya, dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara
  3. Indikator
    Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
    Mendeskripsikan pentingnya hubungan internasional
    Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional
  4. Strategi Pembelajaran
    Kegiatan Belajar
    Pendahuluan
    Memberikan salam siswa
    Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
    Kegiatan Inti
    Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
    Penjelasan materi
    Tanya jawab
    LatihanPenutup
    Evaluasi/Tanya jawab
    Penenangan
  5. Perangkat Pembelajaran
    Buku Paket PKn Kelas XI
    UUD 1945 yang Telah Diamandemen,Majalah, Koran, dan Internet
    Buku-Buku Sumber yang Relevan,Lembar Kerja Siswa
  6. Penilaian dan Tindak Lanjut
    1. Penilaian Kognitif
    2. Penilaian Afektif
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP GEOGRAFI Kls. XI SMA

I. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER I
    Nama Sekolah
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/Jurusan /Semester : XI (sebelas)/IPS/ 1 (satu)
    Alokasi Waktu : 19x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
    1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
    1.2. Menganalisis sebaran flora dan fauna
  2. Standar Kompetensi
    2. Memahami sumber daya alam
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
II. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    Satuan Pendidikan
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
  1. Standar Kompetensi
    1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
  2. Kompetensi Dasar
    1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
  3. Indikator
    Mendeskripsikan pengertian fenomena biosfer
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu
    Mengungkapkan kembali pengertian fenomena biosfer
  5. Materi Pembelajaran
    Pengertian biosfer
    Fenomena biosfer
  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanya jawab, life skills, penugasan
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
  8. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
    Memberi salam dan mengabsen
    Apersepsi materi
  9. Kegiatan Inti: 30 menit
    Guru menjelaskan pengertian biosfer dan fenomenanya secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 3-4).
    Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian biosfer dari berbagai pakar dari situs internet.
    Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
    Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pandangan tokoh mengenai pengertian biosfer di buku sumber (hal 3-4).
  10. Kegiatan Penutup: 10 menit
    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
    Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna. Pada pertemuan berikutnya, setiap kelompok mempresentasikan makalahnya.
  11. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    Buku sumber Geografi SMA – ESIS
    Buku-buku penunjang yang relevan
    Gambar mengenai fenomena biosfer,OHP / Slide Proyektor ,Internet
  12. Penilaian
    Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian biosfer dari situs internet.
    Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
III. SILABUS GEOGRAFI SEMESTER II
    Nama Sekolah
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/ Jurusan/Semester : XI (sepuluh)/ IPS/ 2 (dua)
    Alokasi Waktu : 9x45 menit
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
  2. Kompetensi Dasar
    3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
VI. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    SMA
    Mata Pelajaran : Geografi
    Kelas/Semester : XI (sebelas)/2 (dua)
  1. Standar Kompetensi
    3. Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup
  2. Kompetensi Dasar
    3.1. Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan
  3. Indikator
    Merumuskan pengertian lingkungan hidup
    Mengidentifikasi komponen-komponen ekosistem
  4. Tujuan Pembelajaran
    Siswa mampu
    Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
    Menguraikan komponen-komponen ekosistem
  5. Materi Pembelajaran
    Lingkungan
    Lingkungan Hidup
    Ekosistem
  6. Metode Pembelajaran
    Ceramah, tanya jawab, penugasan
  7. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
  8. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
    Memberi salam dan mengabsen.
    Apersepsi materi.
  9. Kegiatan Inti: 30 menit
    Guru menjelaskan pengertian lingkungan hidup secara garis besar dengan menggunakan gambar (hal 87-90).
    Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
    Siswa membuat karangan secara individu mengenai hasil temuan dari situs internet dengan mencantumkan sumbernya.
    Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati contoh pengertian lingkungan hidup di buku sumber (hal 87).
  10. Kegiatan Penutup: 10 menit
    Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
    Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
    Penugasan secara kelompok, membuat makalah tentang kerusakan lingkungan yang terjadi, baik di Indonesia maupun di dunia. Dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
  11. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
    Buku sumber Geografi SMA – ESIS
    Buku-buku penunjang yang relevan
    Gambar atau foto lingkungan hidup,OHP / Slide Proyektor,Internet
  12. Penilaian
    Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian lingkungan hidup dari berbagai situs internet dan media lainnya.
    Penilaian berdasarkan pada rubrik penilaian berikut ini.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF

SILABUS DAN RPP PAI Kls. XI SMA

SILABUS DAN RPP PAI Kls. XI SMA

I. SILABUS PAI SEMESTER I
    Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
    Kelas /Semester : XI / 1
    Aspek : Al-Qur’an
  1. Standar Kompetensi
    2.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menyantuni kaum dhuafa
    3.Meningkatkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
    5.Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
    4.Membiasakan berperilaku terpuji
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
II. RENCANA PELEKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
    Kelas/Semester : SMA kelas XI/Semester 1
  1. Materi Pembelajaran
    Q.S. Al-Baqarah, 2: 148 dan Surah Fātir, 35: 32
  2. Pendekatan
    Pengamalan, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional,dan fungsional
  3. Metode
    Demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas
    Waktu : 6 jam pelajaran (3x pertemuan)
  4. Standar Kompetensi
    Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang kompetisi dalam kebaikan.
  5. Kompetensi Dasar
    Membaca Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
    Menjelaskan arti Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
    Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
  6. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
    Mampu membaca Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32 dengan baik & benar.
    Mampu mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mampu mengartikan per kata & per ayat dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mampu menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
  7. Uraian Materi Pembelajaran
    Al-Qur'an Surah Al-Baqarah, 2: 148 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan.
    Bacaan dan penjelasan bacaan.
    Terjemahan per kata, per ayat, dan terjemahan ayat-ayat.
  8. Kesimpulan dan pengeluaran.
    Surah Fātir, 35: 32 tentang adanya tiga kelompok umat Islam.
  9. Bacaan dan penjelasan bacaan.
    Terjemahan per kata, per ayat, dan terjemahan ayat-ayat.
  10. Kesimpulan dan penjelasan.
    Pengalaman Belajar
    Membaca dengan fasih Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32.
    Mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mengartikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mengerjakan soal-soal latihan materi pembelajaran Bab 1 dalam buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XI, Penerbit Erlangga.
    Mengikuti ulangan harian dari Bab 1.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
III. SILABUS PAI SEMESTER II
    Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
    Kelas /Semester : XI / 2
    Aspek : Al-Qur’an
  1. Standar Kompetensi
    7.Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
    8.Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
    9.Membiasakan perilaku terpuji
    10.Menghindari perilaku tercela.
    11.Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
    12.Memahami khutbah, tabligh, dan dakwah.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF
IV. RENCANA PELEKSANAAN PEMBELAJARAN
    Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
    Kelas/Semester : SMA kelas XI/Semester 2
  1. Materi Pembelajaran
    Al-Qur'an Surah Ar-Rūm, 30: 41–42, Surah Al-‘Araf, 7: 56–58, dan Surah Sād, 38: 27.
  2. Pendekatan
    Pengamalan, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan fungsional
  3. Metode
    Demonstrasi, latihan, tanya jawab, dan pemberian tugas
    Waktu : 6 jam pelajaran (3x pertemuan)
  4. Standar Kompetensi
    Memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang perintah menjaga kelestraian lingkungan hidup.
  5. Kompetensi Dasar
    Membaca Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
    Menjelaskan arti dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
  6. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
    Mampu membaca dengan benar dan baik Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
    Mampu mengidentifikasi tajwid dengan benar dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mampu mengertikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menujukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup.
  7. Uraian Materi Pembelajaran
    Materi pokok:Al-Qur'an Surah Ar-Rūm:41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
  8. Uraian materi pokok:
    Surah Ar-Rūm: 41-42 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
    Bacaan dan penjelasan bacaan.
    Terjemahan harfiah dan terjemahan ayat.
  9. Kesimpulan dan penjelasan.
    Surah Al-‘Araf: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi.
  10. Bacaan dan penjelasan bacaan.
    Terjemah harfiah dan terjemahan ayat.
  11. Kesimpulan dan penjelasan.
    Surah Sād: 27 tantang keburukan kaum yang berbuat kerusakan di bumi.
  12. Bacaan dan penjelasan bacaan.
    Terjemah harfiah dan terjemahan ayat.
  13. Kesimpulan dan penjelasan.
    Pengalaman Belajar
    Membaca dengan fasih Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27.
    Mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mengartikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut.
    Mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menunjukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup.
    Mengerjakan soal-soal latihan Bab 7 dan mengikuti Bab 7.
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  File Bentuk WORD(doc)
    Selengkapnya Silahkan  DOWNLOAD DISINI  Bentuk File PDF